Perkembangan teknologi motor makin canggih, hal ini ditandai dengan maraknya penggunaan fuel injection menggantikan karburator. Agar mesin berjalan dengan semestinya kini si kuda besi dilengkapi dengan ECU. Ibarat otak, ECU akan bekerja berdasarkan masukan dari sensor2 yang ada. Banyak sekali sensor2 yang hadir pada kendaraan, namun saya coba kupas secara garis besarnya saja.Β
ECU menerima sinyal dari sensor dan melakukan pengolahan data untuk mengirimkan sinyal perintah pasokan bahan bakar, udara, menentukan waktu pengapian, mematikannya, mengontrol idle (langsam) hingga untuk mendiagnosa kesalahan2 yang ada.
Throttle Position (TP) Sensor
TP sensor mendeteksi derajat/sudut bukaan throttle valve, kemudian mengkonversinya menjadi sinyal listrik yang dikirim ke ECU. Informasi dari sensor TP digunakan untuk menghitung jumlah bahan bakar yang akan diinjeksikan untuk kerja beban tinggi.
Manifold Absolute Pressure (MAP) sensor
MAP sensor akan mendeteksi perubahan tekanan vakum di dalam intake manifold dan mengubah tekanan tersebut menjadi sinyal listrik yang dikirim ke ECU. Berdasarkan informasi ini, ECU akan menghitung aliran udara intake. Informasi dari MAP sensor terutama digunakan untuk menghitung jumlah bahan bakar yang akan diinjeksikan untuk operasi beban rendah.
Intake Air Temperature (IAT) sensor
IAT sensor mendeteksi suhu udara yang melewati throttle body dan mengubah suhu menjadi sinyal listrik yang dikirim ke ECU. IAT sensor dipasang untuk memperbaiki udara/bahan bakar sesuai rasio perubahan suhu udara intake. Berdasarkan informasi dari IAT sensor, ECU akan mengkoreksi jumlah bahan bakar yang akan diinjeksikan sehingga selalu pada tingkat optimal.
Engine Coolant Temperature (ECT) sensor
ECT sensor ini letaknya di pompa air (kalo motor menganut pendingin radiator). Jumlah bahan bakar yang optimal untuk diinjeksikan tergantung pada suhu mesin.
Crankshaft Position (CKP) sensor
CKP sensor mendeteksi posisi crankshaft saat ini dan mengirim sinyal ke ECU. Dengan adanya CKP sensor, maka ECU akan mengatur waktu terjadinya penyemprotan bahan bakar, menentukan lama penyemprotan, menghentikan pasokan bahan bakar pada waktu deselerasi & menentukan waktu pengapian.
O2 sensor
O2 sensor dipasang untuk mengurangi zat-zat beracun dalam gas buang & mendeteksi kondisi pembakaran mesin. Sensor ini akan mendeteksi jumlah oksigen dalam gas buang dan mengkonversinya menjadi sinyal listrik yang dikirim ke ECU & selanjutnya ECU akan meningkatkan & menurunkan jumlah bahan bakar yang diinjeksikan sesuai dengan kondisi pembakaran.
Fungsi Pendiagnosaan Sendiri
Kegagalan suatu sensor dalam bekerja ditandai dengan berkedipnya lampu check engine pada panel indikator.Β Kedipan yang muncul pada check engine berbeda2 tergantung dari kerusakan sensornya. Untuk mengetahui sensor apa yang bermasalah, maka bisa dideteksi menggunakan diagnostic tool. Ada beberapa penyebab sehingga sensor menjadi error yakni :
- tegangan arus listrik (voltase) yang tidak sesuai standar
- kontak ato soket longgar/kotor
- kerusakan pada rangkaian/sirkuit sensor
Pada beberapa kasus sensor gagal bekerja mesin motor masih beroperasi normal. Namun ada juga yang membuat mesin menjadi abnormal seperti ECT sensor yang membuat mesin susah distarter, TP sensor membuat akselerasi motor tidak responsif, CKP sensor malah efeknya mesin tidak bisa dihidupkan.
sensor2 yg ajib n sarat teknologi π
mantap…
berarti keoptimalan pembakaran tidak bergantung pada O2 sensor saja ya?
keidealan AFR juga tidak tergantung O2 sensor saja juga ya?
Yup,betul.
masih setia sama karbu π
pengen punya injeksi…
kira2 kapan di indonesia motor wajib injeksi?
injeksi modern, semakin bebas polusi π
http://www.rajadaihatsu.com
Artikelnyaaaaa baguss.. muantapp nambah pengetahuan saya nih π
wah ini nih dunia cowok…
hehehe, kalau saya cuma jadi pengguna saja kok mas. Masalah onderdil nanti urusan bengkel. Meski sebenarnya ngga baik kalau punya kendaraan tapi ngga bisa merawat, tapi ya mau bagaimana lagi kalau ngga suka ngotak-atik. Salam kenal π
salam kenal juga…oh ya,blog ini bukan dunia cowok loh,sapa aja boleh mampir kesini π
nunggu injeksi bandel dan terjangkau
mntor injek emang agak rawan
teknologi
http://extraordinaryperson.wordpress.com/
injeksi kalo servis bawa ke bengkel umum masih lum bisa ya, trouble kalo lagi touring ke daerah pinggiran donk
Motor matic honda pgmfi no 1 di Indonesia ! http://bintangmotor.com/product.php?id=43
Wow, langsung goreng ya cak… hehehe..
“Dihadapan Blogger, AHM Pastikan Garansi 5 Tahun untuk Teknologi Injeksi PGM-FI”
http://otomotoblog.com/2013/04/14/dihadapan-blogger-ahm-pastikan-garansi-5-tahun-untuk-teknologi-injeksi-pgm-fi/
Salam
ke kopdar obiwan gak mau
kopdar ahm mau
*mitra banget
dibelah2 π
trus keguna’an lmpu yg ad d kilo mtr itu , pungsi yh ap mas, ‘kata yh klw mau on tnggu si lmpu yh mati dulu, bru stater, klw dlm ke’ada’an msih nyala udah d stater dampak yh knpa?
ksih pnjelasan dong……..
‘tank’s.
gpp,cuman aki cepet low bet
apa fungsi fungsi 3 kabel yg ad d soket cuil avanza.
Terimakasih info nya keren..
salam kenal
mohon info nya, bila TA sensor lemah (check engine lamp belum nyala)
TA / IAT sensor
Beat pop.
Starter lebih halus
Gan… Mau tanya nih.. Lampu indikator injeksi kedip 3x…
Agak lama trus pendek” 2 kali… Kira” apanya bos yang eror.. Pliss penting… Sampek pusing nyari trobelnya…
kalo ada masalah sama sensor ckp gimana cara memperbaikinya sob
Parah penanganan masalah beat fi.mekanik masih kabur penjelasan masalah n penanganan masah di injeksi.soarr part nya juga jarang tersedia di ahhass.honda seharusnya lebih perhatian kpda mekanik yg sdh msuk di ahhassMi