31
Okt
12

Gak Pake Engkol…??? No Problem-lah…

Ada salah satu fitur yang dihilangkan pada diri All New Yamaha Vixion. Yup, starter engkol alias kick starter. Hilangnya fitur starter engkol menimbulkan banyak pertanyaan dari banyak kalangan. Wajarlah… starter engkol sepertinya menjadi fitur wajib bagi biker disini:mrgreen: Tengoklah (contoh) apa yang menimpa Suzuki FU150 ama Thunder125 generasi awal. Awalnya gak ada starter kick namun selang beberapa waktu kemudian muncul atas permintaan pasar. Lain cerita yang terjadi pada Honda CBR series ato Kawasaki Ninja 250 yang gak ada engkolnya, pasar adem ayem aja:mrgreen:

Menurut saya sih, starter engkol itu gak perlu. Malahan kalo perlu dihilangkan seperti yang pernah saya ungkap disini. Udah dikasih tombol electric starter, ngapain capek2 ngengkol. Kalo akinya soak gimana ??? yah pake metode surung dunk…hitung2 motor balap:mrgreen:

“Sering pake electric starter ntar akinya cepet soak”… ahhh…nggak tuh, kuda besi saya tiap hari nyalain pake tekan tombol, aki udah hampir 3 tahun so far so good. Aki bisa berumur panjang kuncinya cuman satu yakni perawatan rutin. Kalo ketinggian air aki berkurang, yah jangan lupa diisi agar sel2 di dalamnya gak rusak. Trus lagi cek terminal aki-nya, kalo kotor dibersihkan karena akan menghambat suplai arus listrik.

Motor2 saat ini banyak yang sudah berpasokan bahan bakar injeksi. ECU merupakan salah satu komponen penting di mesin injeksi. Agar kinerja ECU tetap optimal maka rawatlah aki dengan baik. ECU butuh suplai listrik yang bagus. Jika suplai listriknya jelek bisa berakibat kinerja ECU terganggu seperti sensor2 tidak akurat membaca kinerja mesin. Contohnya yang harusnya butuh suplai bensin sedikit, malah diperintahkan banyak begitu seterusnya.

 


14 Responses to “Gak Pake Engkol…??? No Problem-lah…”


  1. 2 Eddie Prasetyo
    31 Oktober 2012 pukul 8:24 pm

    CB150R ada engkolnya padahal basicnya CBR150R:mrgreen:

  2. 31 Oktober 2012 pukul 10:35 pm

    josssssssssssssssssssssssssssssssss

  3. 1 November 2012 pukul 1:19 am

    hmmm… gitu yah.. Oplok-oplok ga Masberrooo ?

  4. 1 November 2012 pukul 7:34 am

    ane juga emang jarang sih pake engkol…….

  5. 8 Aa Ikhwan
    1 November 2012 pukul 7:44 am

    lbh sering elektrik😀

  6. 1 November 2012 pukul 8:43 am

    No problemo, karena ane ga punya motor tanpa engkol…..😀

  7. 13 Gunz
    1 November 2012 pukul 3:48 pm

    Yah, menurut ane aki MF tetep ada umurnya, motor ane udah ganti aki MF 2 kali, dan dua2nya rata2 berumur maksimal 3 tahun🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Oktober 2012
S S R K J S M
« Sep   Nov »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,474,292 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 376 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: