29
Nov
12

Konvoi Motor / Mobil Pake Sirene Rotator Masih Saja Terjadi…!!!

Gambar : Igfar Blue

Seperti yang diulas oleh Detik (disini), rombongan motor besar Harley Davidson rame2 melanggar aturan lalu lintas dimana salah satunya adalah ketika berkonvoi menggunakan sirene & rotator. TKP-nya ada di kota Kediri, Jawa Timur. Punya motor mahal berharga ratusan juta rupiah tentu yang punya adalah kalangan berada & berpendidikan, kalo dinalar harusnya mereka ngerti dunk yang namanya peraturan lalu lintas…!!! Alasan yang jadi dalih mereka gak jauh2 dari “kalau turing biar aman“, “biar orang lain tau kalo qta lagi konvoi”, “biar gak kena macet”, biar rombongan gak kececer” ato alasan2 lain yang dijadikan pembenaran…!!!

Perilaku ini juga terjadi di roda empat. Beriringan berjalan lambat di lajur kanan jalan tol sambil membunyikan sirene. Tentu saja hal ini menghambat laju kendaraan2 lain yang ada di belakangnya. Selain itu dalam beberapa kesempatan di tengah kemacetan ada mobil yang menyalakan sirene supaya pengendara lain minggir, padahal tuh mobil bukanlah siapa2, petugas bukan, pejabat juga bukan.

Pada UU No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas & Angkutan Jalan khususnya pasal 59 dijelaskan kendaraan bermotor yang dilengkapi lampu isyarat. Berikut kutipannya :

(1) Untuk kepentingan tertentu, Kendaraan Bermotor dapat dilengkapi dengan lampu isyarat dan/atau sirene.

(2) Lampu isyarat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) terdiri atas warna: a. merah; b. biru; dan c. kuning.

(3) Lampu isyarat warna merah atau biru sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf a dan huruf b serta sirene sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berfungsi sebagai tanda Kendaraan Bermotor yang memiliki hak utama.

(4) Lampu isyarat warna kuning sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf c berfungsi sebagai tanda peringatan kepada Pengguna Jalan lain.

(5) Penggunaan lampu isyarat dan sirene sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) sebagai berikut:

a. lampu isyarat warna biru dan sirene digunakan untuk Kendaraan Bermotor petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia;

b. lampu isyarat warna merah dan sirene digunakan untuk Kendaraan Bermotor tahanan, pengawalan Tentara Nasional Indonesia, pemadam kebakaran, ambulans, palang merah, rescue, dan jenazah; dan

c. lampu isyarat warna kuning tanpa sirene digunakan untuk Kendaraan Bermotor patroli jalan tol, pengawasan sarana dan Prasarana Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, perawatan dan pembersihan fasilitas umum, menderek Kendaraan, dan angkutan barang khusus.

(6) Ketentuan lebih lanjut mengenai persyaratan, prosedur, dan tata cara pemasangan lampu isyarat dan sirene sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur dengan peraturan pemerintah.

(7) Ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara penggunaan lampu isyarat dan sirene sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur dengan peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Cukup jelas kan siapa yang berhak menggunakan sirene rotator. Mengambil hak orang lain sesama pengguna jalan raya tak ubahnya seorang koruptor…!!!


14 Responses to “Konvoi Motor / Mobil Pake Sirene Rotator Masih Saja Terjadi…!!!”


  1. 29 November 2012 pukul 8:25 am

    sebenarnya orang2 pinter, tp kalau soal ginian jd pada pura2 bodoh….
    aturan tetap dilanggar..😀

  2. 29 November 2012 pukul 8:27 am

    lebih enak liat motor ban cacing dari pada motor yang kaya gono…

  3. 4 Eddie Prasetyo
    29 November 2012 pukul 7:33 pm

    HDCI ? kalau iya memprihatinkan, pak Nanan Soekarna selaku ketum HDCI tolong tindak anggotanya yg bertindak arogan !

  4. 5 Dono
    30 November 2012 pukul 7:11 pm

    gw sebel sama kendaraan pribadi pakai strobo, kampungan, norak!

  5. 1 Desember 2012 pukul 4:47 pm

    wah Sam, saya tergelitik nih. karena setau saya ketua HDCI Kediri adalah bos saya..

    well, tak dapat dipungkiri, terkadang sebal juga dengan sikap arogan beberapa oknum, namun seringkali di kediri melintas penunggang HD yang masih sopan, respect others..

    beberapa waktu yang lalu saya tahu sendiri, ada polisi yg lagi dines di pos lantas Sri Ratu keliatan mangkel akibat ulah pengendara HD yang menyalakan srine dan strobo, padahal Lampu Traffic Light merah dan kondisi jalan rame. tau gak berapa motor?? 2 motor!!. lha mau gimana lagi? bos-bos nya klub Moge khan orang kuat.

  6. 8 toktokwow
    2 Desember 2012 pukul 8:55 am

    pernah liat rombongan mercedes benz…. ada beberapa mobil bertuliskan interceptor menggunakan sirbo maksudnya apa sih?

  7. 9 John Pramabuli
    2 Desember 2012 pukul 4:53 pm

    koruptor ? <– sepakat bro..!! jgn2 mobil motor berstrobo seorg koruptor beneran..!

  8. 10 Underboyz
    4 Desember 2012 pukul 10:08 pm

    persis seperti rombongan pengantar jenazah ke kuburan yak gan😀
    tu anak harley pernah ngoceh d majalah otomotif.alasanya ini motor besar.klo lari d bawah 60 kj beresiko kecelakaan krn ga stabil.lah truk muatan 1 ton lari 40 kj woles aje.

  9. 7 Desember 2012 pukul 2:23 pm

    iyaaa setuju. kasih kesempatan lah bagi orang yang punya kendaraan bermotor yang sizenya lebih kecil di banding harley yang besar, lagian nyampah di jalan juga. kalo mau konvoi mening cari jalanan yang khusus untuk motor harley konvoi. biar gak ganggu pengguna yang lain juga… -__-

  10. 19 April 2013 pukul 7:58 am

    yang salah bukan pengendara moge mas tapi polisi indonesia kenapa sudah tau salah malah dibiarin itu artinya tindakan pembiaran yang disadari. seperti anak muda sekarang naik motor masang arah sepion seenaknya ada menghadap keatas ada yang untuk bercermin selama berkendara tidak sesuai dengan fungsi sepion kenapa dibiarin sama pak polisi (ada juga oknum polisi yang ikut2an) memalukan… TERLALUUUUUU…

  11. 26 April 2013 pukul 8:48 am

    Sekali waktu di bandem pake mangga atau buah2 yang keras. atau kalau perlu konvoi yang dilewati orang2 Norak, Kampungan, nDeso, Katrok tersebut di sebari batu atau buah2 biar ngglinding tuh orang2nya dan biar sadar atas apa yang sudah menimpa Sophan Sofian.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
November 2012
S S R K J S M
« Okt   Des »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,481,406 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 378 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: