09
Mei
11

Salah Kaprah Penggunaan Lampu Hazard…

Semua mobil baik lawas maupun baru pasti ada fitur yang namanya lampu hazard. Biasanya dalam bentuk tombol & lambangnya segitiga. Lampu hazard adalah berkedipnya lampu sein kiri & kanan secara bersamaan. Fungsi lampu hazard adalah adanya keadaan darurat yang terjadi pada kendaraan tersebut.

Keadaan darurat yang dimaksud misalnya kendaraan harus berhenti di tengah jalan  ato pinggir jalan karena mesin mogok, ban kempis dsb. Ketika mobil dalam kondisi seperti tadi maka wajib hukumnya untuk menyalakan lampu hazard sehingga kendaraan2 lain dapat menjaga jarak dengan mobil yang mogok & melakukan manuver menghindar.

Namun dalam prakteknya, penggunaan lampu hazard banyak yang salah kaprah. Ketika hujan deras di jalan raya / jalan tol banyak pengendara mobil yang menyalakan lampu hazard. Katanya sih supaya mobilnya terlihat oleh pengendara lain. Tindakan ini salah karena bisa membahayakan pengguna mobil lain. Lampu sein yang berwarna kuning menjadi lebih terang (silau) di saat situasi sekelilingnya banyak mengandung air. Selain itu lampu sein tidak berfungsi ketika lampu hazard diaktifkan. Hal ini cukup riskan misalnya ketika mobil akan berpindah jalur ato berbelok. Dalam kondisi hujan tidak perlu menyalakan lampu hazard. Cukup lampu senja / kecil saja. Lampu belakang yang berwarna merah sudah cukup untuk mengetahui keberadaan mobil kita di cuaca hujan (lihat mobil F1 jika balapan dalam kondisi hujan).

Selanjutnya yang salah kaprah adalah ketika mobil jalan lurus di sebuah perempatan. Masih ada yang nyalain lampu hazard ketika mobil lempeng lurus jalan terus. Tindakan ini mubazir, gak perlu nyalain lampu hazard. Malah biqin repot aja kudu pencet2 tombol segala🙂


35 Responses to “Salah Kaprah Penggunaan Lampu Hazard…”


  1. 9 Mei 2011 pukul 1:42 pm

    setahuku cuma dipakai ketika di persimpangan maau jalan lurus.

    • 10 Mei 2011 pukul 7:15 am

      setahuku memakai lampu hazard selain keadaan darurat itu salah…. walaupun mau lurus saat dipersimpangan….

      • 3 praska
        23 Mei 2011 pukul 12:53 am

        pnggunaan lmpu hazard tu prlu kl mw lwt simpangn perempatan yg gg ad lmpu merah.cz biar pngguna mbl lain tau klo kita mw nyebrang.inget sopan santun dalam berkendara.pk hazard mw nybrang itu penting,secara tidak langsung,kita izin lewat sm pngguna mbl lain..!!!!!

      • 4 pampam
        25 Mei 2011 pukul 11:45 am

        … lampu hazard dinyalakan ketika keadaan DARURAT SAJA titik >> ini bukan soal sopan-santun dalam berkendara

      • 5 Finza
        4 Mei 2012 pukul 2:51 pm

        kok pada goblok2 semua sih. Udah ada peraturannya juga lampu hazzard itu cuma buat keadaan darurat seperti mobil juke kebakaran kemaren. bukan buat lurus atau hujan. kalo memang buat lurus kenapa tandanya segitiga bukan panah lurus?!

  2. 9 puls"pies"
    9 Mei 2011 pukul 3:39 pm

    mungkin karena hujan kondisi jalan berkabut shga pandangan tidak cukup jika hanya pake lampu biasa …cmiiw

  3. 9 Mei 2011 pukul 3:52 pm

    betul itu, di prapatan deket rumah sering lihat …

  4. 11 rossiudin
    9 Mei 2011 pukul 4:43 pm

    kalo ga salah baca di internet, di negara2 maju bisa dianggap pelanggaran berat saat nyalain hazard saat mobil berjalan, sampe dicabut sim nya. CMIIW

  5. 13 davied
    9 Mei 2011 pukul 5:11 pm

    paling salah klo diperempatan..krn orang dari sisi kanan mobil akan berpikir mobil bakal belok kekanan,sedangkan yang disebelah kiri mobil akan berpikir sebaliknya,krn pada posisi tersebut pengendara biasanya hanya bisa melihat satu sein aja.untuk hujan sangat deras,klo saya pikir mmg butuh hazard,yang penting jika ingat mengubah posisi ato arah segera aktifkan sein dan non aktifkan hazard,untuk silau saya rasa tidak..ini sinyal untuk semua pengendara agar memperlambat kendaraannya dan berhati2 ini berlaku untuk kondisi berjalan dan tidak berlaku dalam kondisi macet

  6. 15 sobek2
    9 Mei 2011 pukul 7:38 pm

    wkwkwk lampu hazard malah pas atred alias mundur saya wkwkx ya sekedar isyarat waspada krn saya mundurnya pake style ngedrift dikit

  7. 9 Mei 2011 pukul 7:53 pm

    wah betul pak bos, saya sering liat yng beginian
    ……………………………
    saya tak ngiklan Yamaha saja bos
    http://2brk.wordpress.com/2011/05/09/jika-ymki-mengeluarkan-taringnya-dari-yamaha-firend/

  8. 20 vanz21fashion
    10 Mei 2011 pukul 6:34 am

    hehehe, dulu ane salah satu pengguna lampu hazard waktu mau lempeng di perempatan yg ga ada lampu stopannya. tapi lama kelamaan sadar bahwa pengendara di sisi kiri atau kanan mungkin berpikir kalo saya mau belok, akhirnya ditinggalkan kebiasaan ini.

    Untuk hujan sendiri ya memang itu dia, yg bikin rese kalo ternyata dia pake lampu hazard dan mau pindah jalur, karena lampu sign-nya jadi ga berfungsi karena tertutup lampu hazard yg udah berfungsi..

  9. 10 Mei 2011 pukul 8:39 am

    Sekarangpun motor bebek, matik, ato batangan juga udah banyak lampu sein nya yang dimodif jadi hazard. Dan anehnya kalo hujan deras mereka tetep PD nongktong jalan dengan kencang sambil lampu hazardnya dihidupin, kebiasaan yang aneh…

  10. 23 zaqlutv
    10 Mei 2011 pukul 12:15 pm

    salah satu penyakit driver dari dulu ampe sekarang yang ngga sembuh2..

  11. 24 triclaksono
    10 Mei 2011 pukul 8:19 pm

    setuju, suka bikin bingung yg dibelakang..ni mobil mau belok kemana ??..lampu signnya nyala bareng2..hehe

  12. 25 Rollerman
    10 Mei 2011 pukul 9:30 pm

    yaaaa sperti klakson bro Mitra

    kalo dluar negeri jarang sekali pke klakson,tp d Indonesia malah ada pengendara menghalangi jalan aja udah d klakson

    sama dg lampu hazzard,dluar negeri buat keadaan darurat (ganti ban,kerusakan mesin dll),dsini malah buat jalan lurus (tidak bermaksud belok kanan ato kiri) ketika dperempatan ato saat hujan deras

  13. 27 Jawir
    10 Mei 2011 pukul 11:12 pm

    kalo lagi ngawal, pak polisinya juga sering pake lampu hazard
    kalo ujan, kayaknya mendingan pake lampu kabut aja deh..

  14. 28 Dismas
    11 Mei 2011 pukul 11:48 am

    Khusus lampu senja belakang aja mungkin ya yg dibuat kelap – kelip seperti di mobil F1. Betul, kalo lagi hujan, pakai lampu hazard bikin pengendara mobil di blakang kita jadi sulit ngeliat:mrgreen:

  15. 29 damhar
    12 Mei 2011 pukul 1:47 pm

    temen ane meninggal karena nabrak dump truk yg berhenti di jalur kiri. salah satu faktornya karena dump truk gak masang lampu hazard atau segitiga pengaman

    • 12 Mei 2011 pukul 2:57 pm

      Turut prihatin pak atas musibah yang menimpa temen bapak.

    • 1 Februari 2012 pukul 11:01 pm

      wah kasihan sekali teman bapak…semoga diterima di sisi Yang Maha Kuasa…salam🙂

      • 32 ORANG AWAM
        3 Agustus 2012 pukul 8:24 am

        LAMPU HAZARD MEMANG FUNGSNYA BUKAN BUAT LAMPU SAAT HUJAN, SEMUA ORANG JG TAU, TAPI KARNA LAMPU TU KEDIP2 JADI MENARIK PERHATIAN ORANG DIBANDING LAMPU SENJA YG CUMA DIAM SAJA..WARNA KUNING JUGA MENJADI SALAH SATU WARNA YG MEMILK DAYA TARIK KUAT UNTUK DLHAT, BANDINGN AJH MAS ADA WARNA KUNING BIRU HTAM, WARNA APA YG PALNG SERNG MATA KITA TERARAH? YA JELAS KUNING, JADI KIRA2 BGTU. KLO DILUAR NEGRI MUNGKIN GA PERLU PAKE LAMPU HAZARD SAAT HUJAN, DISANA TRAFICNYA JAUH LEBIH TERTB, LAH DI INDO, ADA YG NYETIR KETDURAN KEBUT2AN DSBGNYA…JADI KLO LAMPU HAJARD DINYALAIN WKTU UJAN BAGUS BGT BUAT DAYA TARIK PENGELHATAN KENDARAAN DI BELAKANG KTA SPYA TETEP FOKUS DAN GA NGANTUK.

  16. 33 ORANG AWAM
    3 Agustus 2012 pukul 8:26 am

    TAMBAHAN LAGI LAMPU MOBIL
    F1 JG KEDIP2 SAAT HUJAN

    • 34 Sam
      27 Januari 2013 pukul 5:02 pm

      Lucu juga tu komen-komen. Banyak yang sok tahu aturan bahkan sok pintar tentang aturan lalin. Padahal, sesuai aturan lalu lintas internasional, lampu hazard itu hanya untuk keadaan darurat. Cuma ada di Indonesia (tapi tidak diatur dalam UU loh) tu lampu hazard digunakan untuk beriringan, di perempatan, lagi hujan, di terowongan dll selain situasi darurat. Pasalnya, pak polisi lalu lintas juga mayoritas bloon gak tau aturan soal lampu hazard. Bahkan di ujian SIM saja gak pernah diajarkan atau diberitahu bahwa lampu hazard itu hanya untuk keadaan darurat.😀😀😀. Lucucuuuuuuuuu.

  17. 35 Pohobalix
    25 Desember 2015 pukul 9:57 pm

    Lampu Hazard buat darurat TITIK!!!

    Lampu Sein buat Belok TITIK!!!

    Aplikasi selain itu berarti Driver Goblok!!!

    Kalo polisi ngelakuin juga, berarti polisi Goblok!!!

    Pakai aturan yg jelas-jelas aja, gak usah ikut-ikutan Goblok dan bikin celaka orang lain.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Mei 2011
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,471,177 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 376 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: