Berhubung hari ini tanggal 21 April, tak lupa saya mengucapkan Selamat Hari Kartini. Jalan berlubang (rusak) adalah musuh utama kaki2 kendaraan. Salah satunya yang rawan rusak adalah velg. Velg bisa peyang kalo melindas jalanan jelek dengan kecepatan tinggi. Hal ini biasanya dialami oleh mereka yang belum pernah lewat daerah tersebut ato baru pertama kali lewat sana.
Ada tips dari teman saya seorang mantan pembalap mobil turing yang biasa berlaga di Sentul & juga seorang biker. Agar velg tetap aman disarankan agar tekanan angin ban ditambah. Sebagai contoh tekanan angin ban yang direkomendasi pabrik adalah 28 psi. Nah supaya aman tekanan angin sebaiknya ditambah dikit misalnya menjadi 30 psi. Tips dari teman saya ini juga diamini oleh mekanik ban ketika saya isi angin Nitrogen di Vixion saya.
Kalo tekanan angin ditambah jika terjadi benturan maka efek hantamannya akan lebih diredam oleh ban. Meskipun begitu cara ini ada kekurangannya yakni kenyamanan akan sedikit berkurang karena ban menjadi lebih keras. Berhubung tekanan ban ditambah disarankan untuk mengisi angin dengan Nitrogen. Di samping ban menjadi lebih awet juga tingkat pemuaiannya sangat minim sekali (tekanan ban stabil).
Velg peyang bisa biqin cenut2. Meskipun bisa diperbaiki namun hasilnya belum tentu sempurna. Yuk sayangi velg anda…sayang velg…sayang velg…
1st
SALAM VELG PENYOT!!!
bagaiman kelebihan pakai nitro, terus jika udah diisi nitro tapi pada satu waktu berkurang tekannany dan ditambahin isi angin biasa gimana Pak Mit ?
Monggo dibaca disini… https://blognyamitra.wordpress.com/2010/07/20/isi-ban-pake-nitrogen-lebih-aman-awet/
Ditambah angin biasa gpp koq,gak ada masalah namun yang jelas kandungan nitrogen di dalamnya menjadi berkurang…
saya punya pengalaman ketika ban setelah di isi nitrogen uda lama berkurang tekananya di isi sama angin biasa, ban dalemannya benjol”
nang ndeso / spbu ga ada nitrogen, njur piye?
Di toko ban terkemuka ???
‘kenyamanan akan sedikit berkurang karena ban menjadi lebih keras’ bukannya berarti ban tidak bisa meredam benturan? biasanya kalo tekanan ban turun malah kalo kena lobang tidak terlalu terasa, artinya benturan kena lobang malah terredam oleh empuknya ban..
hmm…ane yg kerap diserang ya lahernya…wah ban depan sering kurang angin trus nih…tiap 5 hari mesti isi angin..hedeuhh
pernah kejeblos lobang di kecepatan 85 km/h akibatnya velek depan peyang ( bisa dipress memang ) ama komstir oblagh. . .
keep brotherhood,
salam,
tuker link yuk http://inu-smart.info
manTAp GAN…
jdi NAMbaH NE..
Klo ukuran bannya lebih besar drpd ukuran max ban yg direkomendasikan sesuai ukuran velg, trus ban diisi angin agak kencang maka jd seperti huruf V lalu botak ditengah karna yg menapak aspal cm ujung tengahnya doang… Xixi
kalo gak ada alat ukur tekanan gimana pak
Mampir ke toko ban ato tukang tambal ban, minta tolong ukur tekanan ban,gratis koq pakdhe 🙂
mampir dulu ahhh
Mampir kemana pakdhe ??? 🙂
kalo pake udara biasa gak bisa dinaikin tekanannya ya?
http://kangmase.wordpress.com/2011/04/21/komparasi-motor-sport-dibawah-25-juta-bahgian-2/
ane salah satu korban ban kurang angin, velg jadi peyangggg…
Waduh, jadi lebih keras bikin sakit punggung n takut kepleset bro kalau terlalu keras… 😀
tambahan tips : Kalau uda nggak sempat ngehindar dari lubang… Paling nggak ya (mohon maap) angkat pant*t… 😆
Betul itu, sebaiknya berdiri juga…