13
Okt
11

Kalo Emisi Euro 3 Diterapin, Penjualan Motor Turun…???

Saat ini Indonesia masih menerapkan emisi Euro 2. Pemberlakuan emisi Euro 3 direncanakan di tahun 2014, nggak tau deh jadi ato nggak. Tapi yang pasti lambat laun qta akan menghadapi Euro 3. Dibandingkan dengan industri otomotif di negara2 asia seperti Thailand & China, qta memang tertinggal untuk urusan peduli lingkungan. Mereka sudah menerapkan Euro 3 & Euro 4.

Ketika Suzuki (Shogun) & Honda (Supra X) tidak lagi memproduksi bebek injeksi, saya sempet berpikir… kenapa produksinya dihentikan ??? kenapa nggak diteruskan ??? memang sih dari pihak pabrikan kalo jualannya kurang laku, buat apa diproduksi, mendingan dihentikan tohhh…Lini produksinya kan bisa dipake buat produk lain yang tergolong laris. 

Menurut saya gak perlulah bebek injeksi sampe dimatiin. Kurang laku, yah cuekin aja lah. Tiga tahun lagi menuju Euro 3 itu waktunya sebentar lagi loh… Sudah sepatutnya pihak pabrikan untuk lebih gencar lagi untuk mensosialisasikan mesin berfitur injeksi kepada masyarakat. Kalo gak ada knowledge sharing dari sekarang, yah masyarakat awam akan selalu beranggapan motor injeksi itu ribet. Padahal hal itu gak sepenuhnya benar.

Motor yang lolos Euro 3 hampir semuanya menerapkan sistem injeksi. Bisa kita lihat motor2 yang dijual di Thailand. Penjualan motor kita 90% dikuasai oleh bebek/matik & sisanya dilahap oleh motorsport. Nah apa jadinya kalo Euro 3 dilaksanakan & pabrikan tiba2 langsung mengeluarkan motor2 berinjeksi sedangkan masyarakat kita belum siap ??? yang ada pasti konsumen akan menghindar tohhh & akhirnya gak jadi beli motor baru.

Honda New Dream 110i, rem teromol, velg jari2...tapi mesinnya udah injeksi cak...!!!

Di samping mindset konsumen yang masih ketar ketir dengan mesin injeksi, masih ada hambatan2 lain yang saya perkirakan penjualan motor terganggu yaitu harga jual & bahan bakar minyak. Sudah pasti motor yang menggunakan injeksi banderolnya jauh lebih mahal dibandingkan dengan motor berkarburator. Kemudian masalah BBM. Mesin2 berstandar Euro 3 mensyaratkan menggunakan BBM beroktan antara 91-95 yang berarti minimal minumnya Pertamax. Apakah bisa kalo pake Premium ??? bisa saja sih namun masih tingginya kadar Sulfur & Benzena di bensin Premium berefek samping performa mesin menurun (ngelitik, panas) bahkan mesin tidak awet.

Silakan pendapat mas bro & sis sekalian…


9 Responses to “Kalo Emisi Euro 3 Diterapin, Penjualan Motor Turun…???”


  1. 13 Oktober 2011 pukul 5:36 pm

    Kalo menurut saya nih mas, saat ini konsumen masih dihadapkan pada pilihan Injeksi dan karburator.. Otomatis konsumen mayoritas akan memilih versi karbu karena dianggap mudah dalam ini itunya.. Ini soal Mindset saja, kalo seluruh ATPM kompak mengeluarkan motor jenis apapun dengan versi injeksi. Saya rasa udah ngga ada pilihan lagi untuk konsumen suka tidak suka konsumen akan berhadapan langsung dengan varian injeksi.

    Saat ini Injeksi yang pernah dikeluarkan Honda dan Suzuki terlihat seperti tes pasar saja. Mereka cuma mau melihat animonya saja.

    Kok V-ixion tetep laku.. Ya..itu soal beda lagi…:mrgreen:

  2. 13 Oktober 2011 pukul 7:36 pm

    mesti bikin sport yg di injek kali ya Mas Mit ? baru deh…

  3. 4 Rollerman
    13 Oktober 2011 pukul 7:50 pm

    padahal masih moncer SupraX 125 FI ketimbang CS1,ehh malah discontinue SupraX 125 FI ketimbang CS1

  4. 14 Oktober 2011 pukul 9:04 am

    di sini yang diributin rem cakram om, motor kalau remnya gak cakram gak keren ,soal pencemaran toh bajaj roda 3 dan bus macam metromini dan mayasari yang asepnya hitam pekat masih diijinkan beroperasi . soal pencemaran nomor 18 urusannya yang penting keren:mrgreen:

    keep brotherhood,

    salam,

  5. 7 Wenda Kalubis R
    14 Oktober 2011 pukul 4:20 pm

    Bukannya euro3 tuh tahun 2013? Diundur lagi kah? Pemerintah belum siapkah?

  6. 8 paul
    15 Oktober 2011 pukul 10:31 am

    Emang Indonesia mustinya udah Euro berapa sih?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Oktober 2011
S S R K J S M
« Sep   Nov »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,481,406 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 378 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: