Idling Stop System (ISS) disini pertama kali diperkenalkan pada varian Honda PCX 125 kemudian PCX 150. Kini fitur yang akan mematikan mesin kendaraan ketika berhenti lama telah nongol di varian Honda Vario 125 ISS. Agar fitur itu dapat bekerja tentu saja butuh kondisi2 tertentu seperti :
- Saklar ISS diaktifkan
- Suhu mesin di atas 60 C
- Motor telah mencapai kecepatan minimal 10 km/h
- Throttle (handel gas) dalam keadaan tertutup penuh
- Motor berhenti minimal 3 detik
ISS dibuat dengan tujuan untuk menghemat bahan bakar. Fitur ini ternyata gak hanya ada di motor, di mobil juga ada misalnya di produk Mazda, mereka menamakan Smart Idle Stop System. Seberapa besar efeknya fitur ini pada konsumsi BBM tentu tergantung dari tingkat kepadatan lalu lintas. Sering berhenti, yah bisa jadi bensin makin irit. Namun kalo jalanan lancar2 jaya terus seperti di daerah2 sudah pasti fitur ini gak ada gunanya alias mubazir. Sama halnya dengan tombol Cruise Control dimana mobil bisa berjalan konstan tanpa perlu injak gas, cukup tekan tombol saja. Lah kalo diterapin disini, bisa2 nyundul kendaraan didepannya
cocok buat jalanan macet
josssssss tenan
When the Idling Stop System is switched on, it automatically turns the engine off and on for you when you stop and start up. This results in a fuel saving of approximately 7%, compared to when the system is not in operation(according to Honda testing using ECE R40 mode).
Mantaap.
pada saat mesin sudah panas dan keadaan jalan mode idling stop akan on alias aktif, disini ECU menentukan suhu mesin di kisaran 45-50 derajat baru memerintahkan ISS pada mode on.
motor sy, Shogun 125. kalo berhenti dilamer jg ada ‘idling stop system’ tuh. asal gas ditutup pasti mati. 😛
itu sih karbunya udah ga bener. 😀