22
Okt
12

ECU Tunggal Di MotoGP Tahun 2014, Agar Balapan Lebih Kompetitif…!!!

Salah satu komponen yang sangat menguras kantong para peserta MotoGP adalah ECU (Electronic Control Unit). Buat tim2 pabrikan macam Repsol Honda ato Yamaha Factory Racing yang duitnya banyak sih gak terlalu masalah, namun menjadi bencana buat tim2 satelit ato tim2 CRT. Hasilnya pun bisa diketahui balapan didominasi oleh kubu Honda & Yamaha, kalo nggak Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo ato Casey Stoner…begitu seterusnya. Sedangkan tim2 lain boleh dibilang hanya sebagai penggembira. Gap-nya terlalu jauh…!!!

Dorna selaku promotor MotoGP tentu gak ingin situasinya seperti ini terus2an. Balapan bosan, jumlah peserta menyusut ato ditinggal penonton…!!! Sebuah langkah dilakukan Dorna agar balapan lebih kompetitif di masa mendatang yakni dengan kebijakan penerapan ECU tunggal mulai musim MotoGP 2014. Magnetti Marelli dijadikan partner untuk mensuplai ECU ke semua tim MotoGP hingga tahun 2018. Pasokan sistem kontrol elektronik dari Magnetti Marelli ini akan meliputi semua aspek. Termasuk diantaranya sensor di mesin & rangka beserta inboard datalogger, data analysis tools, dashboard, handlebar toggle switch & inertial platform. Merek Magnetti Marelli sudah tak asing lagi di MotoGP. Ducati & Yamaha adalah tim yang menggunakan jasa pabrik yang bermarkas di Bologna, Itali. Kebijakan ECU tunggal di MotoGP ini meniru langkah balapan jet darat Formula 1 dimana hasilnya cukup sukses. Kekuatan antar tim sudah mulai merata. Dominasi Red Bull Renault seperti yang diperlihatkan musim2 sebelumnya mulai terkikis. Balapan pun lebih enak ditonton…!!!

Yang namanya aturan baru tentu ada pro kontranya. Tim2 CRT & satelit tentu menyambut gembira, mereka tak perlu pusing lagi otak atik ECU. Tinggal fokus mengembangkan mesin & sasis. Budget pun bisa ditekan…!!! Sementara itu kubu pabrikan Ducati & Yamaha menerima namun dengan catatan. Ducati misalnya mengingatkan agar ECU tunggal tersebut harus bisa menjamin keselamatan pembalap. Contohnya sensor yang mengatur agar roda tidak wheelie berlebihan. Selanjutnya kubu Yamaha, hanya mau menerima hardware-nya saja, sedangkan software seperti pemetaan ato algoritma dari kubu garpu tala. Lain lagi cerita Honda, jelas2 menentang aturan tersebut bahkan siap hengkang dari MotoGP. Wajar selama ini pabrikan Honda mengembangkan ECU sendiri. Alasannya kebebasan mengembangkan teknologi menjadi terbatas. Di samping itu motor2 produksi massal Honda ECU-nya sebagian platform-nya mengambil dari ECU MotoGP.

Dari sisi pembalap, semuanya mendukung aturan ini asalkan keselamatan pembalap terjamin. Jangan sampe nantinya yang ada malah banyak pembalap ndlosor hanya gara2 minimnya kontrol traksi.

Biaya balapan MotoGP sudah ditekan ama Dorna, apakah bisa menarik pabrikan lainnya yang dulu pernah eksis seperti Suzuki & Kawasaki ??? Apakah Honda benar2 akan cabut ??? Dorna tentu saja tak mau hal itu terjadi. Mirip tim Ferrari yang dulu sempet ancam undur diri dari F1. Yah qta lihat nanti…!!!


10 Responses to “ECU Tunggal Di MotoGP Tahun 2014, Agar Balapan Lebih Kompetitif…!!!”


  1. 1 Aa Ikhwan
    22 Oktober 2012 pukul 9:31 am

    sip ajib, biar tmbah seru

  2. 5 Drs. parto SH.
    22 Oktober 2012 pukul 1:19 pm

    entar ada yg bikin OMR motoGP

  3. 6 peace_ah !
    22 Oktober 2012 pukul 8:54 pm

    Gak sesuai dengan skenario HRC kali. Setelah Moto2 Honda smua, harusnya MotoGP mesinnya Honda semua. Kalau perlu yg lain cukup bodynya Yamaha, Ducati, Kawak, Suzuki… jeroannya harus Honda! wk wk wk wk …. GELO !!!

  4. 22 Oktober 2012 pukul 11:48 pm

    Honda hengkang saja … masalah ?😀

  5. 8 Dono
    23 Oktober 2012 pukul 7:45 pm

    Apakah Dorna tunduk sama keinginan Honda ??? wkwkwkwk…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Oktober 2012
S S R K J S M
« Sep   Nov »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,481,406 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 378 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: