Kapasitas oli mesin tiap kendaraan berbeda2 tergantung dari kapasitas mesin. Untuk motor ada yang butuh 800 ml, 1 liter, 1,2 liter dst. Mobil juga begitu ada yang 3,5 liter, 4 liter dst. Ibarat darah dalam tubuh manusia, oli mesin mempunyai peranan penting untuk menjaga kinerja mesin serta melindungi jeroan mesin dari keausan.
Tak sedikit anggapan yang mengatakan bahwa dengan menggunakan oli mesin yang banyak bisa melindungi mesin lebih baik. Salah satunya yang sering ditemui adalah menambahkan oli mesin melebihi kapasitas yang telah ditentukan. Padahal cara demikian adalah salah. Dampak dari kelebihan menuangkan oli ke dalam mesin adalah :
- Beban kerja pompa oli terganggu karena jumlah oli yang berlebihan.
- Kopling menjadi selip karena kampas kopling terlalu basah oleh oli. Tarikan mesin menjadi berkurang & konsumsi bensin menjadi boros.
- Crankshaft / poros engkol akan terendam oleh oli. Akibatnya saat mesin bekerja oli akan berbusa dan bisa menyebabkan mesin menjadi kegerahan (panas).
Nah oli karena itu pastikan bahwa jumlah oli mesin takarannya pas dengan cara melihat batas ketinggian oli lewat batang dipstick. Kalo kurang segera tambahkan oli mesin.
ada yang menambahkan oli pada mesin motornya karena rembes, atau berkurang tanoa tahu sebabnya, nah.. takaran kaya gini yang kadang mbingungi Pak Mit….
Memang beberapa oli ada yg mudah menguap (istilahnya seperti itu). Alangkah baiknya jika kita rutin ngecek ketinggian oli lewat dipstick misalnya setiap 2 minggu sekali ato sebulan sekali.
biasanya oli pabrikan (rata2 smuanya sama) yg sering mudah nguap.hehhe
untuk motor yang pakai oil cooler itu gimana om untuk kapasitas mesin yang sama?
Nah tinggal liat aja di buku petunjuk butuh olinya berapa banyak 🙂
ngga punya motor ber oil cooler, masih pendingin AC (angin cemilir)
nice info mas .. 🙂
Terima kasih kembali mas bro…
Betul pak de, kalo ngisi oli harus sesuai dengan kapasitas yang tertera dimesin motor ato mobil
iya om,
kemarin pulsar temen ane rontok gara-gara dia lupa ngecek level ketinggian oli .
kalau ane si 2 minggu sekali maximal ngecek olie mesin dan nambahi kalau memang level olie dibawah garis min
keep brotherhood,
salam,
kalo ketinggian beban mesin bertambah
http://extraordinaryperson.wordpress.com/
setuju pak mit
dulu pernah berpendapat seperti itu
kalo kebanyakan oli biasanya perseneleng jadi agak keras/alot. pindah gigi/netral jadi agak susah….
semua yg berlebihan tu mank ga baek… 🙂
Kebanyakan pemikiran orang2 pada salah yah…hehehehe…
Eh tanya dong mas Mit, Oli Duron itu piye?baguss kah,hihihihih…kepincutt soalnya sama testi2 yg udah pernah pakai…
Ntar saya biqin artikelnya…
klo batas dipsticknya itu yg mana pak mit?bingung….
Di dipstick kan ada garis batas upper & lower ato max & min ato juga dalam bentuk garis.
bro mit, ane isi oli sesuai takeran tapi koq ketinggian selalu lebih dikit dari bates maximal dipstick yah.. 😯
tanya : mau nyari oli 20W50 yg bagus apa yah ? yg harga sekitar 50rb an.. thank’s 😉
Harga segitu pake oli BM1 lumayan oke mas bro…
https://blognyamitra.wordpress.com/2011/03/30/review-oli-bm1-boleh-juga-nih/
disilnyalir motornya bebek honda.
karna oli 800ml kelebihan 100ml untuk bebek/ matic honda yg kapasitas olinya hanya 700ml.
gan mtor sya baru inreyen nih. .trz iseng2 liat dipstick oli nya cuman 1/4. .bgusnya tambahin 0linya apa dibiarin aja. .trimz.
kudu ditambahin olinya mas bro,sebaiknya pake oli dengan merek yg sama.
batasnya yang mana y,,
Kalo ane gk pake patokan ukuran oli per botol nya, misalnya motor distandarisasi pabrikan harus pakai 0,8 L atau 800mL, tapi kalo ane gk langsung tuang begitu aja, misal beli oli ukuran 800mL nah ane isi bertahap sampai kira2 700mL, lalu ane ukur lagi pake dipstick, kalo sudah ok (antara batas uper dan lower) berarti sudah cukup, kalo kurang tinggal tuang lagi, biar pun yg masuk cuma 750mL atau bahkan 799mL sekali pun, yg penting pas,,, coz kalo main isi sampai tetes terakhir dijamin kelebihan, dijamin diatas batas upper.
Jadi, patokan ane adalah dipstick, bukan kapasitas oli, ane aja sering beli oli yg 1 liter kok, coz motor ane kalo ganti oli biasanya ane tap lewat samping biar sekalian bersihin filter olinya (motor ane drain bolt nya ada 2, kalo lewat bawah gk perlu lepas filter oli, filter oli ane tipe kawat kasa, bukan kertas), nah biasanya butuh kisaran 900mL atau 0,9L, makanya ane pake patokan dipstick coz gk ada oli yg dijual per botol dengan ukuran 900mL 😀
Wah jangan terlalu patokan dengan tulisan di manual book motor loh. Nih pengalaman gw:
Mesin motor gw ada jendela buat ngintip level oli mesin (mirip kaca di tabung minyak rem), dan kalo gw baca di buku manual sih butuh 2,0 liter (ganti oli thok tanpa kuras n ganti filter).
Nah gw ikutin donk saran buku manual motor gw, ganti oli isi 2 botol oli 1liter, berarti pas 2 liter donk? Sesuai manual donk?
Eh taunya 2 botol gw tuangin diintip di jendela oli mesin cuma nyentuh bates “Lower” Lha kalo selama pemakaian ada oli nguap gimana? Dibawah batas low donk? Dan lu sndiri tau kalo selama dipakai PASTI sebagian oli akan menguap, jadi harus dikompensasi.
Ya terpaksa gw beli 1 botol lagi, tambahin skitar 500ml baru deh pas levelnya di tengah2 garis lower dan upper. Total 2.5 liter donk? Padahal di buku manual jelas2 tertulis ganti oli reguler = 2 liter!
Artinya ruang mesin masih bisa toleransi oli dalam jumlah sedikit berlebih dan tidak ada masalah. Ada batas bawah dan atas, yang artinya kapasitas oli ada rentangnya, tidak absolut harus tuang X mililiter.
Jangan terlalu terpaku pada apa yang tertulis di buku manual. Ikutin aja bacaan dan indikator yang ada di motor ente.