Saat ini kelas motorsport 250 cc gak hanya dihuni oleh Kawasaki Ninja 250R, tapi juga ada Minerva Megelli 250RE kemudian sang pendatang baru Honda CBR 250R & bentar lagi Hyosung GT250R. Hasil balapan Kejurnas 250 kemaren di Sentul masih didominasi oleh pasukan Ninja. Meskipun begitu CBR250R yang mampu menyodok finish di posisi ke-6 patut diberi acungan jempol. Menurut juragan rondo Mas Tri (disini), regulasi Kejurnas 250 cc hanya membolehkan ganti ban, setting suspensi & knalpot serta kondisi mesin nyaris standar membuat penunggang Ninja 250R yang berspek 2 silinder berada di atas angin dibanding saingannya. Disini para peserta akan cenderung memilih Ninja 250R sebagai kuda besi andalan agar bisa meraih podium. Nah kalo semuanya nyaris pake keluaran Kawasaki tentu tak ubahnya mirip One Make Race Ninja 250R, kurang seru dunk…
Agar balap Kejurnas 250 cc seru & semarak menurut saya sih regulasinya harus direvisi misalnya membolehkan modifikasi mesin tetapi ada pembatasan tenaga mesin. Taruhlah tenaga maksimum yang boleh dikeluarkan 30 hp. Nah kalo sudah begini kan kekuatan motor antar merek bisa berimbang, tinggal adu skill pembalap saja. Supaya tak menimbulkan kecurigaan, begitu finish (balapan selesai) semua motor masuk karantina (scrutinering) untuk menjalani dynotest di tempat yang telah disediakan. Yang lewat dari ketentuan langsung diskualifikasi. Di samping balapan lebih kompetitif, cara ini juga bisa menarik para sponsor…!!! Gimana menurut pendapat mas bro ???
yang berat ubahannya adalah maggeli 250, produk china gitu lho….masih diragukan durabilitasnya saat digeber lama.
menurut saya walaupun mocin kalo mekaniknya ciamik ya . gk d raguin mas bro . soalnya saya pernah tes . minerva sama N250 sama” standar. minerva menang d bawa . apa lagi kalo suda d rombak mesinya isa . menang mungkin mas bro . hehehehe
setuju mas bro,pasti lebih seru..
lebih seru lagi kalo juragan warung ini ikutan pakai Vixi yg di bore-up jadi 250 cc pakai bodi YZF-R125….mantaffff
Balapan nganggo boks belakang
Setuju!!!
kalo regulasi kayak Bebek gimana
usulan yang aneh. klo hanya dibatasi tenaga 30 hp giliran smua pada pake CBR dunk. lah ga adil tenaga dibatasi torsi ga dibatasi. bisa jadi ninja cuma ganti knalpot doank. CBRnya udah bore up 400cc biar 30 hp tapi torsinya kaya ducati. lagian klo tenaga dibatasi bikin orang ga kreatif. kapan majunya dunia balap Indonesia
kita bsa berkaca diblap superstock yg mnjadi pendamping WSBK, lhat dmna Ducati diperbolehkan 2 sylinder 1200cc mlawan 1000cc, klo ubahan cma standar gtu smpe kiamatpun yg namanya mesin satu cylinder gak bsa ngelawan dua silinder…
kecuali Honda mengeluarkan CBR versi mesin 250SE 33DK bru klop
Balap rally WRC membatasi tenaga mesin maksimal 300 hp, tujuannya agar pemenang lomba tidak hanya merek itu2 saja. Mekanik memang jadi terbatas mengeksplorasi mesin tapi masih ada cara lain untuk memenangkan lomba misalnya maen setting suspensi, ban dsb.
pake scopio bore up boleh?? ato pake gsx 250 aka tundher??
sekalian pake Regal Raptor NAC25, Torindo SmartSR250, Juve Phantom Max 250, Monstrac SBK250,
Waktu kita beli motor kan masih standar semua..kalau memang mau adu balap ya sama-sama standar atau sama-sama full-oprek.
Kalau sama2 standar kita akan tahu ternyata N250R standar lebih unggul drpd CBR250R standar, dan kalau sama2 full-oprek kita akan tahu ternyata N250R lbh unggul drpda CBR250R..hehe..
Hmm, kalau menurut saya potensi mesin CBR 250R tidak bisa diremehkan, saya yakin as time goes by, walaupun nggak di bore up juga bisa ngasepin ninja 250 kok, lha kemarin aja udah bisa ngasepin 3 ninja kan, he3
Soalnya sebenarnya mesin CBR durable di high rpm dengan roller rocker arm dan camshaft barunya itu. Tinggal kreatif-kreatif mekanik aja sih. Tapi klo boleh di bore up, takutnya nanti ninjanya yang keteteran ngadepin CBR.
Anyway kalau 2 silinder menang sama 1 silinder itu mah biasa, nggak ada yang hebat dan seharusnya memang begitu, pertanyaannya bagaimana kalau sampai sebaliknya nah loh…;p
Hihi, LPG dilempar.
setujuuuuuuuuuu 🙂
setuju
di superbike aja motor ducati 2 silinder harus pake 1200cc baru bisa ngelawan motor 4 silinder 1000cc.. coba kalo ducati hanya boleh 1000cc, pasti dioverlap habis-habisan.. di sini, yang 1 silinder 250cc juga pasti kalah jika dibandingkan 2 silinder 250cc.. wajar.. kecuali yang satu silinder boleh dioprek, yang 2 silinder hanya boleh standar, baru bisa imbang..
ini mocin sport 250cc (cuma 232cc sih…heheheh) ngayal ikut kejurnas 250cc http://mocinrider.wordpress.com/2011/04/13/mocinrider-siap-ikut-kejurnas-250cc/
cara lainnya mungkin seperti yg mbah dukun katakan (kalo ga salah si mbah dukun) di mana moor berkonfigurasi 250cc 1 silinder boleh diupgrade jadi 300cc misalnya
Jiiaaahhh keluar juga noh artikel…xixixi..BTW mit, kemaren Ninja yg ada di belakang CBR itu speknya sama kek CBR, sementara Ninja yg di depan CBR itu sudah korekan semua (kelas Ninja OMR)
So???…xixiixixi
waduh krang sru klo yamaha blum nurunin jagoannya YZF 250r
Kurang seru kalau gue g punya uang buat beli motornya…koment lu ampe mampus, g akan dapet tuh motor. gan postingan ga berguna nih, cuman bikin orang iri ma motornya. goblog sia, delete teu??? tukang cendol asem…
ayo berjuang supaya dapat juara.
andrer