Ketika berkunjung ke Suzuki Training Center, mas Harsoyo selaku instruktur tak lupa menerangkan mesin Suzuki Thunder 125. Menurutnya mesin Thunder 125 yang anyar berbeda dengan yang terdahulu. Ruang bakar misalnya desain kubahnya berbeda. Perubahan juga terjadi pada crankcase & letak dinamo starter. Menurut mas yang mengaku berbobot 100 kg ini ketika test ride tenaga si petir anyar lebih garang dibandingkan yang lawas. Yah lebih baik lagi sih kalo kapasitas mesinnya dinaikin 🙂 Kemudian getarannya juga minim berkat penempatan engine balancer. Monggo dilihat anatomotonya…
sip
saya yang awam masih bingung dengan klaim tenaga meningkat di thunder 125 baru ini. spek di kertas tenaganya 11,2 kalah dari tenaga thunder lama 11,5. bobot thunder baru ini juga jadi 130 kg berbanding 127 kg untuk thunder lama.
sayang body masih kek gitu:sad:
Thunder ini kayaknya sengaja dipertahankan utk mengisi jajaran sport klasik.
Tinggal nunggu adiknya brojol dg design futuristik
Thunder 125, motor laki seharga bebek…worthed lahhh untuk bikers kalangan menengah bawah
kurang mantep, gak ada engine cutting..
mesinku jadi keliatan jadul! 😥
tapi it’s ok! motor boleh biasa tapi kebersihannya harus luar biasa! (sambil bawa lap)
Wah kalo gitu sekalian dunk ngelap motor saya 😀
sayang body gak dirubah signifikan
SALAM KARET BUNDAR
piston thunder 125 banyak dikanibal buat pulsar 135 om,
bore sama tapi stroke thunder lebih pendek , itu yang jadi sasaran para penggila pulsar135
jemuran
https://sabdho.wordpress.com/2011/07/19/pulsar-220-ikut-ikutan-inden-apakah-bukti-barang-indihe-sudah-bisa-diterima/
keep brotherhood,
salam,
Sip infonya mas bro 🙂
bore gak sama bro…p135 kalo pake seher thunder jadi 150cc. soalnya bore thunder=vixion, stroke p135=vixion(beda dikit)
correct me if wrong
blok mesin sebelah kiri thunder lama kurang sreg,kaya setrikaan,lancip kedepan,gk tau yang baru berubah gk
Gw punya thunder 2008, lari sangat oke, cuma ganti gear belakang pake punya King, karburator karet vakumnya ganti yang 2o rebuan saja,pilot jet pakai punya Scorpio, saringan dibuka tutupnya saja tapi filternya masih terpasang tapi terdengar suara ‘ngook 2xx’ tarikannya jadi spontan . Thunder baru ini ternyata mesinnya lebih bagus yah bro ? kalau thundi gw bisa diganti blok mesin samping kirinya yang mirip kue pastel bisa nggak yah ?
Menurut pihak Suzuki mesinnya lebih responsif & minim getar. Kayaknya kalo ganti blok mesin gak bisa deh secara desainnya sudah berbeda.
Q pny thunder’07 lari kenceng,ampe 125-135 mesin&karbu masih standar tpi napa mesin tiba2 mati lok di pake touring?
Businya mungkin kurang cocok kali bro ato udah waktunya ganti.
Biasanya motor Suzuki dipasang spuyer kecil bro jadi mungkin bensinnya tekor diputaran atas.
coba naikkan Pilot jet dri 12,5 ke 17,5 dan main jet dri 107,5 ke 110/112,5 biar lebih mantep pake booster pengapian, agar pengapian stabil.
gue pria 65kg. kalo naik new thunder 125 boncengan dengan 1orang 60 kg kira-kira lari max berapa kph ya? dan akselerasinya gimana?
untuk akselerasi maksimal harus gas pol tiap-tiap gigi, top speed paling 90 kpj
thundi sy taon 2004(keluarn pertama) warna hitam tapi sampai sekrang masi bisa lari 110 kpj( berat saya 92) kondisi mesin standar pabrik cuma buka tutup filter udara n setelan udara d karbu 3,25 x 360 busi standar copot ringnya
moga bermanfaat
mas mesin saya bunyi berisik solusi y apa ya mas,trus setelan kelif yang pas gimana ya mas?
mas mesin saya bunyi berisik untuk setelan katup kelip yang pas berapa?
Aduh maaf mas bro…untuk setelan celah katup saya kurang ngerti. Ada rekan2 pembaca yang bisa bantu ???
ganti tensioner rantai keteng,, jadi alus lagi bunyinya
bawa ajah ke bengkel gan masalah setel gituan, sekalian servis gitu
bos,kok mesin thunderku kalau buat nanjak cemen bangen,tolong kasih solusi biar motorku bertenaga and dapat melibas stiap tanjakan???.
Kondisi mesin kudu sehat, tune up & ganti oli. Kalo masih nanjaknnya kurang ngejoss saran saya ganti gir belakang dengan ukuran yang lebih besar (naik 2 mata).
Neh ada Modif tenaga thunder 125 biar tenaganya gede hanya dengan sedikit ubahan.
Rahasia Thunder 125 : http://thundersurabaya.org/index.php?option=com_content&view=article&id=127:rahasia-thunder-125-&catid=35:thunder-news
kayaknya ente ngga kenal karakter thunder yang stroke pendek…kalo gak pengen loyo…RPM harus terjaga di atas 7000. ini motor jenis high revving engine yang power baru keluar di rpm tinggi
mas,, thunder sy tenaganya kurang penyebabnya apa ya, karbu bagus, coupling baru 6 bln, stater tokcer, knalpot ga keluar asap tapi basah dengan oli, trims mas !
gambar engine balancer kok batang kruk as dan mur-nya…hadeh
mantep honda banyak inofasinya
mas sya pux thunder 08′ knpa ya stater tnganx ga berfungsi,
bsa ksih tau ap pnyebabx???
saya ingin tanya kenapa motor thunder saya klo di bawa kencang tiba suka mati sendiri dan saya harus tarik cuk dlu baru bisa jalan agak normal…. tenaganya pun terasa berkurang
Problem saya Thunder 2008(dua bulan terakhir ) suka mati klo tarik gas habis di parkir ato lagi jalan tiba2 gas drop mati ; distater nyala tarik gas (4000 rpm ) mati ; apa penyebabnya;Thunder 2008 mesin semua masih ori terakhir ganti karet vakum SGP ; km 44ribuan ; ganti oli setiap 2000km ;
kuras tangki dan bersihkan dari kerak….kalo problem berlanjut brarti udah saatnya ganti karet skep vakum,, harga sekitar 300rb
ventilasi udara pada penutup tangki bisa saja tersumbat, filter bensin yg kotor, pilot jet mampet (intinya terjadi karena bensin gak turun), kalo memang sehabis parkir dan parkiran itu kena terik matahari yg menyengat bisa saja permasalahan di lubang ventilasi tutup tangki motor, kalo memang terjadi coba buka sebentar tutup tangki agar terjadi sirkulasi udaranya
produksi satria f 125, satria f 150 ganti body jadi fxr injeksi, thunder naikin 150 cc body ganti
Thunder 125 ntu mesin dasarnya mesin trail suzuki DR-Z 125, harusnya akserelasinya spontan didukung lagi dengan karakter mesin Overborenya yg ukuran pistonnya lebih besar dari langkahnya, karakter alami thunder seharusnya kencang.
cuma ni mesin dicekek abis dengan porting yg sangat sempit, kem dengan dudukan model leher babu, karbu vakum Bs26ss diisi spuyer kecil(dijamin kering), perpembalik pada klep buang(tetap irit pada putaran tinggi tapi tenaga terhambat, cdi model TCI dngan limit rendah, didukung dengan bobot yg berat. dijamin larinya ngos-ngosan.
tapi dengan sedikit penyempurnaan ane jamin ni thunder larinya bakal kenceng.
basis mesin thunder sudah ada sejak 1982 , dan iya betul DRZ 125 juga satu basis tapi dia lebih baru. yang edisi perdana itu GS 125 ES 1982
http://www.bikez.com/motorcycles/suzuki_gs_125_esz_1982.php
dan DRZ 125 kalo gak salah venturi karburatornya lebih kecil pake 20mm sedangkan Thunder 26mm
http://www.motorcyclenews.com/MCN/bikereviews/searchresults/Bike-Reviews/Suzuki/Suzuki-GS125ES-1982-2000-/
harga mesinya berapa gay
maap abang abang semua saya mau tanya, bisa engga ya kalo thunder 125 .tahun 2004 pasan kick starter … kalo bisa berapa duit yang pasti keluar… maksihh
http://jashujangrosirmurah.wordpress.com