04
Jan
12

Pak Joko Widodo Pake Produk Dalam Negeri…Saatnya Mobil Nasional Bangkit…!!!

Gambar : Sindikasi.net

Membaca berita baik di media cetak maupun media online perihal walikota Solo pak Joko Widodo (Jokowi) yang membeli mobil dinas rakitan siswa SMK tentu patut kita acungi 2 jempol. Disaat pejabat2 sontoloyo lainnya merengek2 meminta mobil dinas berharga ratusan juta bahkan miliaran rupiah, pak Jokowi dengan bangga menggunakan produk dalam negeri…!!! Teringat juga dengan sosok pak Jusuf Kalla yang menggunakan sepatu buatan Bandung. Sport Utility Vehicle (SUV) bermerek Kiat Esemka dengan harga Rp95 juta ini dibekali dengan mesin 1.500 cc bertenaga 105 hp karya 15 SMK dari sejumlah daerah (Jakarta, Malang, Solo, dsb) di bawah binaan bengkel mobil Kiat Motor, Klaten, Jawa Tengah. Kandungan lokal sudah lebih dari 80%. Mesin mobil dibuat oleh PT. Autocar Industri Komponen yang melibatkan siswa SMK Negeri 1 Jakarta. Kemudian blok mesin dibuat di sentra cor logam di Ceper, Klaten.

Meski buatan dalam negeri tapi jangan anggap remeh fitur2 yang tertanam di Kiat Esemka. Power steering, power window, central lock, AC dual zone hingga sensor parkir merupakan piranti standar mobil ini. Gak kalah canggih kan dengan yang lain…

Mobil Nasional

Berbicara mobil nasional tentu kita ingat dengan mobil Timor (Teknologi Industri Mobil Rakyat). Tepatnya di tahun 1996 saat itu Pemerintah memutuskan untuk mempercepat Program Insentif dan memperkenalkan Program Mobil Nasional dengan mengatur bahwa untuk mendapatkan pembebasan bea masuk perusahaan harus mencapai tingkat kandungan lokal sebesar 20%, 40% dan 60% di tahun pertama, kedua dan ketiga. PT. Timor Putra Nasional yang bermitra dengan KIA Motors adalah perusahaan pertama mendapatkan pembebasan bea masuk barang mewah melalui program ini. Pada bulan Juni 1996 Pemerintah mengeluarkan Keppres no.42 yang berisi diizinkannya PT. Timor Putra Nasional untuk mengimpor utuh dari Korea Selatan asalkan mobil Timor dikerjakan tenaga kerja asal Indonesia & kandungan lokal mencapai 60% pada tahun ketiga. Perusahaan – perusahaan otomotif lain (Jepang, Amerika Serikat dan Eropa) yang tidak mendapatkan insentif pajak yang sama, melakukan protes ke World Trade Organization
(WTO). Sebenarnya Inpres itu juga mengatur, siapapun bisa mendapatkan predikat mobil nasional yaitu bila komponen lokalnya sudah mencapai 60% dengan memakai merek nasional dan dilakukan oleh perusahaan swasta nasional, bukan kepanjangan tangan dari prinsipal. Pembebasan pajak barang mewah, selain bea masuk, untuk kendaraan yang memiliki kandungan lokal 60 persen mendorong produsen untuk menanamkan modal dalam pabrik – pabrik baru seperti pabrik mesin dan casting, yang menghasilkan barang setengah
jadi. Selain Timor, berkembang juga merek – merek nasional lain seperti Sena, Morina (Bakrie), Maleo, Perkasa, Kancil dan Astra. Namun sayangnya keberadaan mereka tak semulus Timor yang dipimpin oleh Tommy Soeharto. Timor digugat Jepang dan Amerika Serikat di WTO dan akhirnya TPN kalah. Proyek Timor semakin suram ketika krisis ekonomi tahun 1997 datang dan pada puncaknya ketika rezim Presiden Soeharto jatuh pada bulan Mei 1998.

Boleh dibilang langkah pak Jokowi ini akan memicu bangkitnya mobil nasional. Kita itu bisa koq biqin mobil nasional. Sumber daya melimpah. Industri pendukung bejibun yakni hampir 250 pabrik. Coba kurang apa lagi ??? tinggal Pemerintahnya aja nih serius ato gak mendukung mobil nasional. Ayo bangkitlah mobil nasional…!!!


14 Responses to “Pak Joko Widodo Pake Produk Dalam Negeri…Saatnya Mobil Nasional Bangkit…!!!”


  1. 3 Risang Sargo
    4 Januari 2012 pukul 12:45 pm

    Wew.. Kiat Motor, di Klaten…
    Dulu pernah mau nge-cat ulang Si Nouvy disono, tp ga jadi… secara biayanya ga cocok dgn kantong sy yg msh berstatus MHS.
    ;p

    *salam buat pak Sukiat*

  2. 4 Januari 2012 pukul 4:10 pm

    PEJABAT tuh GENSI KALO NGGAK IMPOR ,,,busukj bgt mentalnya
    kayak pak joko tuh, mau pake buatan sendiri,,,JARANG
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/01/04/diy-modifikasi-sederhana-honda-megapro-pasang-sendiri-visor-tiger-ke-honda-megapro/

  3. 5 Januari 2012 pukul 3:51 am

    salutt….ada baiknya juga perusahaan (perusahaan UKM:mrgreen: )ini bermitra dengan ATPM lokal yang sudah mapan, misalnya TAM atau IAM, supaya hasil mobilnya lebih baik lagi……melirik dari hal yang sama dengan yang dilakukan Hero yang bekerjasama dengan Honda atau Timor dengan Kia…….

    dan mudah2an juga lama2 bisa mapan dan melepaskan diri, sekarang Hero motor juga udah berdiri sendiri:mrgreen:

  4. 8 dani
    5 Januari 2012 pukul 6:42 am

    Pertama adalah anggaran belanja kendaraan kantor adalah Mobil Esmeka ini jadi semua kabupaten diseluruh Indonesia Wajib Menggunakan Mobil ini…Pemerintah Menjadikannya BUMN dan bertanggungjawab dalam pendistribusian serta penyediaan Sparepart…

  5. 9 karto
    5 Januari 2012 pukul 9:14 am

    semoga pemerintah lbih peka dan mempermudah perizinan maupun uji kelayakannya serta tidak dibenturkan dengan kebijakan ‘wani piro’

  6. 5 Januari 2012 pukul 3:09 pm

    Bangsa ini tidak akan pernah maju kalau semangat seperti Pak Jokowi ini tidak di dukung oleh segenap komponen bangsa , untuk selalu peka terhadap penggunaan produk yg dibuat oleh bangsa sendiri, menggunakan seluruh kekuatan sumber daya bangsa sendiri. setidaknya semangatnya ini menular ketika kita masing2 membelanjakan uang kita untuk membeli barang selalu memastikan barang tsb dibuat oleh sumber daya lokal bangsa sendiri, apabila semangat ini menjadi bilangan dalam eskalasi yg besar melibatkan seluruh warga bangsa Indonesia maka Indonesia akan segera maju dan mandiri bahkan bisa expansi seperti bangsa Korea , yg seluruh warga negaranya mayoritas cinta produk2 mereka sendiri…..
    bravo Indonesia-ku….
    ku-mau pesan satu mobil Kiatmu
    kalo sparepart&purna jual menjadi jaminanmu.

    Salam Indonesia

  7. 13 bayu
    7 Januari 2012 pukul 1:28 pm

    logo di ganti dab…
    di lombain aja


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Januari 2012
S S R K J S M
« Des   Feb »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,486,930 hits

Twitter

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 378 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: