29
Okt
11

Tanya Jawab Seputar Aki…

Aki merupakan salah satu komponen vital dari kendaraan. Aki ngadat membuat tunggangan gak bisa distarter. Nah…di artikel ini saya ulas tanya jawab seputar aki yang dikutip dari pabrik aki Yuasa. Semoga bermanfaat bagi mas bro & sis sekalian…

Tanya : Berapa lama usia pakai aki MF (maintenance free) ???

Jawab : Normalnya umur aki berkisar antara 1,5 tahun hingga 2 tahun

Tanya : Mengapa aki MF lebih mahal daripada aki biasa ???

Jawab : Komponen aki MF menggunakan bahan dasar Lead Calcium Alloy & separator Absorber Glass Mate (AGM) yang harganya mahal. Sedangkan aki biasa menggunakan timah dengan bahan dasar Sb & separator jenis pulp.

Tanya : Apa yang terjadi bila sepeda motor yang menggunakan aki MF jarang dipakai ???

Jawab : Seluruh jenis aki apapun mereknya apabila sudah berisi elektrolit akan mengalami penurunan voltase dengan sendirinya (selfdischarge) yang dapat mempengaruhi kemampuan starter, sehingga aki menjadi soak/lemah (undercharge).

Tanya : Apa yang harus dilakukan agar aki MF dapat bertahan lama ???

Jawab :

  1. Lakukan pemeriksaan voltase secara berkala.
  2. Hindari aki dari pengosongan arus listrik/setrum atau pengisian arus/setrum yang terlalu berlebihan.
  3. Lakukan charge apabila voltase aki sudah mencapai 12,4 volt dengan charger khusus aki MF.

Tanya : Apa yang terjadi bila aki mengalami overcharge ???

Jawab : Secara fisik aki akan mengembang/cembung & plate2 aki yang berada di dalamnya akan rontok & rusak. Selanjutnya aki tidak dapat untuk starter kendaraan. Apabila dipaksakan maka dalam kondisi terburuk aki dapat meledak.

Tanya : Apakah aki MF menggunakan elektrolit ???

Jawab : Ya, aki MF menggunakan cairan elektrolit yang diserap dalam separator (AGM) yang memiliki daya serap sangat tinggi sehingga dapat menyerap hampir seluruh cairan elektrolit akibatnya aki menjadi terlihat kering & bebas dari tumpahan/kebocoran. Pemasangan aki pada kendaraan dapat lebih bebas.

Tanya : Apakah aki MF memiliki lubang untuk mengeluarkan gas buang ???

Jawab : Ya.

Tanya : Berapa lama aki MF dapat disimpan ???

Jawab : Dalam kondisi normal aki MF bisa disimpan hingga 3 bulan tergantung dari kondisi tempat penyimpanan. Semakin rendah temperatur ruang penyimpanan maka akan semakin lama aki MF dapat disimpan.

Tanya : Mengapa pada terminal aki kadang terlihat putih2 & apakah ada pengaruhnya pada kualitas aki ???

Jawab : Putih2 yang terlihat pada terminal adalah akibat pembentukan garam dari logam yang terkontaminasi dengan acid (korosif). Dan apabila garam tersebut menempel pada terminal aki maka arus yang dialirkan menjadi tidak sempurna. Solusinya adalah dengan membiasakan untuk membersihkan terminal aki secara berkala & berikan sedikit grease (gemuk).

Tanya : Apa yang menyebabkan aki overcharge ???

Jawab :

  1. Berat jenis accu zuur yang digunakan terlalu tinggi.
  2. Penyetruman yang berlebihan dengan ampere yang tinggi dengan waktu yang lama.
  3. Penambahan eletrolit tidak menggunakan air aki (murni) tapi memakai accu zuur.
  4. Gangguan pada alternator / kiprok.

Tanya : Apa keunggulan aki MF dibandingkan aki biasa ???

Jawab :

  1. Aki MF memiliki selfdischarge lebih rendah dibandingkan aki biasa.
  2. Aki MF tidak membutuhkan penambahan air aki sedangkan pada aki biasa wajib ditambahkan jika air aki kurang.
  3. Posisi penempatan aki MF di kendaraan lebih bebas/leluasa sedangkan aki biasa harus tegak agar terhindar dari tumpahan air aki.
Iklan

29 Tanggapan to “Tanya Jawab Seputar Aki…”


  1. 29 Oktober 2011 pukul 12:43 pm

    masih pakai yang basah…basah..basah… :D, emang si bikin males, kalo lupa ngecek bisa amsyong… mesti rajin mbersihin pala aki juga biar ga ada kerak resistansi itu

  2. 29 Oktober 2011 pukul 1:09 pm

    Ouw begìtu to.
    Kirain MF gak perlu perawatan

  3. 30 Oktober 2011 pukul 7:51 am

    itu 1,5-2 thn harus ganti? ap cukup di charge ulang?

  4. 11 raya
    30 Oktober 2011 pukul 11:02 am

    beat saya sudah 3 tahun, aki masih fit, tanpa perawatan sama sekali.. kalo masuk beres paling cuma dilepas lalu dipasang lagi..

  5. 31 Oktober 2011 pukul 8:57 pm

    ane lebih seneng aki basah om, sedikit repot gak papa deh .
    Pengalaman pake aki kering di supra125 baru 3 bulan ganti eeEe. . . 4 bulan droip lagi , akhirnya tak kasih adiku semua aki bekas ama motornya :mrgreen: dan ane ganti si gambot p200 yang pakai aki basah dan alhamdulillah udah 3 tahun belum pernah ganti, cuma yaitu tiap bulan level air aki dicek dan ditambahi kalau dibawah level aman

    Keep brotherhood,

    Salam,

  6. 27 Februari 2012 pukul 3:09 pm

    Betul banget Motor ane pake aki MF kira2 aki sudah hampir menginjak 2thn. dua hari gk di pake langsung ngedrop tapi klw udah dipanasin bisa stater lagi tuh Viksen ku..

  7. 18 Februari 2013 pukul 11:35 am

    gambaran secara umum honda supra x 125,,,,,,,gambaran secara khusus honda supra x 125 dan spesifikasinya apa aja

  8. 16 jumadi
    31 Mei 2013 pukul 9:32 am

    biar awet sepeda motornya kasih accu N200 aja biar tahan selamanya… xiixiiii

  9. 22 Juli 2013 pukul 10:14 pm

    kalo batray baru tapi belum dipakai dalam jangka 2tahun batray masih bisa di pakai?

  10. 18 Bing Yanto
    24 September 2013 pukul 3:31 pm

    pt bhineka usada raya / pt dharma bhakti medika sejati

  11. 1 Januari 2014 pukul 8:28 am

    gan numpang promo yach
    Jual beli Accu baru dan second daerah bandung klik di sini
    http://www.ritajayabatterybandung.blogspot.com

  12. 20 Triwibowo
    12 Oktober 2014 pukul 8:21 pm

    aki kering kalo abis setrum nya bisa di cas nggak si…?

  13. 27 November 2014 pukul 7:34 am

    apakah accu supra 125 bisa untuk vario 125 pgm

  14. 22 mr.mendhem
    31 Desember 2014 pukul 9:36 am

    apa betul gan? klw accu motor jupiter z suak motor g mau hidup walau pakai engkol kaki

  15. 23 rifo
    5 Februari 2015 pukul 2:37 pm

    gan tanya donk… ane punya aki kering merek yuasa ytx9… nah cairan elektrolit udh diisi dan siap pakai… tapi ternyata aki lama baik lagi… nah ane balik pakai yg lama dlu… kira2 aki baru yg terlanjur udh keisi boleh disimpan dlu nggak? trus buat berapa lama?

  16. 17 September 2015 pukul 1:03 pm

    apa bner aki yg sudah berkarat tidak bs di cas.

  17. 21 Desember 2015 pukul 4:03 pm

    ane beli aki baru YTZ5S dan ane coba pasang sendiri
    setelah cairan elektolit masuk, box aki bagian bawah agak panas
    itu normal ya?

  18. 27 Irwan
    15 April 2016 pukul 7:57 am

    Saya punya aki basah 100 ampere..
    Belum pernah digunakan
    Krn tersimpan lama hampir 2 tahun begitu saya mau gunakan, aki jdi kosong (tdk ada tegangan) dan kemudian sya coba charge tp tidk bisa mengisi (ampere pengisian tdk naik )
    Mohon petunjukknya..

  19. 28 alfredo
    19 Juni 2017 pukul 2:52 am

    aki motor ane satria fu 6 amper.. udah hampir 6thn masih fit.. padahal 2thn terakhir kelistrikan motor ane udah full dc pake kiprok tiger.. aki masih bawaan pabrik sampe sekarang

  20. 29 Dhedik
    26 April 2019 pukul 4:08 pm

    Apakah bisa…aki pada waktu dipakai dgn waktu bersamaan discharge


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Oktober 2011
S S R K J S M
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 8.490.807 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabung dengan 391 pelanggan lain

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: