Di antara semua moda transportasi yang ada, saat ini yang paling realistis untuk rutinitas harian adalah sepeda motor. Murah & juga cepat meski konsekuensinya kehujanan, kepanasan dsb. Disini saya coba perbandingkan jika saya naik pake motor vs naik angkutan umum.
Naik Angkutan Umum
Untuk menuju tempat kerja saya butuh 2 kali naik angkutan umum. Pertama menggunakan Metromini, sekali naik bayar Rp2.000,- trus kudu nyiapin paling nggak Rp1.000,- buat pengamen preman. Duit yang kudu disiapin sebesar Rp3.000,-.Setelah itu nyambung lagi naik Transjakarta harga tiket Rp2.000 untuk pagi hari sebelum jam 7.00 sedangkan kalo pas pulang kerja harga tiketnya Rp3.500,-. Jadi dalam sehari (PP) pengeluaran untuk transportasi sebesar :
Metromini = Rp3.000,- x 2 = Rp6.000,-
Transjakarta = Rp2.000 (pagi) + Rp3.500 (sore) = Rp5.500,-
Pengeluaran harian = Rp11.500,-
Dalam sebulan (20 hari kerja) = 20 x Rp11.500,- = Rp230.000,-
Naik Motor
Jarak dari rumah ke tempat kerja (PP) 30 km. Kemudian konsumsi bensin motor pernah saya hitung sekitar 40 km/liter. Jika dalam sebulan 20 hari kerja maka total jarak tempuh dalam sebulan mencapai 600 km. Maka konsumsi bensin yang dibutuhkan dalam sebulan sebanyak 15 liter. BBM yang saya gunakan adalah sekelas Pertamax. Taruhlah harga Pertamax Rp8.500,- berarti dalam sebulan biaya buat bensin sebesar 15 liter x Rp8.500,- = Rp127.500,-
Selisih biaya naik angkutan umum vs naik motor = Rp230.000 – Rp127.500 = Rp102.500,-
Dalam 1 tahun = 12 x Rp102.500 = Rp1.230.000,-
Dari hitungan di atas sudah terlihat bahwa naik motor jauh lebih murah dibandingkan dengan naik angkutan umum. Padahal bensin yang saya pake BBM non subsidi, kalo pake Premium tentu perbedaannya cukup besar sekali. Jadi jangan heran kalo pertumbuhan sepeda motor begitu pesat…!!! Jangan salahkan pengguna motor yang dicap sebagai biang kemacetan tapi ini jelas2 kegagalan Pemerintah yang tidak dapat menyediakan transportasi masal yang murah, cepat & aman !!!
weh bener juga…..
tapi beda di pikiran pak hehehe…
naik motor pikirannya lebih kerja keras milih jalur
Numpak motor alon2 asal klakson pakdhe…nyantai waelah 🙂
lebih murah lagi pake bensin miskin…
http://rosso99.wordpress.com/2011/04/25/sirkuit-jalan-raya-lippo-karawaci/
kalo naik angkutan umum tinggal duduk, diam aja oom 🙂
kalo pake premium bisa stengahnya tuh 😉
masuk akal hehe
Analisa saya sama juga Mas, walau saya pake kakaknya vixion yang konsumsi sekitar 1L:30 kilo, masih lebih irit di banding transportasi masal yang asal-asalan,,,,
selisih sih ndak apa-apa mas , asal angkutan masalnya itu nyaman dan bebas pengamen yang suka kayak preman . . . belum lagi copetnya
melihat kenyataan ini motor pilihan paling masuk akal
keep brotherhood,
salam,
Kemarin di Klaten Jawa Tengah Pertamax ron 92 tembus harga Rp.8950/ liter…mendekati titik Rp.9000/ liter…ngeriiii oiiii
Beli Pertamaxnya di ibukota aja pakdhe
masih enteng om nug.. tadi pagi ngisi perut si Abang yang nyaris kering, kaget pertamax di mojokerto udah tembus 9050 perak.. berhubung belum gajian ngisi 50rb aja dulu 😳
kalo fulltank bisa hampir 150rb 😥 perut si Abang emang lumayan jemblung dari sononya.. 16 liter.. 🙂
bener banget bro….
anlisa yang masuk……….masuk akal maksudnya om Deddy Mizwar mode:on, saiya bela – belain beli Pertmax+ drum kecil biar gak bolak balik ke SPBU 😀 soale nglewati hutan
kalau hitungannya cuma bahan bakar aja pasti lebih murah.
coba hitung dengan biaya operasional lainnya.
biaya service, oli, ban, part2 lainnya.
biaya penyusutan motor.
biaya cicilan.
tambal ban.
senggolan,
belum kalo lagi apes, motor tabrakan, rusak.
biaya aksesories yang nempel.
beli safety gear.
pastinya lebih dari 230rb per bulan.
piss…
😀
Naik Metromini risiko kehilangan waktu (telat gaji bisa disunat hiksss…). Belum lagi risiko dompet lenyap, hp dicopet, dihipnotis, dipalak preman dsb… Piss juga 🙂
😆 😆 😆
apapun itu pasti ada resikonya..
di padang harga pertamax 92 dah 9650 mas…
Alamakkk mahal bener…
paling ga dimasukkan juga biaya parkir dan service bulanan sepeda motornya pak…
Parkir buat pengguna roda2 gratis pak, service tiap 3000 km,setahun 3 kali service.
marilah naik motor
emang bener, lebih murah naik motor ketimbang naik angkutan umum, sekalipun harus neguk pertamax hasilnya lebih murah, btw silakan merujuk kesini http://ramboeistblast.wordpress.com/2011/04/26/download-budget-planning-application
naik angkot uda boros waktu boros duit juga
butul itu om mit, di tempat aye yang ndeso ini kalo naek angkot ke pabrik itu:
ojek 5000 x 2 = 10000
bis kecil (kalo jakarta metromini) 3000 x 2 = 6000
angkot 3000 x 2 = 6000
total sehari butuh 11000, lalu dikasi 20 hari kerja jadi 440rb sebulan, itu dengan kondisi sabtu minggu ngga masuk (padahal yo sering) 😦
naek motor 1 tangki pake pertamax 16 liter butuh sekitar 150rb cukup untuk 3 minggu (motor india emang irit) sebulan paling tidak butuh 250rb untuk jarak tempuh PP 60km..
440rb – 250rb = 190rb –> cuku buat beli susu enfagrow buat si junior, masih kembali malah..
asik lagi pakai premium..ixiixixiixix
http://asmarantaka.wordpress.com/2011/04/26/setelah-ducati-kini-honda-test-motor-1000-cc-nya/
harga motor & perawatan rutinnya (oli, bengkel) gak diitung om?
Wah kalo harga motor dihitung yah jelas mahal motor tapi bagaimana dengan ketepatan waktu ??? kalo ditanya kenapa banyak orang naik motor jawabannya rata2 karena cepat & murah… piss 🙂
ganti ini saja mahalllllll http://ridertua.wordpress.com/2011/04/26/bus-masa-depan-bus-ngangkang-mantaffff/
biaya parkir kisanak..
Tempat saya gratis…
Buat yg tinggal di daerah/kota kecil kaya saya, yg kemana2 deket,lebih kerasa lagi perbedaannya. Jarak rumah-kantor PP 7KM. Asumsi 20 hari : 140km. Kalo naek umum:
Becak PP: 4000×20 : 80ribu
Angkot PP :4000×20 :80ribu
Total :160ribu
Kalo pake motor isi premium, dg asumsi 1:40km, dalam 20 hari cuma abis 3,5 liter premium atau setara sekitar 18ribu rupiah. Parkir gratis, kan di kantor sendiri.
Trus gimana dg biaya servis rutin,spare part dsb? Ini kota kecil bung! Kemana2 deket. Kalo ngga doyan jalan2, dalam 3 bulan,belum tentu motor kepake sejauh 1200km. Kondisi jalan ngga pernah macet pula. Makin awet aja tuh motor, dan biaya perawatan juga lebih murah (apalagi yg pake bebek) dibanding di kota besar. Makin ngga laku aja tuh yg namanya angkot,becak,ojek dan sejawatnya.
Tapi saya lebih seneng kondisi jaman dulu, waktu masih banyak orang yg naek angkot karena ongkos angkot relatif murah, jalanan kerasa lebih aman dan nyaman…
eits, tunggu dulu..
motor tu ada pajak tiap tahun,
belum kena tilang klo ngelanggar,
belum ban kempes klo kena ranjau paku,
belum kena racun modif2an,
belum ganti oli,
belum servis rutin,
belum cuci salon,
belum beli helmnya,
belum biaya parkir,
belum…
dan belum belum lainnya 😀
klo yg belum2 diatas dihitung juga biayanya… psati tetep lebih murah angkutan umum..
pajak tiap tahun +250rb
tilang=0 (taat aturan)
ban kempes = ganti tubles dijamin g bocor
modifan= 0(motor functional bukan hobby yg penting bs jalan)
ganti oli=motor di rumah setahun cuma 2-3x ganti oli
servis rutin=0 (yg diservis apanya, paling buka karbu pas ganti oli)
cuci salon= 0 (cuci sendiri pake rinso)
helm= 0 (dikasih dealer)
parkir=30rb (kalo kantor ndiri malah 0)
dll,……
like this….
kalo saya belum sempet ngitung2 je….
Hehehe…jangan disamain ama PCX lah. Saya pake bebek, pajaknya juga beda jauh. Jangan samain dg kota besar, disini ngga ada ranjau paku. Seumur2 juga belum pernah kena tilang. Nyuci? Cuci aja sendiri. Helm? Pake aja helm gratis dari dealer. Modif juga seperlunya aja. Lha wong pake bebek kok

Peace yo
Hahahah… ikutan ah…
Kalo ane mendingan naek motor, soalnya pulang kerja bisa jemput pacar.. kalo naek umum biayanya bisa double-ble … belum lg gengsi-nya kalo jemput pake umum 😀
😀
ad benarnya juga, tapi juga ad biaya maintenence tiap beberap bulan sekali.. klo di Indonesia, tetap motor transportasi yg terpopuler..
kyaknya sistem transportasi d Indonesia lha yg bkin orang enggan naik transportasi umum
lha dluar negeri yg lebih makmur aja banyak yg suka dg transportasi umum malahan jalan kaki pun juga enjoy
ikutan ngitung ah…!
jarak rumah ke kantor 3KM, 1KM naik ojeg Rp. 3000 (PP. 6000). naik angkot 2KM Rp. 2000 (PP. 4000). biaya perminggu (5 hari) Rp. 50.000, ngisi bensin premium aja (maklum pake bebek) perminggu cuma 10rb itupun plus jalan2 pula. ngirit 40rb atau 160rb perbulan, service per 3 bln 100rb (maklum jarak dekat, 1000 KM bisa ditempuh dlm 3 bln).
jadi selama 1 thn ngirit 1.600.000 – 400.000 = 1.200.000 (kurang lebih ya…)
naik motor memang asyik. tapi tergantung jarak juga sih efektivitasnya. perhitungan detil silakan lihat di :
http://maskomuter.wordpress.com/2011/06/10/bangkrut-di-jalan
setuju Kang 🙂