Inreyen ato dalam bahasa Belanda “Inrijden” merupakan istilah yang sudah lama dikenal oleh pengguna kendaraan. Istilah lain inreyen adalah masa running-in. Pada waktu inreyen, kendaraan tidak boleh langsung dibawa kencang karena tujuan dari inreyen agar mesin melakukan penyesuaian terhadap komponen2 logam di dalamnya. Dengan adanya inreyen, keausan komponen mesin seperti piston ato dinding silinder dapat dihindari.
Seiring dengan perkembangan teknologi, mesin2 saat ini dibuat dengan tingkat kepresisian yang tinggi sehingga inreyen tidak perlu lama2 seperti kendaraan2 zaman dulu. Yang perlu diperhatikan ketika masa inreyen adalah jangan sampe telat mengganti oli mesin. Pada umumnya ganti oli mesin pertama kali adalah di km 300 ato 500. Gesekan2 yang terjadi antar komponen mesin akan menimbulkan semacam gram2/kotoran2. Nah kotoran2 tersebut akan bercampur dengan oli & ikut bersirkulasi di dalam mesin. Untuk menghindari / mencegah keausan… pabrikan mensyaratkan agar oli mesin diganti pada km 300 ato 500.
Selain jangan ampe telat ganti oli mesin pertama kali, jalankanlah kendaraan dengan normal misalnya jangan dipacu pada kecepatan tinggi, oper gigi pada RPM tinggi ato bawa beban yang terlalu banyak (overload). Yah pokoknya yang wajar2 ajalah…
inget motor pertamaku dulu hsx125, kamis STNK & Plat no. Turun sabtu pagi langsung tempuh +/- 550 km cikarang – pwrj/jogja 😀 mudikjogja 😀 mudik
Tak reyen sik komene…
Mosooooookkkk….
betul,,, tambah ilmu nih, moga aja tahun depan bisa nerapin 😀
waduch,aq lgsung tak go ngebut
aku ra iso alon Pak Mit, pripun niki :D… langsung kebut
setuju bro…..segala hal prinsipnya perlu penyesuaian dulu kalo mau awet/langgeng….
kalo di MotoGP, inreyennya cuma bentar ya…. sekali putaran….. abis itu digeber kenceng2…..
Artikel kayak gini yang bagus bro,laik dis.ane ganti olinya malah cuman dua hari pake,kurang dari 50 km,yang kedua di 300 km,yang ketiga di 500an km,servis gratis,bokap bilang mending keluar duit lebih daripada masa pakainya lebih pendek dari harapan….
nitip
http://www.nanared.wordpress.com/2011/07/14/kenapa-bukan-matic/
SALAM KARET BUNDAR
kec max & rpm max yg disaranin berapa masbro?
Biasanya di buku petunjuk pemilik kendaraan ditulis. Kalo Vixion saya dulu waktu reyen jalan di kecepatan 60-80 km/h trus oper gigi di RPM 6000 udah cukup.
Siip Ilmunya, tapi duh dah kebelet ngebut hari pertamaku reyen, aku buat bolak balik tapi di jalan datar bebas hambatan, yah moga ga apa wis…..
Aahhhhh…. inreyen tuh cuman akal2an penjual aja, dasar pengusaha ga mau rugi, justru masa2 inreyen itu mobil/motor musti di bentet habis2an, hilux (diesel) kami aja baru 78 km sudah tak bentet 140 kph di toll… sama tak pakek maen lumpur habis2an… toh jugak kalok kenapa2 kan masih garansi (liat buku panduan)….. kalok sudah habis masa nya inreyen rusak kan jdi tanggung jawab kita coyy….!! JUSTRU UTK NGETES KETANGGUHAN SUATU PRODUK ITU HARUS DI BENTET HABIS PAS MASA INREYEN, KAN MASIK GARANSI…..!!!!
LIAT AJA BIS MALEM,,, MANA PAKEK INREYEN2AN….