Pernahkan mas bro & sis menjumpai ato punya pengalaman ketika kelar ganti oli mesin trus si mekanik semprot2 daleman mesin menggunakan kompresor dengan maksud agar sisa2 oli di dalamnya ikut keluar ??? Ternyata hal tersebut salah besar & bisa berakibat pada umur mesin menjadi pendek. Nah lohhh…????
Menurut mas Harsoyo, instruktur Suzuki Training Center, ada beberapa alasan yang dikemukakan olehnya antara lain :
- Kompresor mengandung uap air, berhubung ada kandungan air maka tekanan kompresor yang tinggi bisa menyebabkan air2 tadi menyelinap di dalam jeroan mesin hingga ngumpet ke celah2 yang sempit. Berbahaya kan kalo nantinya sampe tercampur dengan oli, bisa2 komponen2 mesin menjadi jebol.
- Tekanan kompresor yang tinggi membuat kotoran2 sisa2 oli lawas tidak semuanya keluar lewat lubang pembuangan oli tapi malah masuk lagi ke dalam. Cukup berbahaya jika sisa2 oli lawas tadi mengandung gram2 berbahan metal.
Nah terus bagaimana caranya agar sisa oli bisa keluar maksimal ??? yakni diamkan beberapa waktu. Memang sih butuh waktu yang lama tapi cara ini paling aman dibandingkan dengan menggunakan kompresor angin. Jangan lupa ganti saringan oli jika udah waktunya ganti.
betul
bener
benul..
ooo…gitu tho?
rata-rata bengkel pake itu om,
ganti oli sendiri lebih aman
keep brotherhood,
salam,
Mekanik juga hrs ritual yah…ckckck…aku cuman bisa tersenyum 🙄 😆 💡
ganti sendiri lebih aman,tapi sementara di be-res aja dulu…oli gratizzaaaannn soalnya 😀 😀
izin pasang lapak ya 😀
http://www.nanared.wordpress.com/2011/07/21/karnaval-tujuhbelasan-di-sidrap/
SALAM KARET BUNDAR
Bener betul setuju.
Nice info
Mending bekas oli yg masih ada didalam mesin kecampur dgn oli baru.
ane aja nunggu biar turun sendiri
pada bengkel resmi kompresor menggunakan water filter yang menyaring uap air pada udara di kompresor tersebut, coba perhatikan, jadi kemungkinan masuknya air ke dalam mesin sangat kecil.
motor bebek jg ada filter olinya kah ? baru tau 🙄
Ada mas bro…
pak, semprot daleman mesin pake kompresor setelah ganti oli emang gak boleh, nanti oli baru yang udah diisikan jadi muncrat ke mana2 xixixixi
yang bener harusnya di starte tendang beberapa kali supaya oli yang masih di saluran oli atau pompa oli turun semua ke karter dan keluar lewat pembuangan juga…
wah baru tau saya.. makasih infonya nii..
tpi bru sekali aja sih ngalamin gtu.. soalny ganti oli di bengkel biasa..
oke lah.. besok2 di BeRes aja klo gtu..
pelajaran baru niih..
saya menggunakan oli duron exl di supra x125R sudah 15.000KM, hasilnya motor makin enak di buat perjalanan jauh, hebat banget pokoknya meskipun sudah digunakan 15.000KM. saya jual oli duron EXL Rp200.000, minat hub. 085730312120 wilayah surabaya
untung sekarang dah biasa ganti oli + filter sendiri..
agak repot tapi puas 🙂
betul kata bapak haryoso .. saya setuju .. by . jerry ( Pt. Center Maju Motorindo Palembang ) heheheheeheheheheh
mau pesan oli duron wilayah palembang … kalau ada minta tlg hubungi no 081279594450