28
Jul
13

Bukber Bareng Yamaha Peringati Nuzulul Qur’an…!!!

??????????

Bertempat di Hotel Borobudur, Jakarta, pabrikan Yamaha menggelar acara buka puasa bersama yang bertepatan dengan Nuzulul Qur’an ato turunnya Al-Qur’an pertama kali. Acara diawali dengan lagu2 bernada Islami, pembacaan Al-Qur’an serta siraman rohani sebelum acara berbuka puasa. Seperti yang qta ketahui turunnya Al-Qur’an pertama kali lewat surat Al-Alaq ayat 1-5. Iqra atau “baca”… dimana makna yang terkandung di dalamnya mempunyai arti yang cukup penting tak lain adalah pendidikan…!!!

Loh bukankah saat itu manusia bisa membaca ??? taruhlah tulisan2 seperti Mesir Kuno dsb. Yup, memang benar tapi yang bisa membaca adalah orang2 tertentu yakni keluarga bangsawan ato sang penguasa, belum sampai menyentuh rakyat biasa. Lewat surat Al-Alaq diajaklah umat manusia untuk membaca, menulis & menuntut ilmu pengetahuan.

Namun kata Iqra itu buka saja artinya membaca saja akan tetapi artinya beraneka ragam diantaranya dengan Tujuh M (sumber disini) :
  • Membaca : Maksudnya dari membaca adalah Allah memberikan petunjuk berupa al-Qur’an  untuk senantiasa dibaca setiap saat. Karena al-Qur’an berbeda dengan Koran, kalau Qur’an bagi yang membaca huruf demi hurufnya adalah ibadah dan berpahala. Sehingga dijadikan oleh Allah sebagai sumber hukum umat Islam. Apalagi dibulan Ramadhan pahalanya dlipatgandakan. Adapun Koran hanya sekedar informasi dan wawasan bukan sebagai sumber hukum.
  • Menterjemah: setelah kita baca al-Qur’an mungkin bagi yang membacanya belum tahu maksudnya, karena banyak umat Islam yang belum bisa bahasa Arab, karena mungkin kesulitan untuk memmpelajarinya. Namun saat ini sudah banyak Al-Qur’an yang sudah ada terjemahnya. Oleh karena itu untuk mempermudah memahami isinya yaitu dengan diterjemahkan  sehingga kita akan mampu meresapi isi-isinya.
  • Meneliti : Semakin mendalam setelah kita baca dan sedikit demi sedikit kita terjemahkan kita teliti ayat-demi ayat. Coba kita lihat ayat dalam al-Qur’an begitu  indah dan puitis, dengan akhiran yang sama. Orang ahli sastra manapun tidak akan mampu menandinginya. Untuk itu kita harus meneliti betul-betul dengan meneliti ini kita akan menemukan ketakjuban/keistimewaan al-Qur’an.
  • Mengkaji : Kajilah al-Qur’an setiap waktu dengan para ahli Qur’an atau orang-orang yang sholih, sehingga memudahkan kita untuk menghayatinya.
  • Menghayati : Dalam membaca al- Qur’an tentunya kita harus mengayati dengan fikiran yang bersih dan hati yang dalam, sehingga kalau ada orang yang membaca Qur’an hati kita akan terasa gemetar dan merasa dekat dengan Allah.
  • Memahami : sedikit-demi sedikit Qur’an kita baca, terjemah,  terliti dan kita kaji maka kita akan memahami makna dan tujuan ayat demi ayat seperti kenapa ayat ini diturunkan, dan perintah ayat ini untuk apa  diturunkan, dan sebagainya.
  • Mengamalkan : Dengan keenam tersebut di atas maka akan ada dorongan hati kita untuk mengamalkan perintah yang Allah turunkan kepada kita tanpa ada paksaan apapun. OLeh karena itu mari kita pelajari isi kandungan al-Qur’an ini sehingga kita mampu mengaplikasikan petunjuk yang Allah berikan kepada kita selaku umat muslim dan kita akan mendapat predikat orang-orang yang bertaqwa. Amin.

Carilah Ilmu walau sampai ke Negeri Cina karena sesungguhnya mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim.

“Barangsiapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu maka Allah mudahkan untuknya jalan ke Surga”. (HR. Tirmidzi).


5 Responses to “Bukber Bareng Yamaha Peringati Nuzulul Qur’an…!!!”


  1. 28 Juli 2013 pukul 8:45 pm

    Mantab, budayakan membaca sejak dini. Sayang sekarang buku agak jadi barang langka, semua orang baca android dan blackberry.

  2. 31 Juli 2013 pukul 6:27 pm

    wiihhh… dalem nih.. mantabbb

  3. 3 Agustus 2013 pukul 3:28 pm

    wah… Yamaha pusat ada saja acaranya.. di daerah sepii

  4. 12 Agustus 2013 pukul 11:03 am

    Ternyata, sambil makan mas bronya mendengarkan dengan baik!🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Juli 2013
S S R K J S M
« Jun   Agu »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,481,406 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 378 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: