25
Jan
12

Pasal Berlapis Yang Siap Menjerat Pengemudi “Maut” Afriyani Susanti…!!!

Afriyani Susanti (29) sudah jadi tersangka. Bawa mobil ngebut ampe 100 km/h, nabrak pejalan kaki hingga menewaskan 9 orang, gak punya SIM, STNK gak bisa nunjukin, mabok pula gara2 habis mengonsumsi sabu2. Pelanggaran yang sangat berat karena bakal dikenai sanksi yang ada di 2 (dua) UU sekaligus yakni UU no.22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas & Angkutan Jalan serta UU no.5 tahun 1997 tentang Psikotropika.

UU no.22 tahun 2009

  1. Pasal 281 “Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor diJalan yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 77 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 4 (empat) bulan atau denda paling banyak Rp1.000.000,00 (satu juta rupiah).”
  2. Pasal 283 “Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain ataudipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkangangguan konsentrasi dalam mengemudi di Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).
  3. Pasal 284 “Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor dengan tidak mengutamakan keselamatan Pejalan Kaki atau pesepeda sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).”
  4. Pasal 286 “Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor beroda empat atau lebih di Jalan yang tidak memenuhipersyaratan laik jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).”
  5. Pasal 287 ayat 5 “Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang melanggar aturan batas kecepatan paling tinggi atau paling rendah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (4) huruf g atau Pasal 115 huruf a dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).
  6. Pasal 288 ayat 1 “Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotordi Jalan yang tidak dilengkapi dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor yang ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (5) huruf a dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda palingbanyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).”
  7. Pasal 310 ayat 4 “Dalam hal kecelakaan sebagaimana dimaksud pada ayat (3) yang mengakibatkan orang lain meninggal dunia, dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp12.000.000,00 (dua belas juta rupiah).”
  8. Pasal 311 ayat 5 “Dalam hal perbuatan sebagaimana dimaksud pada ayat (4) mengakibatkan orang lain meninggal dunia, pelaku dipidana dengan pidana penjara paling lama 12 (dua belas) tahun atau denda paling banyak Rp24.000.000,00 (dua puluh empat juta rupiah).”

UU no.5 tahun 1997

Pasal 62 “Barangsiapa secara tanpa hak, memiliki dan/atau membawa psikotropika dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan pidana denda paling banyak Rp. 100.000.000,00 (seratus juta rupiah)”

Kalo ditotal ancaman hukuman maksimalnya 4 bulan + 3 bulan + 2 bulan + 2 bulan + 2 bulan + 2 bulan + 6 tahun + 12 tahun + 5 tahun = 24 tahun 3 bulan…!!!

Hukumannya udah setimpal ato belum ??? monggo dikomentari…


18 Responses to “Pasal Berlapis Yang Siap Menjerat Pengemudi “Maut” Afriyani Susanti…!!!”


  1. 25 Januari 2012 pukul 10:37 am

    nih ada lagi:

    Pasal 311 ayat 5 “Dalam hal perbuatan sebagaimana dimaksud pada ayat (4) mengakibatkan orang lain meninggal dunia, pelaku dipidana dengan pidana penjara paling lama 12 (dua belas) tahun atau denda paling banyak Rp24.000.000,00(dua puluh empat juta rupiah).

  2. 25 Januari 2012 pukul 12:10 pm

    modyar ae ben ra kokehan ragad Cak…

  3. 25 Januari 2012 pukul 12:40 pm

    hukum matii… itu yang di harapkan warga kita

  4. 25 Januari 2012 pukul 12:41 pm

    Belum

    Kematiannya dikalikan 9 dong

  5. 25 Januari 2012 pukul 12:45 pm

    Kalo ditotal ancaman hukuman
    maksimalnya 4 bulan + 3 bulan + 2 bulan +
    2 bulan + 2 bulan + 2 bulan + (6 tahun x 9 = 54 tahun) + (12
    tahun x 9 = 108 tahun )+ 5 tahun = 168 tahun 3 bulan…!!!

  6. 12 Dismas
    25 Januari 2012 pukul 3:52 pm

    Wah, wah, mesakno yoan… hahaha…😀

  7. 14 gatotkoco
    26 Januari 2012 pukul 11:44 am

    25 tahun…….
    btw biasanya disunat tuh hukumanya, biasalah hukum kita…..
    paling-paling gak sampae 2 tahun….
    asal punya duit sih….. gmn sih pengadilan di negeri ini, sdh pada tahu khan….?

  8. 26 Januari 2012 pukul 1:44 pm

    Hukum seumur-umur sampe ajal menjelang. Biar matine pelan-pelan, 9 nyawa=pembantaian.

  9. 17 Rollerman
    26 Januari 2012 pukul 8:19 pm

    kalo buat keluarga korban sih hukuman segitu gak setimpal,nyawa dbayar dg kurungan ato denda.

    kalo dliat secara HAM sih yaa udah pantas (sok2an ngerti HAM.haha)

    biar bisa rasain tuh tua dpenjara

    • 18 de
      3 April 2012 pukul 2:40 pm

      @rollerman setuju banget..adil bukan adil yang berlaku semua tapi adil dalam hukuman….biar dia tua di penjara,enakbanget dia mati….biar dia di kejar2 rasa bersalah.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Januari 2012
S S R K J S M
« Des   Feb »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,488,226 hits

Twitter

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 378 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: