20
Jan
12

Tanda Bulat Pada Ban…Bukan Sekedar Hiasan Tapi Ada Artinya Mas Bro…!!!

Perhatikan tanda bulat berwarna merah pada ban...

Bentuknya bulat… warnanya bisa kuning, merah ato biru…tergantung dari masing2 pabrikan. Ketika membeli ban baru baik motor maupun mobil biasanya akan ditemui tanda seperti itu. Yuppp…itu bukan sekedar hiasan ato apa tapi merupakan simbol balance. Nah apa pula itu ???

Simbol balance merupakan patokan ketika memasang ban agar titik itu sejajar dengan pentil ban. Kenapa harus sejajar ??? karena merupakan titik paling ringan dari tiap ban. Dan di tempat itu pula posisi pentil harus sejajar karena pentil ban merupakan titik berat dari ban.

Jika tidak sejajar bagaimana efeknya ??? di kecepatan tinggi kendaraan kemudi agak bergetar karena ban tidak balance. Selain itu jika ban melakukan ritual balancing membutuhkan lebih banyak timah balancing. Nah begitulah penjelasan si montir ketika saya memasang ban Pirelli pada si Vixi (artikelnya ini).

Semoga bermanfaat…

Iklan

19 Tanggapan to “Tanda Bulat Pada Ban…Bukan Sekedar Hiasan Tapi Ada Artinya Mas Bro…!!!”


  1. 3 Dismas
    20 Januari 2012 pukul 7:32 am

    Woh, nice info… Baru tau saya… Ah, ntar tak liatnya, hehehe 😆 .
    nitip mas ➡ http://dizmaz.wordpress.com/2012/01/20/mbak-ini-jalan-perumahan-bukan-sirkuit-jangan-ngabisin-jalan/

  2. 4 Risang Sargo
    20 Januari 2012 pukul 8:07 am

    Nais ingpoh, Oom Myt…

  3. 6 penggemar ninja
    20 Januari 2012 pukul 1:44 pm

    baru tau…nice info bro..

    btw klo tubless juga sama.?

  4. 20 Januari 2012 pukul 7:31 pm

    arep difoto, dipoles dulu, apik apik apik

  5. 21 Januari 2012 pukul 12:03 am

    lah kalo ban tubeles tp pake ban dalem gmn?

  6. 21 Januari 2012 pukul 12:06 am

    sip… tak lihate punyaku pas nggak? 😀

  7. 21 Januari 2012 pukul 5:05 am

    mantep informasinya Mas Om…

  8. 18 Lukmanul Hakim
    26 Januari 2015 pukul 6:25 am

    Pake Ban Tubeless + Tire Sealant = Gak Ngefek

    Maksudnya biar pun tanda itu sudah disejajarkan sama dop di velg tetep aja gk balance karena ada cairan/gel Tire Sealant didalam ban tubeless.

    Apa kabar ban Tube Type yg kalo bocor mesti bongkar ban ?, tu tanda bakalan ilang seiring pemakaian, jadinya gk tau lagi yg mana yg harus sejajar pentil 😀

    Oh ya mengenai balanceing gini baru terasa ngefek kalo kecepatan tinggi aja kok, dengan indikasi ada getaran dari ban yg gk balance. Penting atau tidak itu kembali lagi ke pemilik 😀

    Kalo menurut ane sih gk penting, buat harian ini :D, buat balap?, penting 😀

  9. 19 Lukmanul Hakim
    27 Januari 2015 pukul 11:39 pm

    Ban motor ane tubless, sejak ban nya baru dipasang sudah disejajarkan tanda putih di side wall ban dgn pentil, tapi gara2 ban kena paku dan ane gk tau akhirnya tekanan ban berkurang hingga sisa 10 psi, alhasil ban bergeser dan marking itu pun gk sejajar lagi,, pengen ane sejajarin lagi tp udh terlanjur diisi tire sealant (berwujud cairan kental),,,,

    Dan tau gak,, gk ngaruh tuh,,, gk getar, lah motor ane top speed cuma 120 kmpj di standar tengah dan 100 kmpj – 110 kmpj on the road,,,, Walau mulai getar pas mencapai 110 kmpj tp gk terus2an juga di speed segitu, maklum jalan raya, jalan bersama, bukan sirkuit, bukan balapan,,, dapet 90kmpj aja udh ada mobil didepan atau jembatan, wkwkwk,,,

    Apalagi kalo pake cairan penambal ban otomatis (tire sealant), kagak perlu disejajarin, ban pasti gk balance walau disejajarin atau dibalancing pake timah pemberat, soalnya cairan itu akan mengikuti gerak sentrifugal dan bikin ban unbalance, motor sport apalagi moge gk recommended pake cairan gituan, mending pake rhino aja (fungsi sama tapi beda wujud),,,

    Bebek user, matic user, gk usah repot2 balancing ban deh, bikin ribet aja, hahaha,,,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Januari 2012
S S R K J S M
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 8.491.948 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabung dengan 391 pelanggan lain

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: