21
Jul
11

Ritual Salah…Semprot Daleman Mesin Setelah Ganti Oli…!!!

Pernahkan mas bro & sis menjumpai ato punya pengalaman ketika kelar ganti oli mesin trus si mekanik semprot2 daleman mesin menggunakan kompresor dengan maksud agar sisa2 oli di dalamnya ikut keluar ??? Ternyata hal tersebut salah besar & bisa berakibat pada umur mesin menjadi pendek. Nah lohhh…???? 

Menurut mas Harsoyo, instruktur Suzuki Training Center, ada beberapa alasan yang dikemukakan olehnya antara lain :

  1. Kompresor mengandung uap air, berhubung ada kandungan air maka tekanan kompresor yang tinggi bisa menyebabkan air2 tadi menyelinap di dalam jeroan mesin hingga ngumpet ke celah2 yang sempit. Berbahaya kan kalo nantinya sampe tercampur dengan oli, bisa2 komponen2 mesin menjadi jebol.
  2. Tekanan kompresor yang tinggi membuat kotoran2 sisa2 oli lawas tidak semuanya keluar lewat lubang pembuangan oli tapi malah masuk lagi ke dalam. Cukup berbahaya jika sisa2 oli lawas tadi mengandung gram2 berbahan metal.

Nah terus bagaimana caranya agar sisa oli bisa keluar maksimal ??? yakni diamkan beberapa waktu. Memang sih butuh waktu yang lama tapi cara ini paling aman dibandingkan dengan menggunakan kompresor angin. Jangan lupa ganti saringan oli jika udah waktunya ganti.

Iklan

19 Tanggapan to “Ritual Salah…Semprot Daleman Mesin Setelah Ganti Oli…!!!”


  1. 3 Risang Sargo
    21 Juli 2011 pukul 7:44 am

    benul..

  2. 4 dnugros
    21 Juli 2011 pukul 9:19 am

    ooo…gitu tho?

  3. 21 Juli 2011 pukul 9:40 am

    rata-rata bengkel pake itu om,

    ganti oli sendiri lebih aman

    keep brotherhood,

    salam,

  4. 21 Juli 2011 pukul 1:53 pm

    Mekanik juga hrs ritual yah…ckckck…aku cuman bisa tersenyum 🙄 😆 💡

  5. 21 Juli 2011 pukul 2:10 pm

    ganti sendiri lebih aman,tapi sementara di be-res aja dulu…oli gratizzaaaannn soalnya 😀 😀
    izin pasang lapak ya 😀
    http://www.nanared.wordpress.com/2011/07/21/karnaval-tujuhbelasan-di-sidrap/
    SALAM KARET BUNDAR

  6. 21 Juli 2011 pukul 8:12 pm

    Bener betul setuju.
    Nice info

    Mending bekas oli yg masih ada didalam mesin kecampur dgn oli baru.

  7. 21 Juli 2011 pukul 8:15 pm

    ane aja nunggu biar turun sendiri

  8. 10 Toto
    21 Juli 2011 pukul 10:28 pm

    pada bengkel resmi kompresor menggunakan water filter yang menyaring uap air pada udara di kompresor tersebut, coba perhatikan, jadi kemungkinan masuknya air ke dalam mesin sangat kecil.

  9. 11 Dismas
    23 Juli 2011 pukul 9:37 am

    motor bebek jg ada filter olinya kah ? baru tau 🙄

  10. 23 Juli 2011 pukul 9:56 am

    pak, semprot daleman mesin pake kompresor setelah ganti oli emang gak boleh, nanti oli baru yang udah diisikan jadi muncrat ke mana2 xixixixi :mrgreen:

  11. 14 Shark
    23 Juli 2011 pukul 10:23 am

    yang bener harusnya di starte tendang beberapa kali supaya oli yang masih di saluran oli atau pompa oli turun semua ke karter dan keluar lewat pembuangan juga…

  12. 15 akang ardan
    24 Juli 2011 pukul 11:30 pm

    wah baru tau saya.. makasih infonya nii..

    tpi bru sekali aja sih ngalamin gtu.. soalny ganti oli di bengkel biasa..

    oke lah.. besok2 di BeRes aja klo gtu..

    pelajaran baru niih..

  13. 16 kidung
    1 Agustus 2011 pukul 1:53 pm

    saya menggunakan oli duron exl di supra x125R sudah 15.000KM, hasilnya motor makin enak di buat perjalanan jauh, hebat banget pokoknya meskipun sudah digunakan 15.000KM. saya jual oli duron EXL Rp200.000, minat hub. 085730312120 wilayah surabaya

  14. 25 Juli 2012 pukul 10:56 am

    untung sekarang dah biasa ganti oli + filter sendiri..
    agak repot tapi puas 🙂

  15. 18 jerry
    20 November 2012 pukul 4:49 pm

    betul kata bapak haryoso .. saya setuju .. by . jerry ( Pt. Center Maju Motorindo Palembang ) heheheheeheheheheh

  16. 19 padli
    8 Januari 2016 pukul 3:11 pm

    mau pesan oli duron wilayah palembang … kalau ada minta tlg hubungi no 081279594450


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Juli 2011
S S R K J S M
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 8.499.917 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabung dengan 391 pelanggan lain

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: