05
Sep
11

Jebakan Maut Tol Cipularang…Desainnya Tak Layak…!!!

Aswin Bahar & Alvin Bahar

Barusan kita dihebohkan meninggalnya istri dari sang artis dangdut Saiful Jamil. Kecelakaan yang menimpanya mengingatkan saya akan ucapan dari salah satu pembalap senior Aswin Bahar (AB). Yup, beberapa tahun yang lalu saya pernah ngobrol2 dengan beliau di sela2 acara yang diselenggarakan oleh pabrikan ban Bridgestone.

Waktu itu AB berkata bahwa pembangunan tol Cipularang yang terburu2 karena mengejar target selesai sebelum acara Konferensi Asia Afrika 2005 digelar membuat pembuatan tol mengesampingkan desain trek yang layak untuk dilewati mobil berkecepatan tinggi. Beberapa hari setelah tol Cipularang dibuka, AB menjajal Jakarta – Bandung PP. Alhasil ditemukan beberapa trek khususnya tikungan yang tidak di desain dengan benar. Misalnya tikungan ke kanan seharusnya kontur jalan dibiqin agak sedikit miring ke kanan begitu juga sebaliknya. Namun yang ditemukan malahan konturnya datar. Untuk kendaraan seperti SUV & MPV yang memiliki gejala bodyroll tinggi hal ini cukup berbahaya karena bisa biqin mobil rawan terguling kalo tidak hati2.

Apa yang dikatakan oleh AB emang betul. Ketika saya pertama kali ke Bandung lewat tol, saya temukan beberapa tikungan emang harus diwaspadai. Jadi berhati2lah melaju di tol… nyantae wae lah… keep safety first


22 Responses to “Jebakan Maut Tol Cipularang…Desainnya Tak Layak…!!!”


  1. 5 September 2011 pukul 4:12 pm

    Keep safety yg penting gan,
    Salam

  2. 3 si oom
    5 September 2011 pukul 8:20 pm

    belum pernah liwat sana oom..
    nice share🙂

  3. 5 Dismas
    5 September 2011 pukul 10:17 pm

    Apalagi Avanza G dengan 10 orang. Apalagi bukan Avanza Hitam… hehehe. Konon katanya (lupa sapa yang bilang), Avanza G yang bukan warna hitam bikinnya nggak di Toyota. Tapi dititipkan ke *****t** , cmiiw.

    nitip➡ http://dizmaz.wordpress.com/2011/09/05/kiriman-pengunjung-blog-saya-modifikasi-honda-revo-100cc-blitar/

  4. 7 chznard
    5 September 2011 pukul 11:41 pm

    bukannya avanza xenia di produksi daihatsu semua?

  5. 6 September 2011 pukul 10:01 am

    nais inpoh..
    biar lambat asal selamat…

  6. 10 Vyzex
    6 September 2011 pukul 11:08 am

    Avanza dan xenia dibikin di pabrik Daihatsu .

    Kenapa?

    Lha Daihatsu sama Toyota itu kan yg punya sama..

    Macam Lifebuoy sama Lux, Clear dan Sunsilk..
    Pantene dan Head n shoulder.

    KIA dan Hyundai.

    Roll Royce dan BMW

    Dsb.

  7. 6 September 2011 pukul 11:20 am

    Bener bgt tuh mas bro, ane pernah lewat tol cipularang bareng ama kawan2, memang dibeberapa tikungan kita hrs hati2 apalagi dengan kecepatan tinggi, mobil jd terasa agak oleng. Ini membuat saya jd bertanya apakah demi kelancaran suatu acara hrs mengesampingkan keselamatan orang banyak…!!! Kalau masih bisa dibenahi, ayo dong dibenahi.

  8. 6 September 2011 pukul 3:20 pm

    alinyemen horizontanya salah y?:mrgreen: kalau untuk kelas sedan gmn om kerasa gak efek anginnya? (kata saipul jamil itu gara2 angin)

  9. 17 tahu
    6 September 2011 pukul 4:36 pm

    rasanya judul diatas ini analisa yang paling benar. dari pengalaman seminggu 2x bolak balik bandung-jakarta turunan di km 100 hingga 94 (bandung – jakarta) adalah yang paling berbahaya. turunan ini termasuk turunan cepat (aspal bagus) dan panjang tetapi di sekitar km 94/95 ada tikungan ke kiri dan kontur jalan rata. kalau SJ bilang ada angin rasanya janggal karena kanan kiri km 96 terlindungi perbukitan. angin besar dari arah kanan/kiri kemungkinan terjadi di sekitar km 91/92 ada jembatan membentang panjang.

    setuju sekali bila harus hati2 mengemudikan kendaraan d cipularang, perhatian khusus untuk arah bandung – jakarta.

  10. 18 b@jinganjugabutuhcinta
    7 September 2011 pukul 11:36 am

    Keep septi riding & driving oom. ngemeng2, aswin bahar masi sodaraan ama anissa bahar ya?

  11. 8 September 2011 pukul 11:43 am

    Betul sekali comen diatas memang disign nya agak aneh,untuk jalan yg berkelok kelok dan tidak lurus sedang disamping kanan kiri ada lembah dan bukit yang tdk beraturan, sehingga arah angin juga berubah ubah, kemiringan jalan harus mutlak diperhatikan contoh : utuk jalan berkelok kekiri seharusnya jalan dibagian kanan harus lebih tinggi atau jalan itu bebrbentuk miring kekiri dan sebaliknya yg belokan kekanan jl hrs miring kekanan contoh yg mudah lihat kuping jalan jembatan semanggi seperti itu harusnya. ini dampak sangat terasa untuk kendaraan yg as rodanya tdk independent seperti kebanyakan mobil penumpang dan SUV pd umumnya.

  12. 20 moke
    8 September 2011 pukul 12:26 pm

    pantesan sering terjadi kecelakaan..

    ga beneer desainnya..

  13. 21 andryberlianto
    9 September 2011 pukul 5:09 pm

    adalah keliru jika selalu nge blame pihak eksternal, sesuai rerun dari peristiwa ini pihak tol sudah cukup menyediakan rambu peringatan terhadap para pengemudi.

    masalah terbesarnya adalah kualitas pengemudi dan cara salah dalam menyikapi bahaya

    sekilas saja :
    http://www.jddc-online.com/?p=1087

  14. 22 apri
    9 September 2011 pukul 7:42 pm

    kadang orang berkendara terlalu kencang di tol, padahal ada rambu2 batas kecepatan minimal dan maksimal..jalan 100 kpj di pun tol terasa pelan…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
September 2011
S S R K J S M
« Agu   Okt »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,479,167 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 377 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: