Oli Motul Ester banyak dipakai oleh mereka yang menginginkan tunggangannya tambah ngacir. Yuppp..seperti itulah yang sering saya dengar selama ini. Penasaran dengan hal itu, saya pun mencoba untuk mencicipinya. Motul Ester 5100 berspek SAE 10W-40 API Service SL, oli ini dibanderol Rp105rb. Cukup mahal karena oli ini diimpor langsung dari Perancis. Ada 5 bahasa yang tertulis di botol ini mulai dari Perancis, Inggris, Jerman, Spanyol & Jepang. Hhhhmmm…nih oli2 udah merambah ke berbagai negara.
Mesin dinyalakan, suaranya halus & minim getar. Perpindahan gigi juga lancar jaya tanpa hambatan. Gak jauh beda dengan oli sebelumnya yang saya pakai. Akselerasi bawah menengah enteng, kuda besi melesat cepat. Namun ketika gas dipelintir hingga RPM tinggi…wowww… tarikannya mantap coooyyy…!!! Ngacir deh pokoknya… Meski jarum RPM mendekati redline, raungan mesin tidak menimbulkan vibrasi berlebih.
Hingga 1.000 km, oli masih menunjukkan performa cukup baik. Meskipun begitu bukan berarti oli gak punya kelemahan. Yang saya rasakan kipas radiator agak sering menyala jika bertemu kemacetan. Tapi begitu jalanan lancar semuanya kembali normal. Ahhh…andaikata produk ini menyesuaikan kondisi lalu lintas disini, tentu hasilnya akan makin bagus.
Dan hasil akhir ternyata emang benar, oli ini pas buat mereka yang ingin tunggangannya ngacir. Sudah pasti konsekuensinya kudu ngerogoh kocek dompet lebih dalam. Oke dehhh…saya mo ganti oli dulu nih, belum ada gambaran oli apa yang akan saya pakai selanjutnya. Pokoknya tunggu aja review-nya 😉
yup emang oli bagus nih,.. ane dulu pake 5100 15W50, sekarang pake yg 3100 15W50
15W50 5100 sama 3100 apa bedanya Mas? 😀
beda harga
tpi tetap nak kan???????
bsa buat mtr injeksi ga???
wow,,keren nih,,,,,,yang GOLD aja ane belum nyoba, apalagi yang ester,,,cuma pngen
http://pertamax7.wordpress.com/2012/02/15/new-ninja-rr-150-speed-but-cool/
Dah nyobain yg Double Ester ?? Cobain dulu donk…lebih mantaaabbbssss….
pake oli duration bro mantep… tapi ya itu gak dijual bebas..
ajibbb dah.. sama kaya multi power plus nya yang sae 10/40
weleh mahalnya……..tapi sebanding dengan kualitas…….Motul yang low end buat harian apa yak (motor sport)?
setia dengan spx1 10-30 fully sistetis.. maknyos buat high rev gear box luancarrrr
beehhhh 105 ribu???
(lihat dompet dulu)
klo ane pake yg gold ajalah…lebih pas dikantong… 😀
tapi kok punyaku kok malah slip kopling ya om? apa ada motul palsu?? 😦
Kayaknya Motul palsu gak pernah denger deh.
105 ribu Api SL…
Kowawawaoo….
Ogud malah lagi coba shell ax7 kok bunyi jegLekk gitu kalo nurunin giginya maupun pas masuk gigi. Gak begitu keras sih. Masih kenceng bunyinya waktu pake Oli sialan Yamalube dulu.
Mungkin karna gak ganti
filter olinya kali ya jadi kinerja olinya gak 100% gitu???
Suara berisik diblog mesin rada mendingan alias berkurang dikit.
Pak mit emang rata2 pikson kalo ganti gigi / nurunin gigi keras ya???
Saya pernah pake Shell AX7,oper giginya lancar2 aja.Kalo yang Yamalube gak bagus,kasar. Filter oli kudu rutin diganti (kalo gak salah tiap 9000 km). Filter oli yang gak pernah diganti,oli2 lama yang nempel disitu bisa kecampur dengan oli2 yang baru.Ini bisa menyebabkan performa oli sedikit menurun.
waduh..iso oleh prima xp sak galon (4liter)………
harganya ga cocok buat kantong mahasiswa, hikssss
kira2 cak mitra punya rekomendasi oli yang bagus tapi low cost?
Yang pernah saya coba Shell AX7 & Castrol Power 1. Harga keduanya antara Rp45-50rb. Performa juga lumayan.
Ya, pernah coba Castrol Power 1, tapi 1 bulan aja…. he…he
105rb, kualitas sebanding harga 🙂
kalo pake motul gantinya tetep per 2000 km om?
Bisa dipake ampe 2000 km tapi saya sih dari dulu sudah rutin tiap 1500 km.
om motul enteng ga buat harian
saya pake juga, penyusutan volume terlihat signifikan,200ml /bulan.mesti cepet ganti…
Ane pernah coba Castrol power 1 10w40…. sekarang ke Yamalube lg ah…. SAE 20w40, rekomen untuk vixion… he…he tapi rajin ganti filter lo…
Ane pake power1, mesin cepet dingin n tarikan enteng. 😆
saya pakai AX7 tarikan mantap di tengah atas, gampang cari 100KM/H selebihnya nyali ciut gak berani meluntir gas, xixixixi
tolong dibandingin donk sama shell advance, mungkin yg setara ester 5100 ada di shell advance ultra,
kalo bisa juga testimoni buat motul 3100 dibanding shell advance ax7
thx
Shell Advance Ultra https://blognyamitra.wordpress.com/2011/08/26/testimoni-oli-shell-advance-ultra-4t/
motor ane hsx 125 thn 2006…
tlong direkomendasikan kira2 oli apa yang cocok y
thx .
oli motul sangat cocok buat touring (karena penguapan oli minim)
Coba Gan pake oli Elf MOTO 4XT TECH 10W-50, kebetulan skrang ane lgi pake tuh oli di kawasaki athlete ane, dulu gonta ganti dari kgo kawak, ax7, repsol, idemitsu, spx 1 yg orange ampe shell advance ultra. Testimoni Elf ane itu hampir sama m testimoni Motul 5100 Agan plus naik turun gigi empuk banget, n siapa tau klo pake Elf moto 4xt tech kipas radiator vixionnya g akan nyala ato sering nyala berhubung spek viscositasnya ampir mirip ma standar manual vixion yg 20w-50.. harganya lumayan murah dibanding m motul 5100 n shell ultra, cuma 97.750 perak, tpi itu harga dari distributornya langsung (kebetulan jg ane kerja di distributor Total Oil n Elf Moto jdi beli cash langsung ke kantor hehe..), kalo dipasaran g tau berapa cuma rekomendasi dari distributor tuh oli harga eceran tertingginya 115.000..
Siiippp…thanks atas sharingnya mas bro… 🙂
u’r welcome bro, klo dah coba elf 4xt technya, di share ya reviewnya.. 🙂
gua kudu coba ne!!!!!!!!
Agan cak Mitra msh dpt aja Motul Ester 5100 buatan France,beli dimana ya…???ane beli dari taon kemaren udah buatan Vietnam..
Beli di toko TODA,Radio Dalam,Jaksel.
gan,,kira” bwt mootr NMP gw cocok gk yah pke oli motul,,,?? tolong di bantu ya,,
Cocok2 aja mas bro.
Apa dmpak negatif’a jika mt0r NMP mnggunakan oli motul ester 5100
Bung mytra,sya jga lgi nyobain oli ELF MOTO 4XT TECH sae 10w50,api SJ,JASO MA2,100% Synthetic di vixion sya!
Hasilnya,,,tarikan enteng 11 12 lah sama motul h tech,suara lebih halus,pindah gi2 empuk bnget,kipas radiator jarang nyala pkoknya ga nyesel beli ini oli ajib pzan!
Sya Beli nya d TODA kelapa gding,,harganya Rp110rb+dapet tas pinggang keren limited edition! Mantap lah pkoknya ini oli.
Sippp…thanks mas bro atas sharing pengalamannya 🙂
bro,ane mau tanya donk.. motor ane yamaha new jupiter mx 2012 manual kopling.. kira” oli yg cocok buat motor ane oli apa y..??
thanks y bro sebelumnya..;)
Pake oli yang SAE-nya 10W-40,pilihannya ada Shell AX7, Castrol Power1, BM1 dsb.Harganya dikisaran Rp40-50rb.
Ane pake kuda byson…darahnya MOTUL ester 5100 menurut saya biasa” saja tuh oli ,tp pas pake di 1000km terasa ringanya….trs pas di 1000km oli jg sdh mulai ke coklatan ( scr fungsi kaya nyabgus sbg pembersih )
BM1 pc 7200 5w-30….mesin jadi enteng… halus…. mak wussss…. gak kalah sama motul 5100
kalau oli duration bgmn testinya?
apa bedanya 5100 10W40 sama 5100 15W50 tlg saya
di bntu bro.thanks b4
Sifat oli,yg 10W-40 lebih encer ketimbang 15W-50.Oli yang lebih encer cocok buat mesin2 seperti Jupi MX, Vixion, CBR150, CBR250, Ninja250, Satria FU150 dsb.
untuk honda megapro th.2005, kira-kira pake oli apa yang cocok bro mitra…?
Bisa pake Castrol Power One ato Shell AX7. Pertamina Enduro juga bagus.
kalo misalkan pake oli castrol magnatec 10w-40 gmn…?
Castrol Magnatec buat mobil mas bro,saya belom pernah coba.Tapi kalo buat motor namanya Castrol Power One, ini ulasannya https://blognyamitra.wordpress.com/2011/12/27/review-oli-castrol-power-1-cukup-memuaskan/
ajibbb deh ester,ane pake mudik kem aren perjalanan 9 jam kaga ada maslah malahan motor dibawanya makin mantappp broo,,,mesti coba deh pkonya,,,saran pake pertamax lebihh yahut lagi……
Motul 5100 bisa untuk 10.000 km (pengalamanku)
di jambi ada ngga y, bengkel yg jual oli motul??
Teman2 pembaca ada yang bisa bantu ???
hmhm pengen nyoba,tapi gk ad di daerah saya
oli motul ester kalau di buat megapro 2005 gmana gan???
Tak ada masalah mas bro.
gan klo cbr 150 pke motul ester 15w50 bgus ga?
Rasanya kurang cocok bro, SAE 15W-50 agak kental,kurang pas dengan mesin CBR yang DOHC & berkarakter high performance.
Mas oli apa yg cocok buat mtor cbr 150cc,lbih bgus pke motul apa shell ax7
pengen nyoba oli motul ester atau shell tp masih inreyen, msh ada gratisan dari pabrikan Yamaha, eman2 kl ga dipake, ntar ah kl gratisan habis, gue coba deh
menurut bro mit, oli yg terbaik apa? ( ga peduli harganya )
Oli Motul ester 5100 10w-50 emang jarang dijual, kecuali di daerah elit, mungkin karena mahal. Di pinggiran jakarta seperti bogor biasanya habis karena mereka stok gak banyak. Kecuali kalo cari di bengkel2 tempat elit seperti daerah haji nawi, menteng, kebayoran baru/lama dll…
Mas saya mau tanya,motor saya Yamaha Scorpio Z 2007,menurut mas yang bagus pakai oli yang SAE berapa ya,,,,,,? Terus merk apa ya,,,,? Mahal gak masalah,yang penting bagus buat mesin,,,,thk’s
Pake Shell AX7 ato Castrol Power 1.Saya udah coba dua merek itu, hasilnya cukup bagus (motor Vixion).
Waduh,,,,klo yg itu dh prnh sy coba Mas,tp kurang cocok dg karakter msn Pio sy,suara jd ksar,msn pnas,trus klo jrk jauh ( +_ 150 km ) perpndhn gigi jg nyntak Mas,sbnrny mw coba Motul,tp kok di Medan susah di cari ya,,,? Barangkali Mas bsa ksh pncrhn,,,?
Pake Respsol 10W-40 ??? saya belom pernah nyobain sih. Ada yang bisa bantu ???
pengalaman pribadi saya. 10 – 40 terlalu encer. buat pio . apalagi sering jalan jauh. cepet panas. beda kalo buat vixion yg sudah aplikasi radiator. kalo 20 – 40, sesuai standart yamalube, tapi menurut aku tarikan kurang. so, ambil tengah nya 15 – 40 / 50. merek apa aja. tapi yg bagus yg semi syntetis. API SL / SM. contoh: motul 5100 15-50. harga di semarang 87.500. speed dapet suara ndak terlalu kasar. jarak jauh oke. saya pakai di tiger revo. saya sudah coba mpx, castrol power1, ax7, tapi mesin kasar.terlalu encer untuk mesin desain lama (SOHC, pendingin udara ) walau speed dapet. tapi kasian motor. ndak tegaan aku orangnya.ada lagi shell ultra. harga 137.000,- tapi saya rasa mesin masih kasar walau tarikan ok. dan masa pakai bisa lebih lama. so. saya recomen motul 5100 ester.
Uda ada yg pernah nyobail oli aral bule tonic 10-40 ga? Pls review nya
nambahin lagi om, shell advance ultra, buat yang pengen akselerasi maksimal dari motor kesayangan, ya memang, harga tidak menipu, skitar 200an lebih klo ga salah, maklum beli dah 2 tahun lalu, iseng pengen nyoba dan works !! pengennya ngegas aja klo jalanan lagi lengang 🙂
Shell Advance Ultra udah pernah nyoba https://blognyamitra.wordpress.com/2011/08/26/testimoni-oli-shell-advance-ultra-4t/
harga emang gak bohong,tapi dompet biqin jebol xixixi…
hahaaa udah dibahas yah, hihi ketauan deh anak baru dimari 😀
iya om, emg mantep, cuma kalo buat rutin belinya bisa nangis jg sih, mahal, hahahh.. nice info om !
Kalo repsol yg prnah sy coba repsol moto super sae 20w 50 tp msin panas bgt,klo yg sae 10w 40 blm prnh coba Mas,prnh jg pkai Unioil 4t chalenger sae 20w 50 tp klo sdh 1 bln kok g enak,top speed jd turun, mo coba Motul ester 5100 sae 15w 50 tp di Medan-Sumut kok susah dapet nya,tlg donk bro2 yg ada di sumatera,muhun bntuan nya,dmn sy bisa psn/beli oli Motul,,,,?
Rekan2 pembaca khususnya yang berdomisili di Medan ada yang bisa bantu ???
Saya dari medan mas widodo,,mas mau beli oli motul kan..???
didaerah jalan mesjid mas widodo..:D
Suhu kerja ideal mesin adalah antara 50-80 derajat celcius,di rentang suhu tersebut mesin akan bekerja maksimal,di luar itu mesin akan NGAMBEK.oli syntetic SAE encer memang dirancang buat rpm tinggi,namun kelemahannya gak cocok buat harian atau jarak pendek dan gak cocok juga buat mesin torsi tinggi,oli ini mudah menyerap panas mesin namun gampang banget ademnya,kalo di bawa jalan macet bisa over heat lantaran pompa oli gak terlalu muncrat membilas komponen dan gak kena angin,mintanya geber terus biar oli terus membilas mesin.oli encer itu dalam hal melumas sebenarnya kurang baik pada rpm rendah,yang membuat harganya mahal adalah ketahanan aditivenya dalam jangka panjang.jadi oli encer cocok buat rpm tinggi dan touring jarak jauh karena dengan rpm tinggi oli akan terus muncrat membilas komponen dan juga gampang dingin tentunya di bantu pendinginan udara.tipe oli ini tidak masalah kalo mesinnya panas,asalkan rpm nya jangan rendah dan harus dalam keada’an kendara’an terus berjalan.
Beda lagi kalo mau pake harian, cukup yang oli mineral SAE Kental,itu sudah lebih dari cukup untuk pergi dan pulang kerja dalam kota.selain cocok buat jarak pendek,juga tahan suhu panas putaran rendah pengap pengapan tanpa kena hembusan angin dan mesin torsi tinggi.kelemahannya gak pantes buat rpm tinggi karena titik didihnya yang tinggi,yang ada kalo do geber rpm tinggi bisa overheat karena titik didih olinya yang tinggi.dan juga sifat oli tipe ini yang lama banget dinginnya (nyimpan panas),kalo di bawa jalan jauh bisa mati berdiri tu mesin.
….sambungan.
patut di ketahui juga tentang sifat sifat oli pelumas seperti berikut;
OLI SAE encer 10w-40 atau lebih encer adalah oli yang sifatnya mudah menyerap panas mesin pada bagian yang dikenainya,kemudian mudah pula melepaskan panas mesin,yaitu dengan cara melalui pompa oli yang terus membilas seluruh permuka’an mesin,dengan begitu oli encer akan menyerap panas pada bagian terpanas mesin yang di kenainya dan akan melepas panas pada bagian yang komponen yang lebih dingin yang tentu saja harus di bantu oleh pendingin liquid dan juga angin.jadi oli ini cocok buat rpm tinggi dan jalan jarak jauh dengan hembusan angin.tapi kalo di bawa buat jalan macet,jalan santai,angkut berat berat,mesin torsi tinggi,yang ada malah jebol.
OLI SAE Kental adalah tipe oli yang lambat menyerap panas dan juga lambat dingin,akibatnya suhu ekstrim pada ruang bakar tidak dapat tersalurkan dengan cepat pada bagian part mesin yang dingin,jadi oli tipe SAE Kental gak cocok buat di geber atau touring luar kota atau jalan jauh.namun sangat cocok buat motor commuter alias pergi ke warung,antar anak,pergi kerja,pulang kerja.karena dengan pemakaian jarak pendek,kondisi mesin akan tetap HANGAT karena oli kental yang sifatnya menahan panas dan suhu mesin akan selalu dalam keada’an ideal.jadi oli kental kalo di pakai harian sangat baik.
shell advance ax7 itu jenis apa bro ?
kok tarikan motor saya jadi tambah berat ya setelah >300km ?
apa vixi itu gak cocok pake oli gituan ?
Setelah menyimak perbincangan yg sangat bermanfaat ini,ada beberapa hal yg mw saya tanyakan kepada sesepuh2 diatas ini,
Saya pengguna yamaha byson 2011,spesifikasi oli standar yg disarankan 20W-40. Setelah servis gratis 2x (free oli yamalube) servis berikutnya saya ganti dgn BM1 PC5000 15W-50.
Permasalahan sebenarnya sy alami ketika msh awal2 penggunaan oli yamalube dengan bbm pertamax,setiap pagi pad saat start awal,ujung knalpot mengeluarkan asap putih berbau khas pertamax (sedikit,tidak pekat),awalny saya pikir wajar krn br pertama dinyalakan..
Selang beberapa bulan,sy perhatikan ketika motor d pinjam tmn untuk test ride,ketika gas ditarik knalpot mengeluarkan asap yg sama.namun tdk saya anggap serius.
Skg sudah 1tahun lebih usia motor,dan sya turun pangkat pakai premium sejak kenaikan bbm non subsidi,pagi tadi 13/11 motor saya starter,asap putih itu ttp ada,ketika saya gas (kondisi blm panas) semakin banyak asap tp tidak pekat dan berbau bahan bakar,bukan berbau seperti piston lecet dan hal ini sy anggap sudah tidak wajar untuk motor yg br berusia 15rb km 1.5tahun.
Pertanyaan saya :
1.Apakah oli yg saya gunakan masih wajar tingkat kekentalan dan penguapannya?? BM1 PC5000 15W-50 (standar pabrik 20W-40),penggunaan dalam kota cuaca panas dan sesekali kena macet (surabaya). 1minggu +- jarak tempuh 250-300km
2.Apakah asap yg timbul itu karena penggunaan oli yg tidak sesuai anjuran?? (Dulu jupiter Z saya kasih PC1000 aman2 saja,tarikan enteng,mesin awet)
3.Jika tidak sesuai,mohon saran oli yg cocok untuk motor saya (harga menengah ke atas).
4.Mungkin ad biker lain yg pernah mengalami hal serupa,terutama pemakai byson,gmn solusiny.
Sekian dan terimakasih,maaf pertanyaan sy banyak dan panjang.krn sy betul2 awam untuk urusan mesin.
yups .. emang mantap nih oli…
Bos, ane punya mtor baru tiger kluaran 2012, cocoknya pake oli apa ya..?? klo motul yg apa..?? tx
Bisa pake Shell Ultra AX7 ato Castrol Power1.Pake Motul 5100 juga bisa.
Kereen ini Oli.. Jadi bingung mau nyoba yang mana dulu yaa,,Shell Advance ax7 dulu apa langsung ke Motul Ester 5100 yaa..
Hmmm…ane tetep setia sama Duron E-Xl punya Petro Canada.. 🙂
mantap Duron long time jg hehehe…
Kalo saya pake MOTUL 3100 GOLD 15w 50 di yamaha crypton… hehehehe..
Mau nnya dong kalau mau beli motul itu dmna ya di jakarta untuk ninja fi 250? Abis itu beli motul merk yg apa msih blm ngrti oli hehe,trima kasih and last saya pakai hanya untuk pergi kuliah sktr pp 40 km jdi cocok yg mana mohon dinrekomendasikam ya guys thanks bet
Toko Oli TODA Racing,di Jl. Radio Dalam,Jaksel.
amx motor, aja Broo…
jualan produk oli nya lumayan banyak.
motul 5100 apakah cocok untuk pemakaian motor klx250 yang basicnya pemakaian untuk ngetrail
Cocok aja mas bro.
motor ane jup mx 2009 kopling. make blog vixion n berkarbu Mikuni VM 26 biasa perjalanan jauh klwr kota.
kira” oli yg cocok buat motor ane oli apa y dan ga cpt haus untuk seer n nokes as nya..??
thanks bray sebelumnya..;)
Pake blok Vixi berarti cc udah naik 150cc.Kalo udah modif mesin kayak gitu hrs diimbangi pake oli yg bagus jg.Pake Motul,Shell ato Castrol jg bisa.
motor saya honda cs 1 cocok ga.pake oli motul ester 5100
cocok aja koq mas bro,apalagi teknologi mesin CS1 cukup mumpuni,tentunya butuh oli yang oke juga dunk 🙂
smua oil pnya keunggulan beda” brow,, tp motul lebih dominan pada performa n tarikannya
,,
ninja ane tambah nendang shob jd mau lg top speed 180, thanks ya . . . .
tendang 😀
untuk jupiter z 2009(burhan) cocok yg SAE berapa bro mit?thx
SAE 20-50 sudah cocok bro…
motul yang sae 20-40 ada g ya brow?
terus harga nya brp?
Om buat honda new honda tiger revo 200cc thn 2012 pake oli apa ya yg dibawa ngebut dan pas untuk jalanan macet dijakarta? Saya pake repsol tarikan gabanget deh. Tlg saran dong om 😦
Coba pake Shell AX7 ato Castrol Power 1 mas bro,sapa tau cocok.
Permisi. Ane niubi pemakai tirev’13. Kl standar oli mesin tirev ini sae 10w-30, & memang ngk nyaman jika ketemu kemacetan Jalan2 Jabodetabek di jam2 produktif. Cepet banget berasa panas dibag. Betis dan tapak kaki tembus smp kaos kaki dan sepatu.
Kl ane nyimak topik, dari semua tulisan, ane bingung dgn oli mesin referensi yang ideal, & cukup merawat kondisi mesin tiger ataupun otor laki2 yg 150cc keatas, kekentalan oli mesin yg cocok utk.kondisi / kultur jalan ibukota apakah sae 10w-40/ 15-40 / 20-50?
Lalu tepatnya lagi brand dan apa namaya untuk menjawab ha tersebut
Mohon dibantu oleh om2 semua ini yg lagi dan pernah unya tiger?
Terima kasih.
Kalo menurut saya oli tiger pas-nya pake yg SAE 20-50 alasannya spek mesin Tiger masih sederhana,berbeda jika spek mesinnya kompleks seperti CB150R,disarankan pake oli yang lebih encer (SAE 10-40).
motul 5100 ester 15w-50 di jupe mx 2008 mesin performa bagus untuk jakarta yg macet dan mesin mx yg terkenal suara ngorok tidak terlalu berisik tapi harus di imbangi minum pertamax kalau premium ngorok suka timbul ajjjjiiibbb dahhh motul 5100 ester..
.mas, motor saya yamaha vixion yang keluaran baru …
.mau tak pake in oli shell advance ax7, gimanah cocok apa nga .. 🙂 makasih
Pake Shell Advance AX7 cocok mas bro 🙂
Kalo diavel cocoknya pake oli apa ya ?
Pake Shell Advance Ultra bro…
saya pake oli oli repsol moto rider 15w50 untuk vixion ane kr2 cocok ga? mhn sheringx.. kalo gak cocok ane mo nyoba motul ester 5100
Belom pernah nyoba yg tipe itu, baru nyobain yg ini https://blognyamitra.wordpress.com/2012/12/13/ooohhh-begini-toh-rasanya-oli-repsol-moto-4t/
mas bro saya punya shogun 125 udah bour up kalo pake oli motul yang 5001 kira kira bagus ap ngga ya
Kalo mesin udah di boreup (tenaga naik) tentu butuh oli yang bagus juga kan bro, jadi pake oli Motul tdk ada masalah.
mas bro, motor saya tiger 2004, kira” oli yang cocok apa ya?…
Buat Tiger pake oli yg rada kental mas bro, SAE 20W-50, mereknya bisa pake apa aja.
Apa dmpak negatif’a jika mt0r NMP mnggunakan oli motul ester 5100
Gak ada mas bro, boleh koq NMP pake motul ester 5100…
Misi om,kalau oli yg cocok untuk HSX 125 cw ( biasa ) apa yah ? lalu gantinya berapa bulan sekali ? dan apa yg harus di ganti rutin selain oli aja ? makasih om mit 🙂
Utk HSX125 saran saya pake oli mesin dgn kekentalan SAE 20W-50,merek bisa pake produk Pertamina, Shell, Castrol dsb.Ganti oli sebaiknya setiap kali service (3000 km).
misi boss, mo tanya kalo oli yg cocok untuk ax125 oli merk apa ? untuk pemakaian harian dgn jarak tempuh +/- 30 km & banyak tanjakannya, terima kasih sebelumnya…
Mas brow,kalau motor CB150R itu oilnya yang cocok apa??motul 5100 apa bagus buat si cibi
Pake motul 5100 juga bisa bro. Ada jg pilihan lain seperti Shell Advance AX7, Castrol Power 1 ato Total Perform.
Kalau enduro 4t racing gimana??kalau motul yg kekentalannya 10W 40 sama 15W 40 bagusan mana? Trus bedanya yg gold sama ester itu apa?terimakasih
Enduro 4T racing belom pernah nyoba bro. Kekentalan SAE 10W-40 dengan 15W-40 bagusan mana ??? keduanya tidak bisa dibandingkan karena tingkat kekentalan menyesuaikan kebutuhan mesin. Mesin modern saat ini dimana banyak part2 kecil butuh kekentalan oli yang cenderung encer agar oli bisa melumasi dengan baik ke seluruh mesin. Mesin2 jadul dimana part2 kecil belum begitu banyak tidak perlu oli yang cenderung encer.
untuk YAMAHA JUPITER Z1 kira2 oli motul ini bagus gak yaa???trima kasih
Cocok mas bro…
Msi om. Mau nanya ni ymaha pio 2007 baeknya pke oli SAE brp?. Ni bru mw nyoba. Motul. Bgusan yg 3100 gold / 5100 ester. Thank om.
Pake SAE 10W-40 juga bisa bro.
kalo buat satria yang masih baru cz di bawah 1500 km, oli yang cocok ap ndan???
pengen nyoba motul ester 5100 tapi masih ragu…
skrang gue pake shell helix tapi mesin agak kasar….
tlong saranya ndan…. thanks
Motor honda cb150r pake motul ester 10w-50 bagus gk bro buat harian kadang touring perjalanan jauh?, bbm selalu pertamax
mantabs om tarikan motor pake motul 5100..
td jam 11siang ane ktemu sesama new vixion,cmn tuh orn lg dh gnti knalpot racing..
dye narik dluan, d pertengahan jalan d ksh angin doang sm motor ane yg msh standar ting ting gini puas bgt pk nih oli..
recomended deh hehehe
padahal bensin ane msh premium blom d ganti shell v-power/total 95 hahaha
gan… motor ane jupiter mx 2009 no kopling…pengen coba oli motul ester 5100 cocok ga ya? ane pake buat kerja aja pulang pergi 50 km jalanan agak macet. ditempuh kurang lebih 1 – 1,5 jam hehe. gimana gan cocok ga yaa?
cocok2 aja koq gan 🙂
kuda besi ane gan cbr150r ane dah coba oli motul 5100 ester dan memang untuk tarikan jauh berbeda dan mantap dengan oli yang pernah ane pake..pertanyaan saya :
1. jarak tempuh kerja 89km/hari apakah
2. dengan motul 5100 ester 10w40 apakah cocok dengan type si motor?
sebelumnya terimakasih atas informasinya,blog ini sungguh bermanfaat bagi bykers yang sayang kuda besi…terimakasih
misi gan, motor saya cbr 150 fi thailand, utk mesin cbr sebaiknya pakai motul ester 5100 10w 40 atau 15w 50 ya? terimakasih..
Gw udah coba motul 5100 yg di review ini.
Pengalaman gw sesuai review… Tarikan atas mangtabs.
Tapi….. Lewat 1500 km si Motul udah nyerah…
Nah gw skrg pake Duration (sekalian krn gw distributor)
Pertama dicoba ke Jupiter MX kopling kesayangan ane, ga ada yang spesial dari oli ini. Tarikan lebih enak dari AX7 apalagi Yamalube, tp masih di bawah motul ini.
Makin dicoba makin berasa enaknya.
1. Kipas mesin jadi jarang nyala.
2. Tarikan terus enak sampe 2500 km. Daya tahan jauh di atas motul.
3. Gw pake ini oli sampe 4500 km belum berasa berat. Walau gt ya ganti lah udah jauh… Gw ganti oli tiap 3000km, itu pun udah ga enak dari 2500 km kl oli lain.
Kl minat mau beli oli duration, hubungi ane di email yappy.benedict di gmail.com (kurang lebih 96rb COD Jakarta buat oli motor non matic, 1L)
Bro… kalo Beat FI bisa kaga pake motul…
Om oli yg cocok buat yamaha scorpio apaan yah. Os : 50.karbu pe, bahan bakar pertamax, pemakaian kerja kadang2 suka jalan jauh/touring.
Berhubung mesin bro Nanang sudah dimodif, sebaiknya pake oli yang bagus. Pake Motul Ester ato Shell AX7 sudah cukup bro.
pakai shell helix hx7 juga bagus tarikan mesin ringan, mesin gak cepat panas, ganti olinya pun bisa >=2.000km
Kalo ane setianya pake yamalube super sport gan motor ane vixi advance mantep dah kan udah ada logo nya yamaha motor nya yamalube oli nya cbr150r aja pidem oleh motor ane
motul ester 5100 SAE 10-40 dah jadi minuman pasti ayam jago satria fu ane bro,dah setaon ane pake ga pernah ada kendala berarti…si jago dah ngaprak ke lampung,bandung,cikatomas tasikmalaya,cisaga ciamis,pangandaran,jateng pun mampir…
dah ga pengen ganti oli laen..lagian di bogor tempat ane tinggal msh bnyak nd ga susah cari’a..harga terakhir ane beli 160rb,pengen terus kerasa nikmat’a ganti stiap 1.500 km…
kendala terberat mtor kejebak banjir,nd harus ngandang 4 jam buat benerin’a…
yang pasti apapun oli’a yg pnting jangan ampe krendem aer dah…
Motor ane CBR 150 R.. Temanya Repsol (Widiiihh), di mesin ada stiker gunakan AHM oil (Bikin bingung aja -_-).. Nyoba Repsol malah gak asik malah berat, pake AHM Oil tarikan joss tp klotok2 krna encer kali yah.. Nyoba deh Motul Ester 5100.. Performa mantaaap! Cm harganya asoooyy 145rb/btol 1L ane pake aampe 5000km masih joss, karena mahal jd pindah deh pake sodaranya Motul H-Tech 100 110rb/btl 1L, perform sama aja cuy!. Cm life time aja yg sedikit lebih short 4000km aja.. 🙂
Hanya Testimoni aja.. Hehehe
Bang oli motul ini kalo dipake untuk yamaha r15 bagus ga sih? Minta reviewnya dong siapa yang udh r15nya pake oli motul
Bagus gan. Saya pake di Vixion tarikannya mak nyusss. Dipake di R15 gak ada masalah, kan basic mesinnya mirip.