Bentuknya bulat… warnanya bisa kuning, merah ato biru…tergantung dari masing2 pabrikan. Ketika membeli ban baru baik motor maupun mobil biasanya akan ditemui tanda seperti itu. Yuppp…itu bukan sekedar hiasan ato apa tapi merupakan simbol balance. Nah apa pula itu ???
Simbol balance merupakan patokan ketika memasang ban agar titik itu sejajar dengan pentil ban. Kenapa harus sejajar ??? karena merupakan titik paling ringan dari tiap ban. Dan di tempat itu pula posisi pentil harus sejajar karena pentil ban merupakan titik berat dari ban.
Jika tidak sejajar bagaimana efeknya ??? di kecepatan tinggi kendaraan kemudi agak bergetar karena ban tidak balance. Selain itu jika ban melakukan ritual balancing membutuhkan lebih banyak timah balancing. Nah begitulah penjelasan si montir ketika saya memasang ban Pirelli pada si Vixi (artikelnya ini).
Semoga bermanfaat…
Sip,baru tahu
sip sip
http://pertamax7.wordpress.com/2012/01/20/diy-pasang-relay-untuk-headlamp-sepeda-motor/
Woh, nice info… Baru tau saya… Ah, ntar tak liatnya, hehehe 😆 .
nitip mas ➡ http://dizmaz.wordpress.com/2012/01/20/mbak-ini-jalan-perumahan-bukan-sirkuit-jangan-ngabisin-jalan/
Nais ingpoh, Oom Myt…
ouw gitu……
baru tau…nice info bro..
btw klo tubless juga sama.?
Itu tubeless mas bro, kalo yang tipe tubetyre (pake ban dalam) saya kurang tahu persis.
woh..baru tahu saya.. 😀
http://tovavanjava.wordpress.com/2012/01/20/review-jaket-respiro/
Info yang menarik :
http://www.pantonanews.com/beranda
numpang parkir Om
http://tigeritem.wordpress.com/2012/01/20/memperbaiki-aki-kering-sendiri/
Monggo…
arep difoto, dipoles dulu, apik apik apik
Hehehe…udah seminggu tunggangan belom dimandiin
lah kalo ban tubeles tp pake ban dalem gmn?
sip… tak lihate punyaku pas nggak? 😀
mantep informasinya Mas Om…
nice info
baru tau
Pake Ban Tubeless + Tire Sealant = Gak Ngefek
Maksudnya biar pun tanda itu sudah disejajarkan sama dop di velg tetep aja gk balance karena ada cairan/gel Tire Sealant didalam ban tubeless.
Apa kabar ban Tube Type yg kalo bocor mesti bongkar ban ?, tu tanda bakalan ilang seiring pemakaian, jadinya gk tau lagi yg mana yg harus sejajar pentil 😀
Oh ya mengenai balanceing gini baru terasa ngefek kalo kecepatan tinggi aja kok, dengan indikasi ada getaran dari ban yg gk balance. Penting atau tidak itu kembali lagi ke pemilik 😀
Kalo menurut ane sih gk penting, buat harian ini :D, buat balap?, penting 😀
Ban motor ane tubless, sejak ban nya baru dipasang sudah disejajarkan tanda putih di side wall ban dgn pentil, tapi gara2 ban kena paku dan ane gk tau akhirnya tekanan ban berkurang hingga sisa 10 psi, alhasil ban bergeser dan marking itu pun gk sejajar lagi,, pengen ane sejajarin lagi tp udh terlanjur diisi tire sealant (berwujud cairan kental),,,,
Dan tau gak,, gk ngaruh tuh,,, gk getar, lah motor ane top speed cuma 120 kmpj di standar tengah dan 100 kmpj – 110 kmpj on the road,,,, Walau mulai getar pas mencapai 110 kmpj tp gk terus2an juga di speed segitu, maklum jalan raya, jalan bersama, bukan sirkuit, bukan balapan,,, dapet 90kmpj aja udh ada mobil didepan atau jembatan, wkwkwk,,,
Apalagi kalo pake cairan penambal ban otomatis (tire sealant), kagak perlu disejajarin, ban pasti gk balance walau disejajarin atau dibalancing pake timah pemberat, soalnya cairan itu akan mengikuti gerak sentrifugal dan bikin ban unbalance, motor sport apalagi moge gk recommended pake cairan gituan, mending pake rhino aja (fungsi sama tapi beda wujud),,,
Bebek user, matic user, gk usah repot2 balancing ban deh, bikin ribet aja, hahaha,,,