26
Nov
12

Marketing & Etika…Kudu Selaras…!!!

Hari Sabtu kemaren saya gak kemana2 apalagi hujan mengguyur seharian di Jakarta. Duduk2 nyantai baca koran, nonton tv, internetan ato buka hp ngeliat update status temen2 tak lupa secangkir kopi saya seruput menemanin hawa sejuk di Jakarta🙂 Namun ada fenomena yang terjadi di hari itu yakni banyak kawan yang ngeluh,ngomel sampai misuh2 j*nc*k karena kemacetan panjang terjadi. Berhubung update status-nya isinya hampir mirip2 saya jadi penasaran apa yang sedang terjadi. Setelah saya kontak dengan beberapa kawan akhirnya diketahui bahwa kemacetan terjadi akibat konvoi mobil dari salah satu pabrikan Jepang. Konvoi kononnya mencapai ribuan mobil & ingin memecahkan rekor MURI…!!! :shock: 

Saya sendiri sampe geleng2 kepala. Konvoi segitu banyaknya buat apa sih ??? Apakah gak ada cara lain yang lebih elegan dalam memasarkan suatu produk ??? kota Jakarta ini udah macet, jangan ditambahin lagi hal2 yang merugikan orang lain. Tak hanya efek macet tapi juga pemborosan BBM serta polusi yang ditimbulkan (konon acara ini diikuti oleh hampir 3000 mobil…!!!). Kenapa nggak biqin acara tanam pohon saja ketimbang mengumpulkan massa segitu banyak ???

Agar jualan laku tentu butuh pemasaran. Beragam cara dilakukan oleh produsen agar produknya diterima masyarakat mulai dari cara yang wajar hingga gak wajar. Gak wajar seperti menjelek2an produk lain ato hal2 lain yang dirasa kurang pantas. Dalam hal ini berbicara tentang etika. Contohnya produsen2 yang melanggar etika bisnis, masih ingatkan iklan operator HP yang saling berbalas di televisi ato iklan motor yang tersirat menjelekkan2 kompetitor di koran ato produk mobil yang menumpang adzan Maghrib seperti yang saya tulis disini & masih banyak lagi. Agak sulit menindak hal2 yang seperti ini, boleh dibilang “abu2”. Toh masyarakat sekarang sudah cerdas, sudah bisa menilai apakah hal itu baik ato merugikan. Jurus marketing yang kurang beretika justru bisa menjadi bumerang buat produsen…!!!


6 Responses to “Marketing & Etika…Kudu Selaras…!!!”


  1. 27 November 2012 pukul 7:00 am

    Suzuki r4, katanya pesanan indent mengular kok masih pakai acara konvoi pembuktian begitu, senengannya nembus muri ni sisuzu, nex juga dng iritnya tp tetep aja kurang laku Gan

  2. 27 November 2012 pukul 11:18 am

    cuma utk mengejar rekor muri? atau membuktikan bawah R3 laku keras bak kacang goreng?

  3. 6 Dono
    28 November 2012 pukul 6:21 pm

    dulu gelar acara konvoi apv, sekarang ertiga, mau ngalahin duet avanza xenia ? masih jauhhhhhhhhh


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
November 2012
S S R K J S M
« Okt   Des »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,474,346 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 376 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: