Bulan April 1955, pabrikan BMW biqin mobil yang menggunakan mesin sepeda motor bernama Isetta 250. Bentuknya pun gak lazim untuk ukuran sebuah mobil saat itu. Ukuran bodinya mungil. Selain itu ada yang unik yakni untuk masuk ke dalam mobil ini kudu buka bagian depan 😀
Mesinnya mengambil dari BMW R25/3 (juragan Arie Sesat pasti tahu nih motor hehehe…) yang berkonfigurasi 1 silinder, 4 langkah, 250 cc & girboks 4 tingkat percepatan. Tenaga yang dihasilkan 12 hp @ 5.800 RPM & kecepatan puncak 85 km/h. Crankcase & silinder terbuat dari cast iron. Kemudian kepala silinder dari material aluminium. Dalam kurun waktu setahun Isetta 250 laku sebanyak 10.000 unit !!! Uniknya di negaranya (ketika itu) untuk mengendarai mobil ini bisa menggunakan SIM motor 😀
Oktober 1956, diperkenalkan Isetta model baru namanya Isetta 300. Dilihat dari angkanya sudah bisa ditebak kalo mesin yang digunakan berkapasitas 300 cc (tepatnya 298 cc). Tenaga yang dihasilkan naik 13 hp @ 5.200 RPM & torsi 18,4 Nm @ 4.600 RPM. Kecepatan tertinggi masih sama dengan yang dahulu 85 km/h.
Model terakhir dari Isetta yakni Isetta 600. Mesin yang digunakan tak lagi memakai basis R25 tapi basis R67 twin berkubikasi 582 cc. Berhubung mesinnya lebih gede maka bodinya pun mengalami pembengkakan. Tenaganya cukup lumayan yakni bisa mencapai kecepatan 100 km/h. Selama kurun waktu 1956-1957 Isetta 600 laris sebanyak 34.000 unit & menjadi salah satu saingan VW Bettle.
imut temen … kaya modifan dadine Pak Mit.. 🙂
Pagii ..
Selamat siang 😀
aku naksir montor sing paling ngisor
kalau gak salah didepan wtc mangga 2 ada yang punya tuh,juragan kontrakan adiku dulu sering liat kalau lagi main
keep brotherhood,
salam,
Wah disini ada yang punya yah ??? blom pernah ngeliat soalnya 🙂
ama moris mini chopper mungilan mana ya pak de?
Yg BMW Isetta blom pernah ngeliat langsung, kayaknya sih 11-12 deh pakdhe…
unik tuh
wah, manggil2 nama ane….
lucu nih mobil, tapi kalo diisi mesin R25, rasanya bajaj roda 3 lebih kenceng hahah..
btw, itu R25/2 Bro.. nggak full orsi tuh.. di sini disebutnya R25 kwaci atau R25 unyil..katanya cocok buat seruntulan dalam kota..harganya cukup jauh diatas R25 biasa (R25/3)..
Sengaja manggil, biar nongol dari sarang hehehe…. 😀 btw thanks atas koreksinya bro, maklum gak begitu ngerti ama motor2 antik 🙂
datang gak diundang pergi gak diantar! 😆
Kalo ada yang pinter photoshop, kap mesin depan di airbrush dengan gigi monyong Stoner pasti tambah keren. 😀
matanya tuh kayak udang galah..
http://manadobiker.wordpress.com/2011/03/25/new-cbr250r-bisa-dibunuh-adik-sendiri/
selamat pagi 🙂
Disinyalir lagi di Amerika nih 😀
keren,
Klasik bgt,
nitip ya,
Ada theme keren nih,
http://setiaonebudhi.wordpress.com/2011/03/25/silenceshades-by-s90-theme-keren-untuk-hape-symbian-kalian/
Mantap om,,,numpang ya om,,,trims sebelumnya
http://riowinto.wordpress.com/2011/03/25/1445/
kok sekarang gak ada mobil pake mesin motor lagi ya?
http://kangmase.wordpress.com/2011/03/25/pkb-2-pajak-progresif/
pernah liat di pilem doank.bener2 unik.pintunya itu lo
mirip kayak binatang pa ya??? emmmm mirip kayak……
stop pembodohan otomotif….
http://joetrizilo.wordpress.com/2011/03/27/sudah-saatnya-call-center-mutlak-di-tampilin-pada-iklan-di-tipi-tanya-kenapa/
kalo nubruk pintu depan ga bisa dibuka, wkwkwk
keluarnya lewat jendela 😀