16
Jan
13

Aturan Larangan Bonceng Ngangkang…Pilih Norma Ato Keselamatan…???

Boncengan

pic : metikmagic.blogspot.com

Lagi hangat diperbincangan perihal aturan larangan bonceng ngangkang di Lhokseumawe, Aceh yang mulai diterapin 7 Januari 2013. Pemerintah sana mungkin beralasan berboncengan ngangkang tidak sopan dilakukan oleh perempuan. Apalagi kalo bukan muhrimnya, ada risiko sentuhan 2 badan lebih besar ketimbang kalo yang satu duduk nyamping. Memang ada benarnya juga apalagi daerah sana cukup ketat untuk hal2 yang terkait kesopanan. Namun disisi lain duduk menyamping timbul risiko lebih besar dari segi keselamatan berkendaran. Pernah kan ngerasain gimana ribetnya nyetir motor tapi si pembonceng duduk menyamping…mulai dari motor kurang seimbang hingga sulit bermanuver misalnya belok.

Duduk nyamping adalah posisi yang tidak tepat. Pembonceng tidak bisa melihat ke depan. Kalo terjadi sesuatu maka respon pembonceng jadi pasif. Belum lagi pengendara dan pembonceng kudu selaras, si pembonceng harus bisa mengikuti gerak tubuh pengendara. Keseimbangan jauh lebih baik ketimbang duduk menyamping. Di kampung halaman saya, fenomena pembonceng duduk nyamping masih banyak dijumpai khususnya oleh kaum ibu2. Pakai rok & lebih mudah menaiki motor adalah alasan yang mereka utarakan. Beberapa teman saya ada yang berasal dari Aceh, mereka mengatakan ketidaksetujuan atas aturan tersebut. Saya sih menyarankan untuk uji materiil seperti yang diulas oleh cak Bodats.

Bagi kaum hawa yang pake rok paling aman sih kalo boncengan pake celana panjang , rok-nya disimpan di tas. Ntar kalo udah nyampe tinggal tuker. Emang rada ribet tapi yang penting lebih safetyjust my opinion.


9 Responses to “Aturan Larangan Bonceng Ngangkang…Pilih Norma Ato Keselamatan…???”


  1. 16 Januari 2013 pukul 7:05 am

    Memang membingungkan punya pemimpin tuh…… buat peraturan kadang tanpa berfikir aspek yang lain………. semoga tidak diikuti saja oleh kota-kota di jawa…. kebayang dengan banyaknya sepeda motor semua yang dibonceng harus miring semua….

  2. 2 vanz21fashion
    16 Januari 2013 pukul 10:04 am

    yah.. mungkin karena di sana motornya bebek dan matic semua di mana passenger lebih mudah naik turun dengan posisi nyamping :p

    http://vanz21fashion.wordpress.com/2013/01/10/ajarin-saya-bonceng-nyamping-dengan-motor2-ini-dong-om-p/

  3. 16 Januari 2013 pukul 10:15 pm

    Aturannya seperti lelucon, tidak mementingkan safety..
    http://trexton.wordpress.com

  4. 6 genthuk
    17 Januari 2013 pukul 8:11 am

    dikompromikan bisa ndak ya?

  5. 4 Februari 2013 pukul 1:09 am

    orang yang membuat peraturan gak naik motor dia kan pada naik mobil…jadi gak paham ttg safety ridding apa gak ada masalh lain yng lebih penting untuk dibahas plz open u eyes bapak yng membuat peraturan nyawa lebig berharga dari pada norma ….

  6. 8 zulfian zoel
    8 Maret 2013 pukul 2:37 pm

    suiipppp… uji materiil aja… yg penting pake celananya jangan yg hot pans ato turun pinggang yg waktu di gonceng keliatan pantatnya yg ggu konsentrasi…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Januari 2013
S S R K J S M
« Des   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,471,177 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 376 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: