“Nggak ada pak… disini yang ada hanya oli Yamalube. Kalo pake oli selain Yamalube garasi bisa gugur,” ujar salah seorang penjaga bengkel resmi di bilangan Jakarta Selatan kepada saya ketika itu. Yup… kejadian ini sebenarnya sudah lama berlangsung tapi tak apalah saya share di blog ini. Ketika itu saya bermaksud ingin ganti oli mesin Yamaha Vixion menggunakan oli diluar merek Yamalube. Alasannya, saya kurang puas dengan performa oli standar pabrikan Yamaha (artikelnya ada disini).
Penjelasan dari si penjaga bengkel tadi membuat saya agak bingung karena di bengkel resmi lain (Jakarta Pusat) disediakan pula merek2 selain Yamalube (artikelnya ada disini). Ketika hal ini saya konfirmasi ke penjaga tadi, orangnya tetap bersikukuh mengatakan “Pokoknya harus Yamalube pak, selain itu tidak bisa”.
Berhubung bingung plus penasaran, saya pun membaca kembali buku petunjuk pemilik Vixion. Saya telusuri satu per satu…hasilnya saya tidak menemukan statement yang mengatakan bahwa oli yang digunakan harus Yamalube…!!! Yang ada dalam buku tersebut hanyalah oli mesin yang disarankan SAE 20W-40 ato SAE 20W-50 dengan tingkat API Service SF, SG atau SJ.
Pengalaman di atas tak hanya menimpa saya tapi juga blogger2 lain seperti cak Alon Rider & kang mas BJL, sama2 penunggan Vixion. Malahan kang mas BJL sempet ditakut2in ama pihak bengkel bahwa garansi motor gugur…!!!Weleh3x… ampe segitunya… Ketidakkompakan layanan tiap bengkel tentu membuat konsumen jadi bingung. Seharusnya bengkel resmi juga menyediakan oli selain bikinan ATPM. Misalnya konsumen ingin pake oli produk dalam negeri ato oli brand papan atas… masa gak boleh sih ??? kan aneh bin lucu jadinya 😀 Toh yang penting kan spek olinya minimal sesuai dengan rekomendasi pabrik, tul gak ???
Gimana dengan pengalaman mas bro & sis semua ??? monggo di-share…
emang harusnya kalo bengkel resmi pake oli standar yamaha. itu dah kewajiban dari sononya bro meski sebenarnya trik marketing juga. sama aja dengan honda harus pake oli mpx. kl pingin pk brand papan atas, gantinya dibengkel luaran aja 😀
Pertama
setuju? :mrgreen
weww..klu di daerahku mekanik beresnya g masalah kq pakai oli lain tapi wejangannya pakai yang bagusan aja sekalian..he5
biasa…..strategi marketing, motornya laku, olinya ikutan laku….soalnya kalo dipake motor merk lain ga mungkin kan?
contoh aja dulu oli federal untuk motor honda, motor merk lain nyaris ga pernah pake federal…tp sekarang AHM sudah punya oli sendiri dan federalpun jadi bebas untuk semua motor.
di ahass boleh kok antara oli federal atau AHM
ada bengkel yang sedia ada yg gak
ah, bengkel mana tau kita pake oli merk lain..kan ngga mesti pas servis berkala ganti oli bukan??bisa aja cuma servis aja…ganti oli di bengkel deket rumah…
ane dulu pake mio, oli yamalube kalo dah lewat 2000KM, tarikan dah berasa berat…terus ganti castrol (kalo gak salah), sampe 4000km masih enteng…
beresnya gak pernah tau….
Kalo pake enduro maric, beres pasti tau, coz wangi, warna biru,,, hahaa,,,
Jangan mau jadi korban dealer bodoh bro mitra… Cs1 long’s service pertama doank pake federal selanjut ny motul… Di takut”in garansi gugur juga… Dlm hati bodo amat… Motor gw rusak juga pasti banyak alasan dari u (pihal dealer) yg bikin garansi ny gugur… Lg’an oli pabrik tuhh parah… Klo udah 500m lbh suara mesin jdi kasar… Bahkan mekanik Ahass ny sendiri bilang ke Long’s “Oli MPX tuhh jelek”
Kasihan konsumen awam…banyak yang dirugikan gara2 akal2an dealer nakal…
Ketentuan garansi atpm indonesia itu sangat mengikat dan sensitif, ane milih garansi hangus hapi hebas pakai oli dengan kualitas yg lebih baik, radiator coolant yg lebih baik, busi yg lebih baik, dll, karena merk lain yg direkomendasikan atpm tuh adalah bisnis beda sama part part motor yg diproduksi atpm sendiri nah itu kualitasnya bagus,,,
Kalo ane lebih milih produk pertamina aja untuk oli mesin, oli gear, dan radiator coolant,,,
wew.. waktu masi pake mega pro selalu ke bengkel resmi langganan si oli-nya lengkap masboss, ga harus bawaan AHM.. mulai dari motul, top1, castrol sampe repsol ada semua. saya bahkan pake oli federal bawaah AHM cuma sekali awalnya doang, sisanya ganti repsol.. baru tau malah ada beres kayak gitu
Waktu awal2 punya Vixion sempet kaget juga, koq ada bengkel resmi kayak gitu, padahal di bengkel2 resmi merek lain gak ada yang kayak gitu.
kalo boleh tau bengkel resmi mana tuh mas? oli enduro ada juga gak disana?
maklum mas Mitra,kayaknya bengkel tersebut terlalu PRIMITIF
Betul bro…
biasalah mas, ngejar omset dan bonus dari oli
nitip jemuran : http://sabdho.wordpress.com/2011/03/31/ini-tho-alasan-skywave-ganti-nama-hayate/
keep brotherhood,
salam,
Betul banget bro…
belum pernah beli motor baru, belinya motor 2nd terus jadi ga pernah ngrasain gratisnya oli pabrikan :-D.
mang pelayanan yamaha lebih buruk dari honda ya?
http://kangmase.wordpress.com/2011/04/01/beli-motor-leasing-atau-pinjem-uang-ke-bank/
http://kangmase.wordpress.com/2011/03/31/pkb-3-infrastruktur-transportasi-di-jakarta/
emang tuh shell vsx paling bagus buat semua motor.
http://manadobiker.wordpress.com/2011/04/02/hasil-akhir-motogp-bisa-menentukan-penjualan-motor-di-indonesia/
ah cari untung itu
wah om,di bengkel suzuki tempat motken service malah dijual brmacam merk oli
kalo olinya kaga ada beli diluar trus bwa ke bengkel suzuki tadi juga gapapa kok,hehe
Suzuki kalo urusan oli pabrikan memang kualitasnya sangat diragukan bro, lebih daripada ahm dan yamaha, bahkan motor matic aja kalo susuki jelas2 merekomendasikan SGO buat bebel yg JASO MA itu untuk motor matic suzuki, kalo konsumen kritis suzuki gk bisa ngelak, soalnya merekomendasikan oli JASO MA kepada matic yg harus pake JASO MB itu berarti atpm nya keterlaluan,,,
Tp skarang udh ada sih oli khusus matic dari sgo, tp ya itu,,, olinya diproduksi produsen oli yg kurang terkenal, gk kayak ahm yg menggandeng repsol untuk ahm oil spx series nya,,,
Rata2 bengkel resmi mau kok ngisiin oli lain yg kita bawa sendiri, tp kalo ada apa2 di mesin maka teknisinya jadi saksi apakah pake oli rekomendasi atau tidak, selama kita pake oli yg sesuai spek nya baik JASO nya, API nya, dan SAE nya, maka atpm yg bersikeras nyalahin oli lain berarti itu keterlaluan,,
Terlalu profit oriented… 😀
Pikirnya : Bisa rugi ntar Yamaha kalo konsumennya jebul berpaling ke oli merek lain 😆
Aneh bin ajaib memang. Giliran ditanya yamalube yang paling bagus apa? Yamalube gold. Tapi gak ada yang 1 liter. Laaah bagaimana ?
Sejak itu kapok pergi ke beres di seputaran daan mogot tsb. Mana mahal bener selisihnya ama yg lain. Sama beres lain aja selisih 3rb olinya. Belum ongkos servisnya.
Akhirnya ane selalu pake vsx4
Artinya, sampean disuruh beli 2 botol. Sisanya buat poniyol…. wkwkwkwkwk
Yakin deh ujung2nya masalah insentif
ane ngalamin sendiri di beres honda dekat rumah
mbak-nya bilang ” mas olinya taruh didalam kresek, entar ketahuan kalau ada inspeksi ”
dalam hati ” ini motor ane mbak, terserah aku kasih apa ”
aneh-aneh
saya gak pernah ganti oli di beres, selain saat sekalian ganti filter oli.. motor saya Jupiter MX..
sejauh ini justru MX saya lebih cocok pake Enduro 4T Racing, mesin lebih enteng..
setiap ganti filter oli, saya pake Yamalube Sport..
sejauh ini mesin oke2 aja, malah lebih gampang nariknya, kopling juga jarang selip..
yang lebih cocok untuk pemakaian oli di motor j.mx & vixion itu
-castrol gold
-enduro
…………..itu yg bisa meredam panas lebih baik dari pada oli rekomendasi dealer yamaha kipas radiator teriak terus ——–
itu yg terjadi pada kedua motor saya>
soal garansi……….itu tergantung pada perawatan qta sendiri merawat motor tersebut
kan garansi 3 thn cuman pada mesin saja .. saya pikir dgn perawatan yg teratur dan pergantian oli tepat waktu pasti akan lebih awet lagi……
dan semua pergantian sperpat juga dalam kurun garansikan tetap di bayar juga…. jadi kenapa harus takut dgn hangusnya garansinya.
Garansi tuh ada jenisnya,,
Kalo motor injeksi maka ada garansi juga untuk injeksinya itu pun gk semuanya yg digaransikan, lalu ada garansi mesin, garanso kelistrikan, garansi rangka, dll
Kalo ane sih sayang garansi injeksinya, kalo garansi mesin sih sesuai kata ente, toh kita rawat, pake spek oli yg sesuai terutama SAE nya, dan bahkan lebih bagus dari oli standar, jd garansi gk penting toh kita udh tau kualitas nya gimana, palingam jaga2 kalo ada kesalahan produksi,,,,
bukannya jenis oli tergantung selera kita, mau pakai apa dan nyamannya yang mana. soalnya rata-rata da ampir sama, kecuali merek oli nga jelas. aku seh pakai Lucas Oil selama ini fine-fine aja.
mas,mo nya ni,,,ane pny vixi
2011,knpa ya mesin ksar,sprti
ada bnyi klotok2 gtu,tp pas
kopling dtrik,suara nya dx ksar
lgi,,,
n klo dibwa jln jauh tu pas pnas,msin ksar bnar kyak ada
bnyi serbutan pasir,,,,kasi
solusinya dong,plis,,,ane bru
2bln ni,bli seken,,,he
Nie gw di Beres Jaksel pasar minggu. Di kasih tau klo garansi 3 thun angus klo pake oli yg lain. Karena gw ngrasa oli dari honda ga bagus bikin lemes ama kerasa bgt getaran nya. Gw ngalah dulu deh SEMENTARA krena di buku servisan mau ditulis klo mtor gw ganti oli selain oli honda. Ntr gw mau nyari beres yg ga peres gini. Salam mtor Aing nu Aing. Jadi urusan kenyamana punya gw juga..