Honda Vario Techno 125 PGM-FI yang diluncurkan bulan Maret 2012 resmi menjadi pengganti Vario series. Bodi, sasis hingga mesin semuanya baru. Tampilan Vario Techno 125 PGM-FI kini lebih futuristik dengan garis2 bodi yang tajam. Dari depan head lamp dual keen eyes terinspirasi dari supercar Honda NSX.
Bodi tengah kini lebih gemuk dengan tangki BBM berkapasitas 5,5 liter & bagasi bervolume 18 liter. Untuk membuka jok cukup tekan tombol di sebelah kunci kontak, mirip dengan Honda PCX. Bagasinya luas sanggup menelan helm full face Nolan dengan mudah…!!! Desain bagasi menurut saya agak sedikit berbeda dibandingkan dengan skutik seperti Spacy Helm In. Di Spacy Helm In, lebih condong ke dalam sedangkan di Vario Techno 125 PGM-FI lebih melebar ke samping.
Panel speedometer cukup modern, terlihat lampu indikator check engine yang sudah menjadi kewajiban motor2 berfitur injeksi. Dua bagasi kecil bagian depan cukup untuk membawa botol minuman. Parking brake lock, side stand switch menjadi fitur wajib di jajaran skutik Honda.
Mesin Vario 125 PGM-FI mengusung tema ESP (Enhanced Smart Power). Pelatuk klep bertipe roller, silinder offset, radiator core, kipas pendingin CVT hingga sabuk CVT dirancang untuk menggabungkan antara performa, hemat bahan bakar & emisi rendah.
Selanjutnya ngejajal Vario 125 PGM-FI. Kunci kontak on, speedometer akan melakukan kalibrasi diikuti oleh indikator check engine yang menyala & sesaat kemudian mati. Artinya tak ada masalah dengan sensor2 mesin. Tarik tuas rem, pencet tombol starter…grenggg…lampu depan sudah AHO (Auto Headlight On) & gak ada lagi suara khas “bletak”. Teknologi ACG starter seperti yang ada di PCX hadir disini. Posisi berkendara cukup pas hanya saja joknya kelewat tinggi untuk ukuran saya (tinggi 165 cm). Kaki kudu jinjit hal ini akibat bodinya yang melebar untuk mengejar helm-in. Selain itu joknya rada keras, mungkin busanya tipis. Kalo dipake buat jarak jauh alias turing pantat bakalan cenat cenut
Pada putaran bawah hingga menengah Vario 125 PGM-FI cukup responsif. Sayang jalanan diguyur hujan membuat saya tak bisa mengeksploitasi si Vario lebih lanjut. Riding berjalan dengan metode alon2 asal klakson 😀 Suspensi cukup empuk, handling juga pas. Ban masih cukup mumpuni melewati jalanan basah. Banjir di ibukota juga tak menjadi masalah karena soket2nya sudah dikasih sealant. Sensor2 cukup aman…!!! Yang penting air jangan sampai melebihi air intake (lubang udara).
cocok ki,,katanya akselerasinya payah?
http://pertamax7.wordpress.com/2012/03/09/diy-pasang-sendiri-karet-handle-rem-di-sepeda-motor/
Wah kalo itu kudu diukur pake alat,bagiannya juragan rondo tuh 😀
sip
tadi aku nyoba ne tak liwatin lobang2 di jalanan *testing nyiksa suspensi
Tidak motorsiawi
mestinya harga OTR-nya dibawah Yamaha Xeon
biar laris gitu…
mosok jinjit..???
Jinjit cak…
putaran bawah cukup responsif———->>>>>it’s matic so responsif is ….mutlak 😛
si orange beda…
wah.. ada yang baru ni..
http://www.rosso99.wordpress.com/2012/03/11/perayaan-hari-jadi-kbbc-4-turut-meramaikan/
Kasi bodi kit pelindung bodi bisa tak..?? misal tambahin dibibir spakbor buat proteksi body yg tifis.
Kalo dipake buat jarak jauh alias turing pantat bakalan cenat cenut
================================================================
waduh kasian dunk yang lagi touring jawa-bali,harus bercenat cenut ria…kasian..kasian
Kl vario yg tipe sebelumnya masih bisa dijejali ban ukuran 120 dikarenakan tidak ada filter udara yg disimpan di luar sebelah kiri yg dekat shockbreaker. Kl vario pgm fi yg sekarang filter udara di simpan di luar sebelah kiri dekat shockbreaker. Kl dijejali ban ukuran 120 msh bisa gak ya ??? Mohon pencerahannya
Bisa boss….ak dah ganti dengan uk 120/70 (blkg) 100/70 (dpn) karena pake velg standart jadi agak mumbul…g tau lagi kl pake velg tapak lebar…
wah,, kudu ndungo, TIRAKAT sitik men iso duweni anyarane motor metik ke HONDA”…
Amin !!
“Selain itu joknya rada keras, mungkin busanya tipis. Kalo dipake buat jarak jauh alias turing pantat bakalan cenat cenut ”
waduh,, kemarin ada tester yg ngomong katanya nyaman2 aja pas touring jawa-bali?
dibayar berapa tuh ngomong gtu ?? hehehhe
pembodohan otomatif lagi kah?
joni sok tau otomotif,belagu,keminter…..
ciri khas honda tetap dipertahankan… jok keras!!! 😀
produk non sni
fotonya bagus… 🙂
daritadi komen vartech terus… 😛
makin mantep nie vario…
tak dol motor tuwoku aa…ahh…
ciri khas honda tetap dipertahankan : desainnya ga enak dilihat, kaku wagu n tukang ngikutin.. ah payah jelek!
he.he…dri pihak YMKI ya mas…??? nepsong amir….
sales yamaha tuh
nyesel ya mas beli xeong,.. iri ya vario laku keras ,,,
Dari pada yamadut smua matiknya mocin look catro dan cupu
sales yamaha iri ma penjualan honda hampir 80% honda meraja, gw sumpahin lu pake motor honda kaki lu bakalan bengkak haaaaa
@ gozny
Ada hugger di bagian depan ban belakang, jadi agak sulit upgrade ke ban yang lebih lebar, kecuali hugger-nya dilepas, dengan resiko ruang mesin yang kosong melompong bakal dipenuhi lumpur cipratan ban
Dipikir-pikir jok Honda emang keras, dari jaman aku pakai Supra X yang belum kenal fitur helm ini aja, jalan 45 km pantat uda cenat-cenut… omongan touring rider yang katanya “nyaman-nyaman” aja ini kayaknya kok meragukan banget…
cek ‘ketebelan’ pantat si mas….klu masuk kategori tepos yaaa…pasti cenat-cenut….he.he.he…
gw punya kharizma 03, tiger 97 dan Vario 07….pantat aman2 aja, rumah di halim jaktim…kantor di semplak bogor…tiap hari pulang pergi 115 km kec rata2 70-80 kpj…..pantat aman2 aja, yg penting riding position menentukan pantat panas dn pinggang pegel..
oya, satu lagi…chatter alias banyak getaran pada bodi motor juga mempengaruhi…pantat cenat-cenut.
Maklumlah, jarang make motor, sekali-kali naik motor, satu jam aja uda cenat-cenut
Setiap produk baru pasti ada plus minusnya. Pokonya saya acungin Jempol dah buat Honda yg sudah berani merombak habis dari desain body sampai ke perubahan mesin Varionya. Semua perubahan pasti untuk memperbaiki kekurangan yang ada pada Vario yg lama.
http://jss-bisnis.blogspot.com/
@Grandv. Trimaksh atas pencerahannya. Iya memang betul kl vario pgmfi yg baru ini agak susah up grade ke ban ukuran besar krn selain hugger ( pelindung cipratan air ) yg mepet sama ban, ada juga bagian filter udaranya yg hampir nempel banget sama ban. Body motor agak besar tapi gak bisa di ksh ban besar. Sayang juga yahh.
lagi nunggu nih …dah inden ….di rumah ada mio soul…mau nyoba dua duanya…trus baru bisa coment…yg jelas pasti ada kelebihan n kekurangan e…
Gan saya baru beli juga kok indilkator suhu nyala terus warna merah kira” ada masalah nggak ya?
gw dah punya nih akhirnya, Vario 125 pmfi, 4 hari yg lalu diantar….semua sempurna……eiittss, ada loh kelemahannya…mau tau..???
hmmm, setelah gw pake riding lewat jalan ‘gerenjulan’ alias ga rata……lock bagasi/ kait pengunci jok selalu membuka sendiri, tanpa kita suruh alias tanpa pencet tombol di kunci kontak…….setelah gw cek dan analisa…..
ternyata…per kecil penahan lever yg dikaitkan dengan kabel pembuka…terlalu lemah/enteng….sehingga bila terkena goncangan lever tersebut akan bergeser sendiri…dan melepas penahan kait yg ada di jok…….wuiiihh bisa klaim buat recall niihh….gimana AHM..??? (TOLONG DISAMPAIKAN YA. THX)
PS:…sementara gw dah buat soliusinya….yaitu menambhkan lagi per pengait buat menahan lever tsb agar tdk mudah goyang/bergeser krena goncangan…..
Tambahan, fabric untuk cover jok terkesan asal nutupin busa jok, tidak ada lipitan di profil-profil (seperti Vario lama dan spacy), bahkan tidak ada sablonan merek “HONDA” di bagian belakang seperti biasanya. Pemasangan juga kurang rapih, sehingga pada cekungan di perbatasan antara seat depan dan belakang ada kain yang ‘ngambang’.
tapi sy 6 bln lalu pake tunggangn vario 125.mempunyai keluhan knp ya tenaga bisa tiba tiba hilang alias g ada tenaga sama sekali harus menunggu baru kembali bertenaga padahal say menggunakan bahan bakar pertamax lo
Setuju…ini juga masalah yg Saya alami, Mau komplein Aja aah ke Ahass…
yeyeye .. bakal jadi nie beli VARIO techno 125
kalau body vario nya kayak gini
..gak sabar nunggu bulan juli buat beli
Ini kan PCX125 dengan bodi yang jauuh lebih tipis
tapi buat modelnya, okelah, model Honda engga pernah jelek di mata saya……..
Gan, untuk “nitric orange” ada yang ready stock ga ya….????
utiiii
dgr2 pgm fi honda skrg ga bs ngoreksi sndri, kdu di koreksi manual lewat stelan mode, mlah trun techno buat efinya, BAS nya jg ga ad, ?????
kalo joknya gampang dibuka dengan tombol doank gimana kalo kita lagi taruh barang dan motor ditaruh tempat parkir..? bisa ilang donk helm kita yg kita taruh dalam jok motor…
mohon pencerahannya buat yg udah tau….???
kuncinya harus dimasukkin dulu ke rumahnya om, baru bagasinya mau ngebuka
kalau gitu aman donk 😀
oo…jelas koh
buktinya pemilik PCX yang koncinya sama juga ngga ribut2 keilangan barang tuh
Dah mangkal di rumah 4 hari. Review: enak, tapi..
1. Dadanya bengkak bgt,..curiga nyenggol2 di antara himpitan mobil
2. Rem kiri (roda blk) ngganjel alias ga nolak lg ke tempat semula (mungkin ini kasuistis)
3. Putaran mesin kenapa tinggi bgt ya?!
4. Suara mesin ngorok
5. Berat..
6. Saat menstandar berdiri rasanya ga nyaman,.. motor kyk mau jatuh ke kanan
7. Mesin mlompong/telanjang dan ga cukup penutup. Kotoran dan air dari ban belakang leluasa masuk mesin
8. Space kaki di depan terasa sempit. Lebih sempit ketimbang matic lain, pdhal dimensi body paling besar
Sekian,..semoga itu cm halusinasi!*!#(#!+)
terlalu tinggi. klo ganti skok, cocoknya pake skok motor apa ya
Aq dah punya…mantab…nyaman…kekurangan past ada, naik ber 3 dan ber 4 jok masih legaaa… tp salut untuk Honda yg melakukan perbaikan dan perubahan menyeluruh….Sukses untuk Honda.
ane baru beli, so nyaman bener, tapi tetep aja kalau hujan mesti minggir daripada baju basah
kira-kira tu mesin yang di bawah jok kalo di steam bakalan ngerusak perangkat yang ada di situ nggak ya ???
mohon pencerahannya….
gan,,itu yang buka jok pake tombol system electric ato mekanis……..
cara pakenya mesti kontak ON, ato gmn?
mohon pencerahannya? matur nuwun
Ruang mesinnya terlalu klhatan,gmpang bgt di jailin.Ga keren…!
gan….. mana yg paling enak, techno aja ato yang CBS,, coz ane pernah make punya tmen eeeh yg CBS pas ana belok kiri aga mudun (turun) di gang langsung mo jatoh… enakan yg mana ya ?? coz ana bru mo beli nichhh, pngen ngerasain SI BODY BESAR NAN IRIT ..jwbnya gaaan
enak yg non cbs ga telalu repot klw yg cbs ngeri bos pas ngerem ngedadak pasti ngecot
Bro, ntu mfotonya ngambil lokasi dimana ya? mantap tuh dekorasinya ..kek suasana kafe minimalis modern gitu trutama yg foto tampak-samping.jpg
kalo ada gw minta foto2laen boleh, buat inspirasi ngedesain rumah..he..he..he..
Kafe di daerah Kemang, Jakarta Selatan, saya lupa nama kafe-nya. Wah foto2nya cuman itu doank mas bro.
Pengen beli tapi setelah baca ini http://pojok.welovehonda.com/showthread.php?110-Suara-ngorok-vario-125-pgm-fi-cbs jadi bingung. Cacat ato Gagal
asli bagus…rumahnya…. 🙂 mantap,masbro….btw vario125 ku sdh ganti flyingroller-bawanya lebih smooth dari 50-90kpj….
honda vt125 q klo d ajak jalan d bwh 40km/jam jalanya dangdutan, sudah brkali2 q bawa ke ahas hasilnya sama saja, klo agan mo coba silahkan beli n d jamin kcewa ky aq
Nga tuh, aku punya vario 125 injeksi.. nga gitu (normal” aja)
dah 8000km skrng. yang ada matic injeksi lain ajak kebut di jalan malah gas dikit doang udah lewat tuh matic injeksi lain..
Untuk motor injeksi saringan udara harus selalu terjaga kebersihanya dan pelumas cobaiin SPX-2 full sintetik produksi HONDA. jangan ngisi BBM dipinggir jalan, bbm kyk gitu dah di campur qta kan kagak tau
honda vt125 q klo d ajak jalan d bwh 40km/jam jalanya dangdutan, sudah brkali2 q bawa ke ahas hasilnya sama saja, klo agan2 mo coba silahkan beli n d jamin kcewa
Udah coba di ahass tempat lain bro ??? kalo hasilnya sama aja,klaim aja ke dealer,kan masih garansi tuh.
lucu-lucu coment orang2 nih..
ciri kita selalu mengkritik hasil orang Jenius sementara kita ga bisa buat cuman bisa beli doang. makanya kudu sekolah yang bener biar pinter ntr buat Motor Indonesia “Tanpa Kekurangan” he.he… klo masih ribut mending jalan kaki aja biar sama-sama enak he.he..
Pecinta Sepeda Gunung
ah atasan jg bisanya mengkritik, buktinya ttp dipandang yg paling ok
Saya baru beli vario 125 cbs untuk keluhan suara ngorok ada dikit pas gas ditarik,stelah sy analisa sendiri kalo mau jalan setelah kunci kontak on lampu mil mati & motor dstater diusahakan jangan langsung jalan tunggu akselarasinya turun dulu baru jalan kl stater lgsg jalan ngorok akan keluar trus mesin ndut2an,trus pke bbm pake yang ron 92
ron 92 maksutnya apaan gan..
Bensin dengan kadar oktan 92 contoh Pertamax, Shell Super.
gendut bgd ya kliatannya?
saya baru pake nih vario, lumayan manteb TAPI GW MAU KOMPLIN NIH…DI AHAS GAK DIPERDULIIN KOMPLIN GW..
SUARA NGOROK KUAT BANGET….
-JOK SAAT JALAN JLEK KEBUKA SENDIRI
-TIBA2 MOGOK SENDIRI BISA BAHAYA BILA DI JALANAN RAME YG SUPER LAJU…SEPERTI KEHABISAN MINYAK PADAHAL MASIH PENUH.
-TIBA2 KALO DITURURIN MENDADAK MOTORNYA MATI.
-SEDIKIT BOROS 45 KM/LITER…PADAHAL INJEK MERK LAIN ADA 75 KM.LITER KATANYA.
-SAAT DIGAS TIBA, SUARANYA KOSNG S[PRTI HIL;ANG GITU….
SAAT SAYA TANYA KEAHAS….AHASS MALAH NGOMONG…gak apa2 mas itu gak pengaruh kmesin….dalam hati gw menjawab kalo mesin gak apa2 tapi gw GAK NYAMAN neh….
bb nya pakai premium atau pertamax ? pakai minimal pertamax aja, jangan premium
*Kalau masalah suara ngorok tuh, itu emang tarikan udara dari tortel body yang nyedor udara.. semua motor matic injeksi gitu semua bunyinya, coba aja test matic injeksi yang lain? kalau nga sama bunyinya
*Kalau konsumsi BBM 75 km/ liter motor apaan tuh hp seberapa kuat tuh motor bbm segitu? Beat aja 60 km semuanya udah rasa puas dengan konsumsi BBMnya segitu
*ya semua motor kalau di gas spontan tiba” semua bakalan kerasan kosong, cz campuran O2 dan BBM nga bakal ngasilin power yang langsung, kyk mesin yang makai turbo
Minta ajalah Ke AHASnya untuk di cek dan di servis lgi. Semua bakal teratasi 😀 (y)
mau tanya?bener gak sih kelemahan di motor ini busi cepet aus di km 3000 dah harus di ganti businya,.dan jalanya nyendat nyendat gitu..
Kalau busi itu. Max pemakaian 8000km, itupun kan busi harganya nga sampe 20rb
sampe skrng motor aq aja vario injeksi tdk gitu.. aman” aja responsif setipa gas di tarik. kalau miasalnya ada keluhan gitu? silahkan dtg ke AHAS untuk menjawab keluhan dari si Tunggangan skutic Hourse power besar ini.
Info kalau mau peke pelumas yang memuasakn mesin tunggang skutic injeksi anda. (SPX-2 FULL SINTETIK) harga bersahat tpi rasakan protection untuk mesin skutic anda (y)
Sy dah beli. Dah bilang waw juga. Tapi yang ngeri mesin dan kabel-kabel keliatan.
banyak yg bilang motor ini “ngorok” ya bro…. :p
nice review brooo… keep posting 😉
http://goo.gl/8bgGn
^_^ yg businya bermasalah? kalo jalan sering macet daerah mana ya?…..besuki kah?
iyAaa besuki.
hahahaha
Tambahan, fabric untuk cover jok terkesan asal nutupin busa jok, tidak ada lipitan di profil-profil (seperti Vario lama dan spacy), bahkan tidak ada sablonan merek “HONDA” di bagian belakang seperti biasanya. Pemasangan juga kurang rapih, sehingga pada cekungan di perbatasan antara seat depan dan belakang ada kain yang ‘ngambang’.
aduh gitu kok gak tau fungsinya buat yang pantatnya agak lebar thu pas jadi gak akan ada yang namanya joknya pecah pecah begok…..
ama xeon……jangan saling ejek tapi saingan sportif…..
apa harus dg balapan liar gak jg khan……ni buat sehari2 beda lg kalo buat balap
masalah ngorok thu dah di bahas kalo di bawah 500 km masih bisa kalo diatas gpp juga……pakek pertamax plus ilang ngoroknya coz compresi 11:1….kalau gak tau dien aja…….
ni bukan buat sales yang saling menjatuhkan
SEDIKIT BOROS 45 KM/LITER…PADAHAL INJEK MERK LAIN ADA 75 KM.LITER KATANYA wong masih katanya………tergantung mbetot n jokinya donk macet jg gak……..haduhhhhhhh
wahyoe yoedi
honda vt125 q klo d ajak jalan d bwh 40km/jam jalanya dangdutan, sudah brkali2 q bawa ke ahas hasilnya sama saja, klo agan2 mo coba silahkan beli n d jamin kcewa
oon banget bilang gt………kalo bner udah d klaim sertakan alamatnya biar di cek ama pusat ahas…….!!!!!! motor baru kok dangdutan kliatan baru nyoba gak bisa beli
masih enakan vario techno cbs 110,akselerasi reponsif dari pada all new vario 125 FI
garutttttt dech
punx aq baek2 ajah tuh motor pgmi 125 bbm jga pakai premium
skrng hmpir 3000 km 🙂 🙂
cuma suara ngorok tetep ada tpi lma2 dah biasa kyk ga dnger apa2
bner tah Vario yang ne setiap bulan harus ganti busi…
Itu nga bener??
yang pake busi segitu umurnya cuman motor yang kerendem air aja tuh tiap harinya kalau jalan dan mesin selalu kerendem air..
mau motor awet, nyaman ok selalu di pake..
Waktunya Servis ya harus di servis (Sedikit Info untuk motor matic PGM-FI. Coba nih rasakan pelumas baru SPX-2 Full sintetik di jamin mesin tambah menjajal jalan ibu kota. karna masih banyak yang belum tau ni pelumas yang handal dari HONDA
Nga ada yang bisa nyaingin Mesin dan technology HONDA
Siapapun yang beli Motor HONDA nga bakalan nyesel rasakan keyamanan dan kehandalan Technolgy HONDA yang lebih baik dari yang lain. HONDA emang Is the best (y)
produk HONDA emang selalu membuat konsumen selalu merasa puas,begitu juga untuk Servis dan pelumas yang sangat baik !!!
Yang lain, Cepet rewel
komentar2 nya :
Yg belain Honda dituding salesnya…
Yg belain Yamaha dibilang salesnya jga…
Jadi bingung…jadi ngikutin(pilih) yg mana ya 😉
tolong dijelasin cara melepas roda belakang vario f1 ?trim
Ane udah boyong Vartech CBS warna hitam, secara keseluruhan sangat memuaskan, cuma satu kurang utk putaran bawah 60km mesin rada berat yah? ada solusi biar lebih enteng kah..? mohon share ke saya dong gan…
ane pnya vartech 125,soul gt,mio gt, klo tarikan ptama duo yamaha jagonya(mio gt.soul gt) tp untuk vartech 125 tarikn awal rada berat tp sterusnya d jamin jos,ngacir, duo yamaho lewat
coba sekedar ngsih tau… kk ane beli matic mio thn 2014… ane beli vario CBS 2013…
klo ane bandingkan mio bkin pinggang skit klo jln rusak…. soal kenyamanan mank honda top markotop dah… 😀
kalo mbandingin tu mbok ya kendaraan yg selevel to mas? harga aja udah selisih banyak tuh. mio 115 cc harga 13-14 juta dibandingin vario 125, harga 16-17 juta.
bang bro mau tanya klo lampu nya ane pakein saklar spy bs on-off gk nyalah terus gmn kira2???
mohon pencerahan nya bang bro
baru ambil yang vario 125 iss, over all oke aja, bensin pertamax dari awal. sayang motor
http://rohimmoto.wordpress.com/2014/05/22/over-all-yimm-mampu-menuruti-kemauan-pasar/
Mas kalo jok yg ga bsa di tutup kira2 biaya brapa?
Aq dah cb touring pake vario 125…Denpasar-Singaraja-Surabaya-Semarang-(Borobudur)-Jogja-Denpasar selama 3 hari aman2 saja…motor tdk rewel nyaman dipake gas pol…..