06
Jul
11

Rp33 Juta…Bagaimana Kalo Pilih Yang Ini…??? Gak Kalah Ngejoss…!!!

Misalnya punya duit Rp33juta… Mas bro & sis juga bisa dapetin mobil bekas yang performanya gak kalah garang dengan yang muda2. Saya beri contoh aja deh…misalnya Toyota Corolla DX yang beredar antara tahun 1980-1984. Yang keluaran 1980-an ancer2 harganya sekitar Rp20juta. Setelah didapet rondonya, langkah selanjutnya adalah ganti mesin (swap engine).

Pilihannya yang paling terjangkau adalah mesin 4A-GE DOHC 16 katup berkapasitas 1.587 cc. Sebongkah mesin legendaris 4A-GE ini harga pasarannya 4 juta. Girboks terserah mau pake bawaan Corolla DX yang masih menganut 4 speed ato mo ganti yang 5 speed ??? Kalo mau agak agresif bisa pilih yang 5 speed tinggal nambah duit 2 juta. Kalo sudah cukup puas dengan yang 4 speed yah silakan 🙂

Kalo ditotal kan masih ada sisa duit tuh…yaitu sisa 9 juta (girboks standar) ato 7 juta (sudah ganti girboks 5 speed). Terserah buat mo ganti onderdil lain yang sudah usang, pasang piranti pendongkrak tenaga ato ngecat ulang biar kinclong.

Boil boleh jadul, urusan ngacir gak bisa dipandang remeh… 🙂 Gimana pendapat mas bro sekalian ???

Iklan

54 Tanggapan to “Rp33 Juta…Bagaimana Kalo Pilih Yang Ini…??? Gak Kalah Ngejoss…!!!”


  1. 1 luv2ride
    6 Juli 2011 pukul 9:56 am

    masuk akal bgt…! retro rules! ^_^

  2. 2 lekdjie
    6 Juli 2011 pukul 10:10 am

    Kalo swap2an gitu stnk ne gimana om?bpkb juga?Kalo swap2an gitu stnk ne gimana om?bpkb juga?

    • 6 Juli 2011 pukul 2:17 pm

      STNK ya kudu dirubah…tapi ada beberapa bengkel / mekanik yang bisa mengakali no mesin lawas nemplok di mesin yang baru diganti… Ada juga yang cuek aja, begitu mo bayar pajak 5 tahunan (ganti STNK/plat) mesin lawas dipake lagi buat esek2 cek fisik, begitu kelar dibalikin lagi pake mesin gres :mrgreen:

    • 16 Juni 2016 pukul 12:21 am

      soal stnk mah kecil bro,yg penting ada faktur pembeliannya[bukan mesin colongan] & mesin ori di simpan di rumah sebagai jaga2 seandainya ada oknum pihak yg berwajib yg mau memeras anda.

      prosedurnya pun gampang tinggal lapor samsat bilang saja mesin jebol atau ancur habis nabrak juga boleh.nanti tinggal ikuti langkah2nya,saran saya bawa saudara yg ngerti hukum saat mengurus ini untuk mengurangi resiko oknum2 pungutan liar.

      soal bujet sih memang lebih mahal 2-4x lipat dari yg di atas apalagi pajak pertahunnya
      tp sebanding lah dengan kenikmatan mengendarainya di mana pun kita berada.

      tanpa harus merasakan getaran cinta saat bertemu mbak2 polwan. 😀 😀

  3. 8 dymass
    6 Juli 2011 pukul 10:13 am

    setujjjjjjuuuuuu

  4. 6 Juli 2011 pukul 10:50 am

    ada yang udah swap2an dan beres bpkb-nya gak?

  5. 10 Abu Tanisha
    6 Juli 2011 pukul 11:10 am

    corolla dx body kaleng, ya mending inilah….., baru setelah punya yg ini, pas ada duit lagi baru beli motor, tapi sepertinya cbr 150 bukan pilihan tepat (IMHO)

  6. 11 wong
    6 Juli 2011 pukul 11:37 am

    naaah… ini namanya penghematan otomotip!!

  7. 12 dnugros
    6 Juli 2011 pukul 12:36 pm

    Bagi yang berkantong cekak duit segitu bisa dibeliin NSR 150 R tahun 97’an sisanya ditabung untuk kebutuhan dana masa depan 😀

  8. 13 jape methe
    6 Juli 2011 pukul 2:18 pm

    Bodong

  9. 14 lekdjie
    6 Juli 2011 pukul 2:58 pm

    Brarti maen swap2an itu kasarannya jg maen akal2an di surat2nya dong?trus dapet mesinnya darimana om?resmi atau …
    -kalo ‘begituan’ mendingan ninja rr atau cbrnya,takutnya kalo mesin ilegal ndak berkah+bikin petaka xixixi.. :mrgreen:

    • 6 Juli 2011 pukul 3:56 pm

      Iya bisa dibilang seperti itu 🙂 dapet mesinnya di tempat junkyard, biasanya limbah dari Singapura ato Jepang. Nah supaya resmi & legal sebaiknya ubahan ganti mesin dilaporkan ke samsat 🙂

      • 12 Juli 2011 pukul 5:53 am

        kayak om jauhku yg ngganti mesin Civic Genionya dengan mesin Civic Integra dari Singapura. Itu emg limbah, bekas tabrakan, tp mesinnya masih bagus, udah VTEC malah.

        BTW:om saya itu ganti mesin karena blok mesin lamanya belah, dipake kebut gak kenal ampun :mrgreen:

        udah terkenal di keluarga besar saya sifat sembalapnya :mrgreen:

  10. 17 Pino Kio
    6 Juli 2011 pukul 7:20 pm

    jajane malah akeh…
    harus siap bolak-balik bengkel

  11. 18 apand
    7 Juli 2011 pukul 9:30 am

    target pasar cbr 150r kan menengah ke atas…
    mana mau mereka beli mobkas selevel corrola wong beli motor cuma dipake sabtu minggu doang… 😀 alias buat gengsi anak2 juragan yang baru belajar naik sport….

  12. 7 Juli 2011 pukul 10:08 am

    semua tegantung selera dan keinginan,,,wkwkwkwk

  13. 20 say no to BC
    7 Juli 2011 pukul 10:55 am

    hemm… judulnya mau ngirit tp rekoso. simpel aja.. kalo punyanya duit baru 33jt ya jangan beli motor yg harganya 33jt dan jg bukan beli mobil second dg harus swap sana sini.. maksa aja itu. buat yg merasa cukup mampu duit buat hidup. harga motor diatas 33jt pun kalo dah seneng jg ditebus,dan kalopun jika beli mobil second jg yg ga mesti ganti sana sini.

  14. 7 Juli 2011 pukul 12:44 pm

    ini blog R2 bukan sih, ngasih alternatifnya kok R4 jadul gitu. pengunjung disini kan rata2 biker sejati 🙂

  15. 7 Juli 2011 pukul 12:51 pm

    Mau komen dulu … sudah lama enggak komen 😀

    Kalau mesin diesel 2500 – 3000 cc untuk Engine swap blazer bagusnya apa ya ?

  16. 28 penggemar ninja
    8 Juli 2011 pukul 9:32 am

    beli mobil bekas taxi aja…hehe..murah dan masih kinclong lagi..

    PIss

  17. 8 Juli 2011 pukul 12:10 pm

    walah…mo maen retro bro?? dibeliin eterna gti dah langsung ngejozz………cakram depan belakang pulak..velg dah std buat rally….mesin juga 2000cc,,,,,tinggal isi bensin dan ngebut!! setan jalanan tuh…bentuknya juga cukup macho………

  18. 10 Juli 2011 pukul 8:51 am

    murah ya mesinnya? ntar klo turun mesin dan keliatannya habis banyak engine swap lagi aja..hehehe

  19. 12 Juli 2011 pukul 6:03 am

    Kesengsem sama Lancer DanGan. Brapaan yah hargana?

    BTW:tipe Corolla ini klo gak salah masih K series kan yah? sejenis sama Kijang :mrgreen: engine swap pake 4AGE jelas mantap……..

    Klo harganya sih biasanya malah ga sampe 20 jt om, paling mahal segitu sih, tapi umumnya 15 jtan. Bner2 jadi alternatif yg murah dan menguntungkan :mrgreen:

  20. 36 tuwek
    12 Juli 2011 pukul 2:55 pm

    Assololey icik icik ehm..

  21. 37 Dismas
    15 Juli 2011 pukul 12:59 pm

    wah, sori… bukan “HOMOSEK” (hobi mobil sekon)… hehehe 🙂

  22. 39 tripo
    17 Juli 2011 pukul 3:23 pm

    CoDex + 4GE, yang belon Puwer SetirRingngan, berapaan ya pasang PosTer, inpoh dong Mas TS ?

  23. 40 citrine
    30 September 2011 pukul 6:26 am

    Tanya donk… klo mobil matic rusak (misalnya baleno or getz)… berapa duit sich yang musti dikeluarkan ??? thanks….

  24. 42 cokro
    15 Januari 2012 pukul 6:49 pm

    dx pake mesin ini kalo bisa ganti gardan jg, klw standart dx takut gk kuat menopang tenaga mesin ini + biaya swap enginenya aja jg udh 5jtn gan

  25. 23 Agustus 2012 pukul 5:21 pm

    bro, tanya : beli mesin 4A-GE dimana & brp ya ..?
    btw, ga salah harga mesinnya cuma segitu ?? 😯
    thanks 🙂

  26. 45 Downeys
    9 Januari 2013 pukul 6:34 pm

    4AG dibawah 10jt sama gearbox???? Gw mau beli deh kalo ada 5 unit boleh juga, kalo gak ada 1 unit jg gpp.

  27. 47 ween
    12 Mei 2013 pukul 2:21 pm

    pak, mesin dx itu masih RWD….mesin membujur….sedangkan 4age itu biasanya fwd….mesin melintang……bakal susah modifikasinya,bro……

    memilih engine untuk di swap juga harus mempertimbangkan faktor2 teknis lainnya, sepeti rasio girbox, final gear, engine mounting dll

  28. 48 Iman Tamam
    4 November 2013 pukul 5:15 pm

    Nice Thread,
    Cuma sayang sekarang harga 4AGE ga dapet 4 juta nampaknya,. 🙂

  29. 49 Armand
    16 Mei 2014 pukul 8:49 pm

    saya punya carry 1.5 2012 g punya surat, sementara gua juga baru beli carry yg tahun 2004 yg lengkap, bisa ga saya pindahin nomor mesinnya ke carry 2012 ??? ada yg tau ilmunya??

  30. 50 theo
    8 Februari 2016 pukul 10:39 am

    4AGE itu mesin ae86, ae86 itu RWD kali bro

  31. 51 supriyanto
    8 Juni 2016 pukul 12:14 am

    Bisakah corolla dx pakai mesin avansa 1300 cc?
    Byk ngrubah dudukan mesin dan sgala macem ga bos?

  32. 52 supriyanto
    10 Juni 2016 pukul 12:05 am

    Dx 80 bisakah pake mesin avansa?
    Banyak ga yg perlu di rubah

  33. 53 Gary
    4 Oktober 2017 pukul 12:39 pm

    Bisa minta contact person kemana???
    saya mau swap engine pakai 4A—GE.
    utk mibil corona 76

  34. 54 Ipul
    28 Juni 2018 pukul 11:47 pm

    Kl namanya hobi itu ga bisa kl hanya beli mateng. Kl ga ikut bangun mulai dr awal rasanya kurang gmn. Untuk yg ga hoby retro classic memang mikirnya pasti ribet. Tp bagi penggemar classic kayak saya ya yg ribet itulah yg jd kepuasan saat uda jd. Salam retro.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Juli 2011
S S R K J S M
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 8.499.050 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabung dengan 391 pelanggan lain

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: