16
Sep
11

Motor Turing Gak Perlu Canggih2…

Masih ingatkan di benak banyak orang dengan mengharapkan kedatangan Honda CBX250 Twister, Honda CB300 ato Yamaha Fazer 250 buat ngegantiin si legenda Honda Tiger ato Yamaha Scorpio. Meski sudah banyak yang berkoar2 toh para ATPM khususnya Honda ama Yamaha cuek aja. Yang ditongolin malah facelift. Kenapa sih tuh ATPM ngeyel alias kekeh tetep mempertahankan yang lama & hanya mengandalkan ubahan bodi doank ???

Motor turing gak perlu yang canggih2. Lihat saja mesin yang diusung si Macan ato si Kalajengking. Berpendingan udara, karburator, 2 klep dst…wis pokoknya sederhanalah. Kalo misalnya ada trouble mesin ato apalah, gak bakalan biqin repot si biker. Bayangin deh kalo motor2 tadi yang sudah menganut injeksi tiba2 mogok di kota terpencil & penyebabnya misalnya adalah fuel pump modar ato injektor jebol…!!! Ke bengkel terdekat, apakah bisa menangani motor injeksi ??? secara di ibukota aja bengkel yang bisa menangani injeksi masih terbatas di bengkel resmi.

Kemudian adalah ketersediaan suku cadang. Si macan yang sudah lama beredar sejak tahun 1993 tentu ketersediaan suku cadangnya relatif mudah didapat. Montir dimana2pun juga sudah paham seluk beluknya. Begitu juga si kalajengking. Semakin lama produk itu beredar dapat dipastikan distribusi suku cadangnya sudah merata di tiap daerah & mudah diperoleh. Hal inilah yang mungkin menjadi pertimbangan AHM & YMKI tetap mempertahankan Tiger & Scorpio. Di mata ATPM motor turing itu yang penting mesinnya bandel, mantep dipake jarak jauh, kalo rusak bisa dibenerin di bengkel mana aja & yang utama suku cadangnya mudah didapat.


13 Responses to “Motor Turing Gak Perlu Canggih2…”


  1. 16 September 2011 pukul 9:59 am

    keduaxxx..

    penjelasan yg bagus tepat mas!!.

  2. 16 September 2011 pukul 10:09 am

    jd tiger n scorpio gk akan diganti selamanya ?
    emang sdh waktunya diganti dng mesin yg lebih bandel🙂
    bosen gk sih itu2 terus dr dulu…

  3. 4 Rollerman
    16 September 2011 pukul 2:19 pm

    yaa kalo urusan seluk beluk part dan ketersedian part pabrikan Jepang ttp oke,mau keluar model baru dengan mesin baru pasti partnya akan tersedia dmana

    beda dengan pabrikan India.meskipun belum canggih banget,tapi untuk urusan part susah banget

  4. 16 September 2011 pukul 3:40 pm

    oh iya yah..tapi touring juga butuh speeddd…apa lagi touring bareng N250…xixiix😀

  5. 17 September 2011 pukul 4:52 pm

    oo,, iya yaa.. Baru ngeh Pak Mit..

  6. 12 Basho
    17 September 2011 pukul 6:25 pm

    Motor canggih minumnya minimal kudu pertamax. Lah kalo touring lintas sumatra,kalimantan,sulawesi,papua, mau cari pertamax dimana? Masak touring muter2 pulau jawa melulu?

  7. 13 Basho
    17 September 2011 pukul 6:29 pm

    CBR series aja sampe harus rela dihina dicaci maki gara2 bisa minum premium. Jadi yg salah siapa? ATPM atau pemerentah?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
September 2011
S S R K J S M
« Agu   Okt »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,479,167 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 377 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: