06
Jan
12

Ketika Motor Sudah Menjadi Menjadi Kebutuhan Primer…

Sebut saja namanya Jono… berprofesi sebagai office boy di sebuah perkantoran elite di kawasan Sudirman, Jakarta. Sehari2 dia beraktivitas menggunakan sepeda motor menempuh perjalanan 40 km PP. Padahal 5-6 tahun yang lalu Jono cukup setia menggunakan angkutan umum. Namun lambat laun dia mulai meninggalkan angkutan umum & beralih ke motor. Ketika ditanya kenapa sekarang pake motor alasannya yakni agar tidak terlambat masuk kantor. “Sungkan saya kalo bolak balik terlambat, daripada dipecat…ntar anak istri saya makan apa. Apalagi sekarang cari kerja susah bener, umur saya juga sudah tidak muda lagi…Akhirnya saya putuskan ambil kredit motor,” cerita si Jono. Sebuah alasan yang bisa diterima, mengingat seorang office boy harus datang paling awal (pagi) sebelum karyawan ato atasan datang. Entah itu membuka pintu ruangan, menyiapkan gelas minum pegawai dsb. Gajinya hanya UMR Jakarta, sekitar Rp1,2 juta. Jono menyisihkan uang Rp500rb per bulan buat bayar kredit  motornya. Cukup besar…padahal Jono juga harus memberi nafkah buat istri & anaknya.

“Motor memang membantu saya beraktivitas namun cicilannya juga biqin puyeng. Yah untungnya sedikit terbantu dari uang tips yang diberikan oleh atasan saya ketika membeli makan siang buat mereka,” ujar Jono yang hanya mengecap pendidikan sampai tamat SMA.

Cerita Jono & juga Jono2 yang lain di atas memberi gambaran tentang bagaimana sepeda motor sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari masyarakat. Bahkan sudah dianggap menjadi kebutuhan primer selain sandang, pangan & papan. Pertumbuhan motor melesat cepat bak meteor. Di awal tahun 2000-an yang dari 2 juta unit tahun 2012 diprediksi tembus hingga 9 juta unit…!!! Sebuah revolusi ekonomi motor kata pak Dahlan Iskan. Di saat transportasi publik yang manusiawi belum hinggap di ibukota, motor yang praktis & cepat adalah dewa penolong meski harus berkorban merelakan sebagian pendapatannya yang pas2an buat bayar cicilan seperti kisah Jono di atas.

Selain itu perlu diperhatikan juga kalo ledakan pertumbuhan motor yang demikian cepat memberikan efek yang buruk. Mulai dari jalanan makin sesak sampai tingginya tingkat kecelakaan hingga merenggut nyawa. Sering kita dengar korban kecelakaan terutama dari kalangan menengah ke bawah begitu kelimpungan ketika harus membayar biaya pengobatan.

Kemana tanggung jawab Pemerintah dalam menyediakan transportasi publik ??? jangan sampe rakyat jadi korban terus menerus. Pemerintah wajib memberi perlindungan & layanan terbaik buat warganya.


4 Responses to “Ketika Motor Sudah Menjadi Menjadi Kebutuhan Primer…”


  1. 2 Wiro Sableng
    6 Januari 2012 pukul 11:18 pm

    Betul banget… Apalagi didaerah tertentu angkutan umum tidak tersedia selama 24 jam… Ada yg cuman sampai jam 5 sore (contoh: Curug-Cimone)
    Ada yg cuman smp jam 8 malam (contoh: Gading Serpong-Karawaci)
    atau jg cuman smp jam 10 malam. Setelah jam2 tersebut biasanya gantian sama tukang ojek atau becak.

  2. 8 Januari 2012 pukul 9:01 am

    padahal taun 2000an masih jaman angkot..hehehe

    percaya anak kecil 7 taun bisa start motor trail?
    http://learningfromlives.wordpress.com/2012/01/08/start-cewek-motor/

  3. 11 Januari 2012 pukul 6:29 am

    menjadi PR untuk penyedia jasa angkutan publik

    murah dan aman adalah harga matii:mrgreen: jika tidak…..jangan salahkan kreditur2 motor


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Januari 2012
S S R K J S M
« Des   Feb »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,488,226 hits

Twitter

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 378 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: