Salah satu cara mensiasati agar konsumsi bensin tunggangan kita tidak boros adalah menerapkan prinsip eco driving/riding. Di samping lebih hemat bahan bakar juga berdampak pada peningkatan keselamatan (safety) bagi diri kita sendiri maupun orang lain. Berkendara secara ekonomis menuntut kita untuk lebih berhati2 di jalan, santai & tidak agresif. Tentu saja untuk menerapkan gaya seperti ini hanya butuh modal kemauan & sedikit usaha.
Penelitian dari Institute of Transportation Studies (ITS), Berkeley, California, berpendapat bahwa eco driving/riding dapat menghemat bensin hingga 20%. Berikut ini adalah prinsip eco driving / riding…
- Mengemudi halus, dalam hal ini upayakan untuk tidak melakukan akselerasi ato pengereman secara mendadak. Kemudian waktu perpindahan gigi dilakukan pada putaran mesin yang tepat.
- Rencanakan perjalanan, sebisa mungkin hindari jam2 sibuk ato macet. Berangkat lebih awal (pagi) untuk menghindari macet adalah hal yang bijak.
- Jaga tekanan ban, tekanan ban penting untuk mengurangi hambatan gesek. Isi tekanan ban sesuai anjuran pabrik.
- Nikmati berkendara, gak perlu ngebut ato terburu2.
- Servis teratur, jangan ampe telat untuk rutin servis tunggangan. Mesin kendaraan dalam keadaan prima secara tidak langsung juga dapat menurunkan konsumsi BBM.
apa 20% itu signifikan ?
Bisa ampe 20% yah lumayan banget bro…
jalan kaki aja..xiiix
http://asmarantaka.wordpress.com/2011/06/30/tvs-apache-racing-dna-dilaunching/
1-2 km sih gpp, kalo ampe 10 km kaki bisa gempor
arikel menarik..masalahnya kalo lagi nunggang N250R bawaannya pengin betot gas teruus..
hehehe…sama kayak kalo bawa CBR150, dipake pelan rasanya kurang mantap 😀
kalau ane gini om,
pulsar kan businya mati sebelah kanan kalau diatas 6000 rpm, nah itu lah yang ane maksimalin
ane lebih banyak main diputaran dibawah 6000 rpm kecuali dipancing
hasilnya lumayan lah lebih irit
keep brotherhood,
salam,
apik apik apik
kadang2 gak sabar pakdhe!
Kalo tinggal dijakarta yang lalu lintasnya seperti itu, apa masih berlaku tata cara diatas pak de?
Masih bisa diterapkan koq pakdhe…
wah, masalahnya kalo terlalu pelan kadang jadi ngantuk… 🙄
“Kemudian waktu perpindahan gigi dilakukan pada putaran mesin yang tepat.”
================================================================
Bro Mitra mohon bkin artikel lanjutan mengenai hal d atas ^
krn sebagian orang Indonesia bnyak yg salah dalam prakteknya (misalnya kecepatan 40 km/h udah pke gigi 3,ato kecepatan 20 km/h pke gigi 3)
pluss tiap mesin kan berbeda2 karakternya (ada yg big torque (sperti MX,VIxion,bebek SOHC) dan ada yg butuh RPM tinggi buat mencapai tenaga puncak (sperti CS1,Satria FU,dll) naahh mohon d buat artikel ttg timing perpindahan giginya
Lumayan irit jga yah sampe 20 persen.
meggi ane cuma sampe 80 km/jam,,ekonomis