Kalo qta perhatikan tahun 2012 ini banyak pabrikan mengeluarkan motor injeksi. Yup, era injeksi sudah datang. Tak hanya jualan saja tapi pabrikan juga memberi edukasi kepada masyarakat. Salah satunya yang dilakukan oleh pabrikan Yamaha lewat Workshop Fuel Injection yang diselenggarakan di gedung Gramedia, Jl. Panjang, Jakarta Barat. Bekerja sama dengan Otomotifnet, Yamaha tak hanya mengundang kalangan blogger namun juga siswa2 SMK, komunitas motor hingga masyarakat umum. Yup, sosialisasi injeski perlu dilakukan mengingat masih banyak masyarakat yang masih takut terhadap kehadiran motor berotak ECU. Ketakutan itu timbul karena adanya persepsi ribetnya perawatan mesin injeksi.
Agar persepsi tadi hilang, Pak M. Abidin selaku GM Service Yamaha, menjelaskan dengan gamblang teknologi injeksi. Tampak siswa SMK mendengarkan dengan antusias. Agar mudah dipahami, cara kerja fuel injection dijelaskan mirip dengan tubuh manusia dimana sistem fuel injection terdapat ECU (Electronic Control Unit) yang bekerja seperti otak pada manusia. ECU meneruskan sinyal yang dikirim sensor-sensor. Pada akhirnya ECU memerintahkan injector untuk menyemprotkan bensin pada mesin. Kerja ECU layaknya otak yang saat mendapatkan sinyal dari sensor-sensor, lantas memerintahkan bagian tubuh untuk menjalankan fungsinya. Selain sensor-sensor, komponen penting lainnya pada ECU adalah fuel pump yang berfungsi mensuplai bahan bakar dari tangki ke injektor dan menjaga tekanan bahan bakar agar sesuai persyaratan.
Selain penjelasan tentang Fuel Injection, tak ketinggalan juga tentang bagaimana perawatan mesin injeksi. Hadir juga alat2 seperti Injector Cleaner hingga Injector Tester. Oh ya, jangan lupa kasih sumbangan mesin injeksi ke sekolah2 SMK yakkk…!!! 🙂
ane sendiri sampe sekarang belum ngeh 😦