29
Des
11

Bisakah Motor Karburator Lolos Euro 3…???

Era Euro 3, lagi rame2nya nih… Motor2 injeksi mulai bermunculan. Di tahun 2012 akan lebih banyak lagi varian injeksi yang bakalan mengaspal di jalanan. Sempet saya ngobrol2 dengan pak Endro Sutarno, instruktur dari Astra Honda Training Center. Sesuai judul artikel ini, apa jawaban pak Endro ??? jawabannya adalah “Motor2 yang menganut karburator agak sulit untuk bisa lolos Euro 3. Kalopun bisa lolos Euro 3, performanya akan ngedrop”.

Kenapa harus injeksi ??? Mungkin ini pertanyaan yang banyak hinggap di masyarakat awam. Semakin baik campuran antara bahan bakar + udara akan menghasilkan keluaran tenaga optimal & kadar gas buang yang rendah. Nah hanya dengan teknologi injeksilah yang sanggup memenuhinya. Waktu pengapian, debit bensin, suplai udara dsb yang diatur oleh komputer membuat mesin injeksi lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan mesin yang menggunakan karburator.

Iklan

17 Tanggapan to “Bisakah Motor Karburator Lolos Euro 3…???”


  1. 2 bebektengil
    29 Desember 2011 pukul 8:15 am

    Performa motor semakin disunat

  2. 29 Desember 2011 pukul 9:35 am

    Lolos EURO3 tapi power ngdrop?itu masalah, klo bisa nemuin solusinya dan bisa dikata biayanya 11-12 sama injeksi ya mungkin masih ada yang minat………

  3. 5 tawon
    29 Desember 2011 pukul 1:56 pm

    vespa lx125 karbu apa injeksi kah?dah euro3 belum?

    *penasaran

  4. 29 Desember 2011 pukul 3:21 pm

    tapi sayangnya motor injeksi tidak ramah apabila melewati daerah rawan banjir spt di bale endah (dalam arti biaya yg akan keluar akan lebih besar ketimbang motor karbu….bila mati mendadak saat melewati banjir).

  5. 10 hapit
    29 Desember 2011 pukul 6:51 pm

    akal2an bair semua beli motor injeksinya pabrikan itu,
    bajaj aja siap euro 3 tanpa injeksi,

  6. 29 Desember 2011 pukul 8:59 pm

    Betul, betul, betul itu…
    Contohnya Yamaha Tricker 250 yang menggunakan mesin Yamaha Scorpio Z yang bore up sampe 250 untuk lolos regulasi jepang powernya drop jadi 18PS (sama dengan scorpio) ,,, dengan kata lain power 250cc = 225cc…

  7. 30 Desember 2011 pukul 1:11 pm

    Bisa. Jika dikombinasikan dengan teknologi DTS-i, terbukti lulus UERO3 juga tetap powerfull dan efesiensi bahan bakar alias irit!

  8. 13 Nara
    1 Januari 2012 pukul 2:00 pm

    Bentar lagi harga ninja 2 tak
    langsung jatuh kayak harga RX king dulu trus akhirnya sepi peminat..
    Masa kejayaan 2 tak akan segera habis..
    mengenaskan sekali padahal mesinya power full….

  9. 5 Maret 2012 pukul 5:59 pm

    sip… pake DTS-i plus VTEC plus supercharger bahkan mungkin bisa lolos euro4 kali ya? wkwkwkw

  10. 15 bayu
    4 Maret 2014 pukul 5:54 pm

    kalo pengen motor injeksinya lebih ganas bisa diganti dng ecu bikinan dari Bintang Racing Team / BRT.

  11. 16 korbanbengkelahassniguah
    26 April 2014 pukul 11:40 am

    Kenapa sih Om/Tan ? tiap kali Motor HONDA Supra Fit 2005 M/H B6725CCT turun-mesin lalu masuk bengkel AHASSS mesti keluarnya tetap ngebul and banyak sparepart yang berubah lebih tua dan lebih haus…. emang kurang moral pendidikannya ? apa di AHASS diajari begitu supaya jadi sering bolak balik setor duit ?? kalo perlu suruh guanti motornya sekalian … la wong buayar bengkel ajah ngutang gimana nanti kalo dikutuk orang miskin tapi kaya moralnya supaya jadi debu sekalian saja kalian semuanya, mau ?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Desember 2011
S S R K J S M
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 8.499.900 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabung dengan 391 pelanggan lain

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: