Misalnya punya duit Rp33juta… Mas bro & sis juga bisa dapetin mobil bekas yang performanya gak kalah garang dengan yang muda2. Saya beri contoh aja deh…misalnya Toyota Corolla DX yang beredar antara tahun 1980-1984. Yang keluaran 1980-an ancer2 harganya sekitar Rp20juta. Setelah didapet rondonya, langkah selanjutnya adalah ganti mesin (swap engine).
Pilihannya yang paling terjangkau adalah mesin 4A-GE DOHC 16 katup berkapasitas 1.587 cc. Sebongkah mesin legendaris 4A-GE ini harga pasarannya 4 juta. Girboks terserah mau pake bawaan Corolla DX yang masih menganut 4 speed ato mo ganti yang 5 speed ??? Kalo mau agak agresif bisa pilih yang 5 speed tinggal nambah duit 2 juta. Kalo sudah cukup puas dengan yang 4 speed yah silakan 🙂
Kalo ditotal kan masih ada sisa duit tuh…yaitu sisa 9 juta (girboks standar) ato 7 juta (sudah ganti girboks 5 speed). Terserah buat mo ganti onderdil lain yang sudah usang, pasang piranti pendongkrak tenaga ato ngecat ulang biar kinclong.
Boil boleh jadul, urusan ngacir gak bisa dipandang remeh… 🙂 Gimana pendapat mas bro sekalian ???
masuk akal bgt…! retro rules! ^_^
Kalo swap2an gitu stnk ne gimana om?bpkb juga?Kalo swap2an gitu stnk ne gimana om?bpkb juga?
takone pdo lek..
STNK ya kudu dirubah…tapi ada beberapa bengkel / mekanik yang bisa mengakali no mesin lawas nemplok di mesin yang baru diganti… Ada juga yang cuek aja, begitu mo bayar pajak 5 tahunan (ganti STNK/plat) mesin lawas dipake lagi buat esek2 cek fisik, begitu kelar dibalikin lagi pake mesin gres
hayooo,bro Mitra mau ngajarin KORUPSI nehh.hehehehe peace
klau d psang d kjg apa sama dudukan mesinnya mas bro
soal stnk mah kecil bro,yg penting ada faktur pembeliannya[bukan mesin colongan] & mesin ori di simpan di rumah sebagai jaga2 seandainya ada oknum pihak yg berwajib yg mau memeras anda.
prosedurnya pun gampang tinggal lapor samsat bilang saja mesin jebol atau ancur habis nabrak juga boleh.nanti tinggal ikuti langkah2nya,saran saya bawa saudara yg ngerti hukum saat mengurus ini untuk mengurangi resiko oknum2 pungutan liar.
soal bujet sih memang lebih mahal 2-4x lipat dari yg di atas apalagi pajak pertahunnya
tp sebanding lah dengan kenikmatan mengendarainya di mana pun kita berada.
tanpa harus merasakan getaran cinta saat bertemu mbak2 polwan. 😀 😀
setujjjjjjuuuuuu
ada yang udah swap2an dan beres bpkb-nya gak?
corolla dx body kaleng, ya mending inilah….., baru setelah punya yg ini, pas ada duit lagi baru beli motor, tapi sepertinya cbr 150 bukan pilihan tepat (IMHO)
naaah… ini namanya penghematan otomotip!!
Bagi yang berkantong cekak duit segitu bisa dibeliin NSR 150 R tahun 97’an sisanya ditabung untuk kebutuhan dana masa depan 😀
Bodong
Brarti maen swap2an itu kasarannya jg maen akal2an di surat2nya dong?trus dapet mesinnya darimana om?resmi atau …
–
-kalo ‘begituan’ mendingan ninja rr atau cbrnya,takutnya kalo mesin ilegal ndak berkah+bikin petaka xixixi..
Iya bisa dibilang seperti itu 🙂 dapet mesinnya di tempat junkyard, biasanya limbah dari Singapura ato Jepang. Nah supaya resmi & legal sebaiknya ubahan ganti mesin dilaporkan ke samsat 🙂
kayak om jauhku yg ngganti mesin Civic Genionya dengan mesin Civic Integra dari Singapura. Itu emg limbah, bekas tabrakan, tp mesinnya masih bagus, udah VTEC malah.
BTW:om saya itu ganti mesin karena blok mesin lamanya belah, dipake kebut gak kenal ampun
udah terkenal di keluarga besar saya sifat sembalapnya
jajane malah akeh…
harus siap bolak-balik bengkel
target pasar cbr 150r kan menengah ke atas…
mana mau mereka beli mobkas selevel corrola wong beli motor cuma dipake sabtu minggu doang… 😀 alias buat gengsi anak2 juragan yang baru belajar naik sport….
semua tegantung selera dan keinginan,,,wkwkwkwk
hemm… judulnya mau ngirit tp rekoso. simpel aja.. kalo punyanya duit baru 33jt ya jangan beli motor yg harganya 33jt dan jg bukan beli mobil second dg harus swap sana sini.. maksa aja itu. buat yg merasa cukup mampu duit buat hidup. harga motor diatas 33jt pun kalo dah seneng jg ditebus,dan kalopun jika beli mobil second jg yg ga mesti ganti sana sini.
ini kan ngasih alternatip masbro
ga hobi sama boil mzbro mitra
pilih beli ninja RR aja lahh 😎
http://yayang125.wordpress.com/2011/07/05/spy-shoot-kang-haji-taufik-hidayat-test-konsumsi-bbm-supra-x-125-pak-sarung/
ini blog R2 bukan sih, ngasih alternatifnya kok R4 jadul gitu. pengunjung disini kan rata2 biker sejati 🙂
Blog ini isinya gado2 bro 😀
ga smuanya kok bro. Lagian lebih enak yg gini. Jd gado2, ga ngebahas motor mulu
saya sendiri jg penggemar mobil dan motor.
Mau komen dulu … sudah lama enggak komen 😀
Kalau mesin diesel 2500 – 3000 cc untuk Engine swap blazer bagusnya apa ya ?
Wah kalo mesin swap yang cocok buat Chevrolet / Opel gak ngerti bro….maap…
beli mobil bekas taxi aja…hehe..murah dan masih kinclong lagi..
PIss
walah…mo maen retro bro?? dibeliin eterna gti dah langsung ngejozz………cakram depan belakang pulak..velg dah std buat rally….mesin juga 2000cc,,,,,tinggal isi bensin dan ngebut!! setan jalanan tuh…bentuknya juga cukup macho………
waduh, demenannya bapakku tuh eterna, hehehe
mantapo , roso roso
murah ya mesinnya? ntar klo turun mesin dan keliatannya habis banyak engine swap lagi aja..hehehe
Kesengsem sama Lancer DanGan. Brapaan yah hargana?
BTW:tipe Corolla ini klo gak salah masih K series kan yah? sejenis sama Kijang
engine swap pake 4AGE jelas mantap……..
Klo harganya sih biasanya malah ga sampe 20 jt om, paling mahal segitu sih, tapi umumnya 15 jtan. Bner2 jadi alternatif yg murah dan menguntungkan
Lancer Dan Gan katanya sih di kisaran Rp30jt-an. Yup,Corolla DX mesinnya K-series.
gubraks: kirain udah kisaran 20 jtan :ngarep
wakwakwka, saya aja baru mulai kuliah, mobil sih bs nanti, duitny lom ada
Assololey icik icik ehm..
wah, sori… bukan “HOMOSEK” (hobi mobil sekon)… hehehe 🙂
Bujuuuug ada2 aje nih masbro, kirain homosek apaan ? dah serem dengernya !
CoDex + 4GE, yang belon Puwer SetirRingngan, berapaan ya pasang PosTer, inpoh dong Mas TS ?
Tanya donk… klo mobil matic rusak (misalnya baleno or getz)… berapa duit sich yang musti dikeluarkan ??? thanks….
Ongkos jasanya aja Rp1 juta lebih. Kalo harga suku cadangnya tergantung merek & tipe mobilnya.
dx pake mesin ini kalo bisa ganti gardan jg, klw standart dx takut gk kuat menopang tenaga mesin ini + biaya swap enginenya aja jg udh 5jtn gan
bro, tanya : beli mesin 4A-GE dimana & brp ya ..?
btw, ga salah harga mesinnya cuma segitu ?? 😯
thanks 🙂
Di jakarta banyak yang jual,di bengkel2 spesialis balap biasanya ada seperti Garden Speed, Sigma Speed, REV Engineering.Bisa juga berburu ke limbah khusus mesin eks singapore.
4AG dibawah 10jt sama gearbox???? Gw mau beli deh kalo ada 5 unit boleh juga, kalo gak ada 1 unit jg gpp.
Bener tuh. 4AGE 4jtan? Gilak.
Gw beli 5 set kalo ada.
Setau gue +10jt–20jt keatas tergantung keadaan.
😂
pak, mesin dx itu masih RWD….mesin membujur….sedangkan 4age itu biasanya fwd….mesin melintang……bakal susah modifikasinya,bro……
memilih engine untuk di swap juga harus mempertimbangkan faktor2 teknis lainnya, sepeti rasio girbox, final gear, engine mounting dll
Nice Thread,
Cuma sayang sekarang harga 4AGE ga dapet 4 juta nampaknya,. 🙂
saya punya carry 1.5 2012 g punya surat, sementara gua juga baru beli carry yg tahun 2004 yg lengkap, bisa ga saya pindahin nomor mesinnya ke carry 2012 ??? ada yg tau ilmunya??
4AGE itu mesin ae86, ae86 itu RWD kali bro
Bisakah corolla dx pakai mesin avansa 1300 cc?
Byk ngrubah dudukan mesin dan sgala macem ga bos?
Dx 80 bisakah pake mesin avansa?
Banyak ga yg perlu di rubah
Bisa minta contact person kemana???
saya mau swap engine pakai 4A—GE.
utk mibil corona 76
Kl namanya hobi itu ga bisa kl hanya beli mateng. Kl ga ikut bangun mulai dr awal rasanya kurang gmn. Untuk yg ga hoby retro classic memang mikirnya pasti ribet. Tp bagi penggemar classic kayak saya ya yg ribet itulah yg jd kepuasan saat uda jd. Salam retro.