22
Apr
11

Agar Gerobak Lawas Tetep Ngacir…

Mahalnya harga2 mobil baru saat ini tak pelak membuat banyak konsumen puyeng. Lah gimana gak puyeng kalo sekarang ini duit seratus juta baru dapat city car sekelas Geely Panda. Akhirnya mobil2 bekas jadi sasaran perburuan. Bahkan mobil2 lawas keluaran 90-an masih jadi inceran konsumen hingga saat ini.Yah namanya juga tunggangan sudah uzur, pasti dari segi performa mengalami penurunan. Agar tak kalah ngacir dengan kendaraan2 baru sebagian konsumen melakukan modifikasi mesin. Sebelum melakukan ritual mendongkrak performa mesin, pastikan terlebih dahulu kondisi mesin dalam keadaan prima. Kalo gak gitu yah percuma saja, iya toh… ???

Tahapan yang paling simpel mendongkrak dapur pacu besutan adalah upgrade pengapian & ganti saluran gas buang (header). Sistemnya plug & play, kalo tunggangan mo dilego lagi tinggal dikembalikan ke standar. Gampang & simpel. Upgrade pengapian meliputi ganti koil dengan tegangan yang lebih tinggi & serta stabil serta kabel busi dengan nilai hambatan rendah. Merek koil yang banyak dijumpai di pasaran adalah Crane Cams, Jacobs, Mallory, Quantum, MSD sedangkan kabel busi seperti NGK, MSD ato Nology.

Selanjutnya adalah sektor gas buang. Ganti header produk aftermarket. Biasanya sih penjual knalpot akan menanyakan mo header yang model 4-2-1 ato 4-1. Tipe 4-2-1 lebih cocok untuk ngejar putaran bawah hingga menengah. Sedangkan tipe 4-1 untuk putaran atas ato yang doyan kecepatan tinggi. Tahap terakhir adalah pasang piggyback. Apexi & Unichip adalah merek yang biasa dipake oleh konsumen. Nah pasang piggyback sebaiknya dilakukan di bengkel yang ahli.

Dengan modifikasi seperti di atas paling nggak tenaga mesin naik antara 5-10 dk. Torsi sudah pasti bertambah. Lumayan…😀 Tertarik mencobanya… ???


12 Responses to “Agar Gerobak Lawas Tetep Ngacir…”


  1. 2 wardiketel
    22 April 2011 pukul 8:19 am

    harganya berapaan?

  2. 4 Rollerman
    22 April 2011 pukul 9:49 am

    Yaahhhh urutan 20 neehh

    baca dulu

  3. 22 April 2011 pukul 12:02 pm

    Ganti header tapi tailpipe & exhaust masih standar ya kurang baguslah…

  4. 7 bagoes
    22 April 2011 pukul 1:12 pm

    harga pengapian+kabel businya kisaran berapa yah skrg?

  5. 9 Satoto
    25 April 2011 pukul 9:43 pm

    Kalau piggyback hanya untuk mobil yg sudah ECU ya?
    Kalau untuk gerobak tua yg masih teknologi karburator apa bisa dipasangi si pggy

  6. 11 kasamago
    27 April 2011 pukul 6:48 pm

    keren nih.. klo buat kijang lama cocok g y


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
April 2011
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,488,226 hits

Twitter

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 378 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: