25
Mar
11

BMW Isetta,Bodi Mobil,Mesin Motor…

Bulan April 1955, pabrikan BMW biqin mobil yang menggunakan mesin sepeda motor bernama Isetta 250. Bentuknya pun gak lazim untuk ukuran sebuah mobil saat itu. Ukuran bodinya mungil. Selain itu ada yang unik yakni untuk masuk ke dalam mobil ini kudu buka bagian depan😀

Mesinnya mengambil dari BMW R25/3 (juragan Arie Sesat pasti tahu nih motor hehehe…) yang berkonfigurasi 1 silinder, 4 langkah, 250 cc & girboks 4 tingkat percepatan. Tenaga yang dihasilkan 12 hp @ 5.800 RPM & kecepatan puncak 85 km/h. Crankcase & silinder terbuat dari cast iron. Kemudian kepala silinder dari material aluminium. Dalam kurun waktu setahun Isetta 250 laku sebanyak 10.000 unit !!! Uniknya di negaranya (ketika itu) untuk mengendarai mobil ini bisa menggunakan SIM motor😀

BMW R25 / 3

Oktober 1956, diperkenalkan Isetta model baru namanya Isetta 300. Dilihat dari angkanya sudah bisa ditebak kalo mesin yang digunakan berkapasitas 300 cc (tepatnya 298 cc). Tenaga yang dihasilkan naik 13 hp @ 5.200 RPM & torsi 18,4 Nm @ 4.600 RPM. Kecepatan tertinggi masih sama dengan yang dahulu 85 km/h.  

Model terakhir dari Isetta yakni Isetta 600. Mesin yang digunakan tak lagi memakai basis R25 tapi basis R67 twin berkubikasi 582 cc. Berhubung mesinnya lebih gede maka bodinya pun mengalami pembengkakan. Tenaganya cukup lumayan yakni bisa mencapai kecepatan 100 km/h. Selama kurun waktu 1956-1957 Isetta 600 laris sebanyak 34.000 unit & menjadi salah satu saingan VW Bettle.

BMW Isetta 600

BMW R67


21 Responses to “BMW Isetta,Bodi Mobil,Mesin Motor…”


  1. 25 Maret 2011 pukul 7:35 am

    imut temen … kaya modifan dadine Pak Mit..🙂
    Pagii ..

  2. 3 sabdho guparman
    25 Maret 2011 pukul 8:17 am

    aku naksir montor sing paling ngisor:mrgreen:
    kalau gak salah didepan wtc mangga 2 ada yang punya tuh,juragan kontrakan adiku dulu sering liat kalau lagi main

    keep brotherhood,

    salam,

  3. 25 Maret 2011 pukul 9:04 am

    ama moris mini chopper mungilan mana ya pak de?

  4. 8 ariesesat
    25 Maret 2011 pukul 9:40 am

    wah, manggil2 nama ane….
    lucu nih mobil, tapi kalo diisi mesin R25, rasanya bajaj roda 3 lebih kenceng hahah..
    btw, itu R25/2 Bro.. nggak full orsi tuh.. di sini disebutnya R25 kwaci atau R25 unyil..katanya cocok buat seruntulan dalam kota..harganya cukup jauh diatas R25 biasa (R25/3)..

  5. 11 Kakang ali
    25 Maret 2011 pukul 10:33 am

    Kalo ada yang pinter photoshop, kap mesin depan di airbrush dengan gigi monyong Stoner pasti tambah keren.😀

  6. 26 Maret 2011 pukul 10:21 am

    pernah liat di pilem doank.bener2 unik.pintunya itu lo

  7. 20 si oom as varioputiih
    27 Maret 2011 pukul 12:44 pm

    kalo nubruk pintu depan ga bisa dibuka, wkwkwk


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Maret 2011
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,474,292 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 376 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: