15
Nov
11

Ban Serep…Yang Sering Terlupakan…!!!

Boleh dikata ban serep jarang dilirik oleh pemilik kendaraan bermotor. Tempatnya yang ngumpet di bagasi ato di bawah kolong membuat orang sering melupakan si karet bundar ini. Padahal ban serep gak boleh dianggap sebelah mata. Apa jadinya jika ban mobil bocor terus ngambil ban serep…ehhh…gak taunya ban serepnya kempes….repot bin puyeng kan…???

Ban serep yang dibiarkan ngendon lama bisa membuat ban cepat rusak. Agar terhindar dari kerusakan disarankan untuk melakukan rotasi ban. Rotasi ban sebaiknya dilakukan tiap 10.000 km. Namun rotasi ban yang melibatkan ban serep ini tidak berlaku buat ban serep yang ukurannya kecil. Yup…beberapa pabrikan membuat ban serep berukuran kecil guna mensiasati keterbatasan tempat. Bagaimana cara rotasi ban yang benar ??? monggo dilihat gambar berikut ini (sumber Fast Indonesia).

Jika tekanan ban mobil rata2 di kisaran 28-32 psi, khusus untuk ban serep dianjurkan tekanan ban di kisaran 40 psi. Ban yang tidak terpakai dalam waktu lama tekanan anginnya bisa berkurang sedikit demi sedikit lewat pentil ato pori2 ban.


15 Responses to “Ban Serep…Yang Sering Terlupakan…!!!”


  1. 1 Risang Sargo
    15 November 2011 pukul 8:15 am

    Gambar simulasi rotasi ban-nya, mannaaa…om ???

  2. 15 November 2011 pukul 10:56 am

    nah ini dia yang saya cari, skema tukar-menukar ban😛
    saya bukmak oom🙂

  3. 6 erwan
    15 November 2011 pukul 3:18 pm

    mas mitra kalo ban serep yg bawaan pabrik dgn ukuran keci kan biasanya pelgnya jg kecil, boleh ngga kalo bannya diganti dgn ukuran standar dgn pelk yg tdk berubah?makasih om…

    • 16 November 2011 pukul 7:31 am

      Saya sarankan jangan om. Ban cadangan yang ukurannya kecil dirancang untuk kecepatan rendah, seingat saya batas maksimum 40-50 km/h. Di samping itu lebar velgnya juga kecil. Kalo dipaksa menggunakan ukuran ban yang lebih besar membuat kendaraan menjadi riskan (tidak stabil) & ini tidak baik.

  4. 16 November 2011 pukul 11:17 am

    sayang sepeda motor jaman sekarang ndak ada yang menyertakan ban serep macam vespa jaman dulu

  5. 11 supri
    18 November 2011 pukul 3:22 pm

    pak mit, kmrn corolla 88 sy udah ganti knalpot standart.
    tapi kenapa kok konsumsi BBM nya tetep masih boros kayak dulu pas masih pakai knalpot racing ya ??
    apa kudu servis karburator nya ??

    Klo pake Penghemat BBM FEMAX apa pengaruh lebih irit ??

    thx.

    • 12 supri
      18 November 2011 pukul 3:36 pm

      oiya, pas pake knalpot racing dan standart bensin ( 1 ltr : 7 – 8 km ).
      padahal cara drive sy jg halu, ngga bejek gas.

    • 18 November 2011 pukul 3:38 pm

      Hhhmmm…karburator sebaiknya diservice.Selain itu cek juga spuyernya, main jetnya yang bisa jadi ukurannya tidak sesuai standar. Alat penghemat BBM saya belom pernah coba sama sekali. Di ibukota alat itu gak ngefek pak, tetep aja bensin boros karena macet.Mungkin berbeda ceritanya kalo diaplikasikan di daerah.

  6. 16 Oktober 2013 pukul 11:13 am

    yah artikel lama, dulu mah belum tertarik ama yang beginian..

  7. 16 Oktober 2013 pukul 11:14 am

    gambarnya kecil banget, nggak ad ayang gedean


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
November 2011
S S R K J S M
« Okt   Des »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,471,177 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 376 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: