11
Jul
11

Jangan Lupa Ganti Air Radiator…!!!

Masih banyak yang kurang memperhatikan air radiator (water coolant). Air radiator perlu diganti secara berkala. Tujuannya selain untuk melindungi dari penyakit kanker karat, juga menjaga kemampuan coolant untuk selalu mengikat panas.

Apa sih akibatnya jika air radiator tidak diganti ??? pertama kemampuan coolant untuk mencegah mesin panas (overheating) akan berkurang. Kemudian juga bisa menyebabkan gumpalan2 mirip lendir yang dapat menyumbat saluran sirkulasi pendingin mesin (pernah ngalamin soalnya). Kalo saluran radiator sudah menyumbat karena banyak kerak akibatnya mesin bisa mengalami overheat. Kapan waktu yang ideal untuk mengganti air radiator ??? yang pas adalah tiap 12.000 km ato 1 tahun sekali. Sudahkah mas bro sekalian melakukan ritual ganti air radiator…???


47 Tanggapan to “Jangan Lupa Ganti Air Radiator…!!!”


  1. 11 Juli 2011 pukul 7:24 am

    1tahun paling cuma dpt 6000km je,
    jd 2 thn kan?

  2. 11 Juli 2011 pukul 2:30 pm

    mantap`bro, gue jadi inget motor nich,
    mksh banyak da ngingetin, he, he, he,,

  3. 9 lutfi
    11 Juli 2011 pukul 5:24 pm

    kata tukang radiator jangan pake coolant, malah ngerusak radiator. yg bener yang mana yah?

  4. 11 ogoh
    11 Juli 2011 pukul 7:06 pm

    Sbenernya mana yg lebih efektif antara watercoolant atau air non mineral ya mas? Soalnya rata2 tukang serpissss radiator lebih suka pakai air non mineral (air accu isi ulang), karna mnurut mreka watercoolant punya sifat mengikis. Dan lagi air non mineral yang sudah dipakai diradiator tidak berbau sperti watercoolant. Coba deh saat ganti watercoolant dihirup dengan khidmad tuh baunya…sedaaapppp 😀
    Masih banyak lagi sih keunggulan air nonmineral.

    • 12 Juli 2011 pukul 8:07 am

      Saya pernah dengar juga kalo tukang servis radiator pake air isi ulang aki. Hal itu juga bisa diterima karena airnya memang benar2 murni. Namun kalo dibandingkan coolant jelas lebih bagus coolant karena dia bisa mengikat panas. Selain itu coolant diberi aditif anti karat. Ini yang tidak ada di air aki. Dari pabrik,kendaraan2 baru langsung diisi coolant.

    • 13 Rollerman
      13 Juli 2011 pukul 10:17 am

      waduh kalo punya sifat mengikis brarti PHnya tinggi dunk???
      yaa mending coba test PH buat keduanya,biar ngerti mana yg ngikis

      yaa tiap pabrik kan udh ngerti mana yg baik buat mesin

    • 14 Tofan
      16 Januari 2017 pukul 8:51 pm

      Semoga bermanfaat, coolant lebih bagus, tetapi yg perlu diperhatikan, tiap coolant berbeda beda jenis ketahanan kadar pendinginnya terhadap panas mesin, begitu kadar pendingin mencapai batas minimum, dia akan berubah menjadi kotoran dengan cepat. Saran, ganti coolant, cek tiap bulan…selamat mencoba

  5. 11 Juli 2011 pukul 8:49 pm

    Wah abis lebaran ganti ah….

    Makasih ilmunya…

  6. 11 Juli 2011 pukul 10:05 pm

    pcx ane baru juga 6000km udah ampir abis coolantnya… langsung isi lagi deh..
    apa klo matic lebih boros ya?

  7. 12 Juli 2011 pukul 5:56 am

    motornya ane sih kuno om, air cooled

    :mrgreen:

  8. 19 raya
    12 Juli 2011 pukul 8:24 am

    matik saya gak pake radiator, yang pake radiator malah komputer.. dan sayangnya saya gak tau komputernya dah jalan berapa km karena gak ada odometernya..

  9. 20 dnugros
    12 Juli 2011 pukul 11:03 am

    diganti air susu cap nona boleh ngga pak de? 😀

  10. 22 pengenml
    13 Juli 2011 pukul 12:39 am

    Pokoknya jangan pakek air mineral kemasan seperti aqua dsb… bisa rontok tuh radiator…
    Btw, nice info kang…

  11. 14 Juli 2011 pukul 11:26 am

    wah info nya sangat bermanfaat bagi saya.. terimakasih bro….

    oia satu lagi masukan buat bro-bro sekalian : jangan lupa melakukan pembersihan pada kisi-kisi radiator, sehingga sirkulasi udara untuk mendinginkan water coolant merata di setiap area radiator.

  12. 24 Adit bukan Aidit
    15 Juli 2011 pukul 9:39 pm

    bentar lg pak mit..baru 11100 😀

  13. 25 aangski
    24 Juli 2011 pukul 1:51 am

    ane mau tnya ane pnya ninja rr waktu itu ade sy salah masukin oli samping ke tempat air radiator…solusi gimana ya?

    • 25 Juli 2011 pukul 7:14 pm

      Solusi paling pas radiatornya dikuras. Kemudian isi air ke dalam radiator trus campur dengan cairan radiator flush yang bisa dibeli di toko2 oli.

      • 27 fahmy
        3 September 2014 pukul 7:35 am

        kejadiannya sama sperti yg baru sya alami kmaren, trus efeknya gimana ya gan klau mtor yg salah masukin oli samping kdalam radiator sudah pernah digunakan jalan ? oli samping yg sudah masuk kedalam saluran radiator apa tdk merusak mesin.?

  14. 28 aangski
    24 Juli 2011 pukul 1:57 am

    ane mau tnya ane pnya ninja rr waktu itu ade sy salah masukin oli samping ke tempat air radiator…gimana solusinya ya?

  15. 29 jagonya
    26 November 2011 pukul 8:51 pm

    kalo pake satuan HM ( hour meter ) bagaimana ??

  16. 30 beung
    14 Desember 2011 pukul 4:22 pm

    kalo radiator mobil perlu pake coolant jg ga? soalnya dulu waktu masih kecil pernah liat bokap gw isi air radiator mobilnya cuma pake air sumur aja…

    • 14 Desember 2011 pukul 7:37 pm

      Air radiator bisa diisi dengan 2 cara yakni air biasa/ledeng ato air khusus radiator (coolant). Saat ini radiator lebih banyak yang diisi dengan radiator coolant karena beberapa kelebihannya seperti sifat airnya tidak mengandung korosi sehingga bagian dalam radiator terhindar dari karat.

  17. 22 November 2012 pukul 6:31 pm

    Coolant yg bagus buat ninja mereknya apa ya bos?

  18. 34 ardie
    25 April 2013 pukul 8:19 pm

    makasi bro atas smua info nya . . .
    krna saya juga bru brpa bln pake vixion.

  19. 35 yudhis peratiko
    27 Mei 2013 pukul 7:26 pm

    bang saya kan ga ganti air radiator udah 7 bualan,, apa pengaruh sama seher saya? ..

  20. 37 jalotup
    21 Agustus 2013 pukul 1:34 am

    tkng servis radiator nyaranin pke air murni? hahaha..

  21. 38 jalotup
    21 Agustus 2013 pukul 1:38 am

    ya jelas dong,biar sikonsumen jd langganan servisnya,pabrikan mobil skrng rata2 pake coolant agar radiator awet tahan lama jd ga perlu cepat2 dtng k tkg servis radiator tsb…lebih irit mana?

  22. 13 September 2013 pukul 5:50 pm

    Bro.. Mtor ninja rr gua td abs kuras radiator cz cpt over heat.. Nah gua pake colant yamalube.. Eh pas jln kira kira 4 km.. Kluar asap dr daerah radiator.. Kira kira itu karna pke colant yamalube bkn.. Tlg dibls thanks

  23. 41 huda
    2 Januari 2014 pukul 3:46 pm

    om kalau motor baru beli itu dari sono dah dikasih water coolant atau belum ya, ama oli rem kok radiatornya panas banget

  24. 11 Februari 2014 pukul 9:03 am

    gan saumpma ganti air colantnya dignti sndiri drumah gax papa gan,? apa harus keberes,?

  25. 6 Juni 2014 pukul 8:27 pm

    kalo belum setahun tapi udah 12000 km gimna ?

  26. 47 Tomy
    1 Januari 2018 pukul 3:31 pm

    Thanks info nya sangat bermanfaat


Tinggalkan Balasan ke blognyamitra Batalkan balasan


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Juli 2011
S S R K J S M
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 8.541.637 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabung dengan 391 pelanggan lain

Blog ini mendukung