12
Jan
12

BBM Solar & Teknologi Common Rail Pada Diesel…

Mesin diesel yang terbayang pertama kali adalah suaranya berisik & asap hitam pekat yang keluar dari knalpot. Itu dulu… sekarang udah lain ceritanya. Perkembangan teknologi mesin diesel semakin maju, salah satunya adalah common rail direct injection(CRDI). Dibandingkan dengan bensin, solar memiliki kualitas yang lebih rendah. Partikel solar lebih berat sehingga lebih sulit hancur saat proses pembakaran. Itu sebabnya asap sisa pembakaran masih pekat.

Untuk meningkatkan proses penghancuran partikel itulah teknologi CRDI diciptakan. Tekanan solar yang dimasukkan ke ruang bakar ditingkatkan. Caranya dengan pompa injeksi yang bertekanan tinggi yang disertai dengan pipa khusus yang kuat. Tekanan yang dihasilkan mencapai 1,350 bar atau 20,000 psi. Begitu mesin membutuhkan bahan bakar, solar bertekanan tinggi disemprotkan ke ruang bakar. Proses pembakaran menjadi jauh lebih cepat, sempurna dan hemat bahan bakar. Hasilnya berupa pembakaran yang lebih ramah lingkungan seperti menurunnya gas buang dan suara bising ketimbang mesin diesel konvensional. Emisi gas CO2 berkurang 20%, pengeluaran Nox dan CO (karbon monoksida) berkurang 40%.

Di sisi lain CRDI membutuhkan BBM Solar berkualitas tinggi. Solar yang direkomendasikan adalah Solar DEX. Kandungan sulfur pada Solar DEX paling rendah yakni 300 ppm. Lebih rendah dibandingkan dengan Biosolar 500 ppm ato Solar biasa yang mencapai 3500 ppm. Selain itu cetane number (nilai oktan) Solar DEX paling tinggi yakni 53. Biosolar di angka 51 & solar biasa hanya 48. Sayangnya ketersediaan Solar DEX di SPBU Pertamina kurang banyak. Tentu saja ini membuat pemilik mobil diesel yang sudah dibekali teknologi CRDI kerepotan. Penggunaan BBM Solar biasa ancamannya adalah injektor mampet & jebol. Kemudian filter solar harus sering diganti. Kalo sudah begini siap2 aja rogoh kocek jutaan rupiah. Jika tidak terdapat Solar DEX, tindakan preventif yang bisa dilakukan adalah rajin ganti filter solar & cek kondisi injektor.

Mesin Diesel saat ini gak bisa dianggap remeh lagi. Dulu mesin diesel dianggap loyo (cuman memang torsi) tapi sekarang buang jauh2 anggapan itu. Lihatlah bagaimana Audi begitu digdaya di balap Le Mans 24 hours. Dari tahun 2006 saat ini mesin diesel merajai balap ketahanan 24 jam lewat Audi R10 TDI, Audi R15 TDI Plus & Audi R18.

Audi R18 TDI dibekali mesin V6 3.700 cc turbo diesel. Tenaganya mencapai 532 hp...!!!

Masih anggap remeh mesin diesel…???🙂


9 Responses to “BBM Solar & Teknologi Common Rail Pada Diesel…”


  1. 1 debu biru
    12 Januari 2012 pukul 10:40 am

    ooo,, gitu to,, cuma pernah denger2 sekilas aja kalo mobil2 diesel keluaran sekarang mintanya solar DEX, tapi baru tahu sekarang

    Nais share masbro :thumbup:

  2. 12 Januari 2012 pukul 2:52 pm

    yah pertamaxnya diesel yak?

  3. 14 Januari 2012 pukul 4:01 am

    tenaga gede 532 hp, torsinya berapa NM?! seremmmm:mrgreen:

    jadi inget mesin diesel miliki Suzuki Ertiga, 1.300 cc tapi torsinya mencapai 200 nm, edan. Sedangkan torsi mesin Fortuner bensin 240 nm (di kapasitas 2.700 cc, bandingkn)…..

    kalo disuruh milih mobil sekarang, saya pilih diesel……….menang torsi dan hemat, cuma emang harus lebih apik ngerawatnya…….

  4. 10 Juni 2012 pukul 7:10 pm

    topik yg bagus…CRDI lagi in skrg…cuman belum banyak yg paham…

  5. 9 akahpn
    27 Februari 2016 pukul 7:27 pm

    Setelah baca penjelasan diatas, aku mah pilih biosolar sajalah yg oktannya ditengah-tengah,,,,hehe


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Januari 2012
S S R K J S M
« Des   Feb »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,475,018 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 376 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: