Boleh dikata ban serep jarang dilirik oleh pemilik kendaraan bermotor. Tempatnya yang ngumpet di bagasi ato di bawah kolong membuat orang sering melupakan si karet bundar ini. Padahal ban serep gak boleh dianggap sebelah mata. Apa jadinya jika ban mobil bocor terus ngambil ban serep…ehhh…gak taunya ban serepnya kempes….repot bin puyeng kan…???
Ban serep yang dibiarkan ngendon lama bisa membuat ban cepat rusak. Agar terhindar dari kerusakan disarankan untuk melakukan rotasi ban. Rotasi ban sebaiknya dilakukan tiap 10.000 km. Namun rotasi ban yang melibatkan ban serep ini tidak berlaku buat ban serep yang ukurannya kecil. Yup…beberapa pabrikan membuat ban serep berukuran kecil guna mensiasati keterbatasan tempat. Bagaimana cara rotasi ban yang benar ??? monggo dilihat gambar berikut ini (sumber Fast Indonesia).
Jika tekanan ban mobil rata2 di kisaran 28-32 psi, khusus untuk ban serep dianjurkan tekanan ban di kisaran 40 psi. Ban yang tidak terpakai dalam waktu lama tekanan anginnya bisa berkurang sedikit demi sedikit lewat pentil ato pori2 ban.
Gambar simulasi rotasi ban-nya, mannaaa…om ???
Udah di-edit om, tadi ketinggalan, harap maklum
nah ini dia yang saya cari, skema tukar-menukar ban 😛
saya bukmak oom 🙂
Monggo mas bro…
motor ane kok ngak ada ban serepnya yah om??…aiihihiihih
http://asmarantaka.wordpress.com/2011/11/15/mv-agusta-tricluster-motor-prototype-hasil-design-anak-kampus/
mas mitra kalo ban serep yg bawaan pabrik dgn ukuran keci kan biasanya pelgnya jg kecil, boleh ngga kalo bannya diganti dgn ukuran standar dgn pelk yg tdk berubah?makasih om…
Saya sarankan jangan om. Ban cadangan yang ukurannya kecil dirancang untuk kecepatan rendah, seingat saya batas maksimum 40-50 km/h. Di samping itu lebar velgnya juga kecil. Kalo dipaksa menggunakan ukuran ban yang lebih besar membuat kendaraan menjadi riskan (tidak stabil) & ini tidak baik.
sayang sepeda motor jaman sekarang ndak ada yang menyertakan ban serep macam vespa jaman dulu
belum punya mobil om 😀
http://setia1heri.wordpress.com/2011/11/16/harves-harley-vespa-yang-gahar/
sip dehhhhhhhhhhhh
pak mit, kmrn corolla 88 sy udah ganti knalpot standart.
tapi kenapa kok konsumsi BBM nya tetep masih boros kayak dulu pas masih pakai knalpot racing ya ??
apa kudu servis karburator nya ??
Klo pake Penghemat BBM FEMAX apa pengaruh lebih irit ??
thx.
oiya, pas pake knalpot racing dan standart bensin ( 1 ltr : 7 – 8 km ).
padahal cara drive sy jg halu, ngga bejek gas.
Hhhmmm…karburator sebaiknya diservice.Selain itu cek juga spuyernya, main jetnya yang bisa jadi ukurannya tidak sesuai standar. Alat penghemat BBM saya belom pernah coba sama sekali. Di ibukota alat itu gak ngefek pak, tetep aja bensin boros karena macet.Mungkin berbeda ceritanya kalo diaplikasikan di daerah.
yah artikel lama, dulu mah belum tertarik ama yang beginian..
gambarnya kecil banget, nggak ad ayang gedean