Mahalnya harga2 mobil baru saat ini tak pelak membuat banyak konsumen puyeng. Lah gimana gak puyeng kalo sekarang ini duit seratus juta baru dapat city car sekelas Geely Panda. Akhirnya mobil2 bekas jadi sasaran perburuan. Bahkan mobil2 lawas keluaran 90-an masih jadi inceran konsumen hingga saat ini.Yah namanya juga tunggangan sudah uzur, pasti dari segi performa mengalami penurunan. Agar tak kalah ngacir dengan kendaraan2 baru sebagian konsumen melakukan modifikasi mesin. Sebelum melakukan ritual mendongkrak performa mesin, pastikan terlebih dahulu kondisi mesin dalam keadaan prima. Kalo gak gitu yah percuma saja, iya toh… ???
Tahapan yang paling simpel mendongkrak dapur pacu besutan adalah upgrade pengapian & ganti saluran gas buang (header). Sistemnya plug & play, kalo tunggangan mo dilego lagi tinggal dikembalikan ke standar. Gampang & simpel. Upgrade pengapian meliputi ganti koil dengan tegangan yang lebih tinggi & serta stabil serta kabel busi dengan nilai hambatan rendah. Merek koil yang banyak dijumpai di pasaran adalah Crane Cams, Jacobs, Mallory, Quantum, MSD sedangkan kabel busi seperti NGK, MSD ato Nology.
Selanjutnya adalah sektor gas buang. Ganti header produk aftermarket. Biasanya sih penjual knalpot akan menanyakan mo header yang model 4-2-1 ato 4-1. Tipe 4-2-1 lebih cocok untuk ngejar putaran bawah hingga menengah. Sedangkan tipe 4-1 untuk putaran atas ato yang doyan kecepatan tinggi. Tahap terakhir adalah pasang piggyback. Apexi & Unichip adalah merek yang biasa dipake oleh konsumen. Nah pasang piggyback sebaiknya dilakukan di bengkel yang ahli.
Dengan modifikasi seperti di atas paling nggak tenaga mesin naik antara 5-10 dk. Torsi sudah pasti bertambah. Lumayan… 😀 Tertarik mencobanya… ???
belum tertarik mobil om, ini aja
http://kangmase.wordpress.com/2011/04/21/komparasi-motor-sport-dibawah-25-juta-bahgian-2/
harganya berapaan?
Harga yang mana bro ???
Yaahhhh urutan 20 neehh
baca dulu
Ganti header tapi tailpipe & exhaust masih standar ya kurang baguslah…
Sebenarnya sih udah cukup tapi kalo pingin ngejoss lagi sih yah boleh, cuman ntar konsekuensinya ketagihan bejek gas ujung2nya bensin boros
harga pengapian+kabel businya kisaran berapa yah skrg?
Tergantung mereknya bro…seingat saya kabel busi NGK 750rb, koil Quantum juga harganya segitu.
Kalau piggyback hanya untuk mobil yg sudah ECU ya?
Kalau untuk gerobak tua yg masih teknologi karburator apa bisa dipasangi si pggy
Betul… Karbu gak bisa pasang piggyback
keren nih.. klo buat kijang lama cocok g y
Bisa aja bro kecuali kijang lawas yang masih pake karbu gak bisa pasang piggyback…