24
Jan
12

Sedikit Mengenal Fitur Keselamatan Pejalan Kaki…

Beberapa fitur keselamatan seperti side impact beam, air bag, ABS (Antilock Brake System), EBD (Electronic Brake Distribution), BA (Brake Assist), seat belt 3 points dsb lazim ditemukan pada mobil2 masa kini. Fitur2 tadi tentu saja meningkatkan keselamatan & meminimalkan cedera yang diderita oleh para penumpang.

Kini teknologi sudah berkembang, keselamatan tak hanya ditujukan kepada pengemudi & penumpang tapi sudah mengarah ke pejalan kaki. Dipelopori oleh produsen2 mobil eropa yang mendesain bentuk bodi mobil agar dapat meminimalisir cedera yang dialami oleh pejalan kaki. Paling sederhana kita lihat saja desain mobil bagian depan saat ini. Lekukannya sudah semakin membulat, tak ada lagi bentuk mengotak. Bumper yang dulunya menonjol sekarang sudah menyatu dengan desain bodi. Desain ini tak hanya bertujuan meningkatkan aerodinamis tapi juga mencegah cedera parah pedestrian jika terjadi kecelakaan. Tahu tanduk (bullbar), asesoris yang biasa nempel di tanduk di negara2 maju sudah tidak diperbolehkan lagi. Denda besar siap dikenakan jika ada yang menggunakannya.

Selain desain, material bodi juga menjadi bagian penting. Kap mesin (engine hood) & pilar A (pilar bodi bagian depan)  menggunakan material yang sanggup menyerap energi benturan. Di samping itu juga batang wiper otomatis akan lepas jika terjadi benturan atas perintah sensor2 yang terdapat di sekitar kap mesin. Yup…batang wiper yang masih nempel sangat riskan menusuk badan manusia.

Setelah hadir di produsen2 mobil eropa, fitur keselamatan pejalan kaki juga mulai diikuti oleh produsen2 dari negeri Amerika, Jepang hingga Korea. Crash test di beberapa negara maju tak hanya mempertimbangkan keselamatan penumpang tapi juga pejalan kaki.

Toh secanggih apapun mobil, pengemudi tetap memegang peranan penting. Tul gak … ???


7 Responses to “Sedikit Mengenal Fitur Keselamatan Pejalan Kaki…”


  1. 24 Januari 2012 pukul 12:40 pm

    Pedestrian sendiri juga tetap harus terjaga ruangnya.
    Naghh, di Indonesia pedestrian malah diambil alih untuk PKL, Parkir … itu harusnya ditindak tegas

  2. 24 Januari 2012 pukul 12:42 pm

    tapi XENIA belum yah
    apalagi tanpa STNK
    tanpa SIM
    tanpa kesadaran

  3. 24 Januari 2012 pukul 5:17 pm

    betulllllllllllllll itu cuman alat transportasi……..yang megang kendali yak Manusia…………..

    http://beckhem.wordpress.com/2012/01/24/belajar-stir-mobil-di-natuna-kediri-pertemuan-ke-1/

  4. 7 Rollerman
    24 Januari 2012 pukul 9:11 pm

    waduh,kalo itu sih buat mobil kelas DEWA aja neh,mobil sekelas Innova,Avanza dll sih gak pakai


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Januari 2012
S S R K J S M
« Des   Feb »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,488,226 hits

Twitter

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 378 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: