27
Apr
11

Forced Induction, Cara Ampuh Naikin Tenaga Lebih Dasyat…!!!

Dalam dunia modifikasi mesin salah satu cara instan untuk mendongkrak tenaga semaksimal mungkin adalah dengan menerapkan piranti forced induction. Ngobrolin tentang forced induction tak lepas dari yang namanya Turbocharger (TC) & Supercharger (SC). Modifikasi ini gak melulu hanya mobil yang biasa menerapkannya tapi juga motor.

Sebelum mengenali lebih jauh tentang TC & SC, perlu kita simak sejarahnya. TC diciptakan oleh insinyur asal Swiss bernama Alfred Buchi pada tahun 1905…!!! Pemakaian awalnya pada kapal & lokomotif diesel turbo. Sedangkan pada otomotif mulai diterapkan sekitar tahun 1960. Selanjutnya adalah SC…SC malah dikembangkan pertama kali tahun 1860 😯 oleh kakak beradik Philander & Francis Marion Roots dari Indiana, USA.  

TC & SC sama2 memampatkan udara ke ruang bakar tetapi TC & SC memiliki perbedaan. SC memanfaatkan puli yang berputar sehingga begitu mesin dinyalakan SC langsung bekerja. Sedangkan TC turbinnya digerakkan oleh udara yang berasal dari exhaust manifold (gas buang).  

TC & SC masing2 memiliki kelebihan & kelemahan. Tenaga dari SC langsung dirasakan pada RPM rendah. Sedangkan TC baru terasa pada RPM menengah ke atas (tinggi). TC lebih banyak dipake oleh speed lover ketimbang SC. Alasannya adalah SC membebani kinerja mesin karena puli juga bekerja untuk menggerakkan kompresor AC & komponen yang lain. Hasilnya tenaga yang dikeluarkan oleh SC relatif lebih kecil dibandingkan dengan TC. Namun dari segi biaya, memasang SC biayanya lebih murah dibandingkan dengan TC.

Iklan

16 Tanggapan to “Forced Induction, Cara Ampuh Naikin Tenaga Lebih Dasyat…!!!”


  1. 6 lilypud.lucu
    27 April 2011 pukul 9:56 am

    nguuiiiinngggg………..cesssss…..

  2. 27 April 2011 pukul 10:37 am

    Remnya jangan lupa di upgrade juga 😀

  3. 27 April 2011 pukul 11:11 am

    hmmm, makin kenceng aja motor….

  4. 27 April 2011 pukul 4:34 pm

    ngeri ui kalo dipasang dimotor masal, pinginnya betot gas terus

  5. 28 April 2011 pukul 8:38 am

    halaaagh.. tuku bengsin apik ae kaga gablek
    arepe masang ngene’an.. :mrgreen:

  6. 28 April 2011 pukul 9:30 pm

    “Namun dari segi biaya, memasang SC biayanya lebih murah dibandingkan dengan TC.”

    Maksudnya biaya pemasangan, atau harga? IMHO kalau harga jelas lebih mahal SC lah dibandingkan TC

  7. 16 the greattt
    29 April 2011 pukul 10:36 pm

    parah tuh r1…udah kenceng masih kurang kenceng aje


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
April 2011
S S R K J S M
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 8.499.050 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabung dengan 391 pelanggan lain

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: