28
Nov
12

Mengenal Kaca Mobil…Ternyata Ada Perbedaan…!!!

Mitsubishi Lancer Evo X FQ-400

Dulu saya mengira kaca mobil itu semuanya sama baik di depan, samping maupun belakang. Ternyata berbeda mas bro…!!! Dalam dunia otomotif dikenal 2 jenis kaca yakni kaca laminated & kaca tempered. Kedua jenis kaca tersebut memiliki karakter yang berbeda dalam memberi perlindung­an terhadap pengendara & penumpang di dalam kendaraan.

Kaca laminated dipasang pada kaca depan serta sunroof (kalo ada). Kaca laminated diproses dengan menggunakan proses vakum. Laminated terdiri dari dua lembar kaca yang mengapit film PVB (Poly Vinyl Buthyral) dengan ketebalan rata-rata 0,76 mmyang disatukan dengan lem khusus lalu divakum. Untuk lebih amannya lagi kaca tersebut juga di tempered dahulu,untuk menjaga segi keamanan. Jenis kaca ini mampu meredam benturan & menjaga lapisan ini sulit ditembus. keuntungan lainnya adalah sifat pecah kaca yang tidak menghambat visibilitas. Bila pecah, kaca ini tidak berbentuk butiran jagung, tetapi hanya retak bergaris.

Kemudian kaca jenis tempered digunakan pada sisi jendela & belakang. Kaca tempered diproses dengan dipanaskan hingga 850 derajat celcius kemudian itu kaca didinginkan hingga suhu normal. Kaca jenis ini lebih kuat dibandingkan jenis laminated. Jika kaca samping mobil dipukul dengan benda tumpul maka kaca tidak pecah seperti memantul kembali. Namun jika terkena benturan benda tajam maka kaca akan pecah menjadi butiran jagung. Disamping itu benda juga akan masuk ke dalam kabin.


10 Responses to “Mengenal Kaca Mobil…Ternyata Ada Perbedaan…!!!”


  1. 2 Aa Ikhwan
    28 November 2012 pukul 11:24 am

    sip ajib, nice info om😀

  2. 3 Dono
    28 November 2012 pukul 6:20 pm

    baru tau nais inpo

  3. 28 November 2012 pukul 6:59 pm

    ada yg kurang, kenapa kaca depan harus pake yg laminated dan sisanya pake tempered?

    • 28 November 2012 pukul 7:47 pm

      Jenis kaca laminated mampu meredam benturan & menjaga lapisan ini sulit ditembus, jika terjadi kecelakaan penumpang depan terhindar dari benda2 yang bisa nerobos masuk ke dalam. Jendela & kaca belakang tempered,harus ada kaca yang bisa dipecahkan misalnya untuk evakuasi kecelakaan.

  4. 6 Eddie Prasetyo
    28 November 2012 pukul 8:52 pm

    kirain sama ternyata beda toh, joss artikelnya

  5. 8 Rollerman
    1 Desember 2012 pukul 6:08 pm

    kalau gak salah d youtube ada video (org luar ) mecahin kaca pakai samping dengan jari (benda tumpul)

  6. 7 Desember 2012 pukul 11:11 pm

    malah baru tau ada yang leminated😮


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
November 2012
S S R K J S M
« Okt   Des »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,479,167 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 377 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: