Masukan nih buat semua ATPM motor…mudah2an di dengar oleh mereka š Yup… ATPM2 motor yang ngejual kuda besi berfitur injeksi jangan lupa untuk menyediakan alat kalibrasi injektor di jaringan bengkel resminya. Wah apa lagi tuh kalibrasi injektor ???

Kalibrasi injektor, sudah tersedia di hampir semua bengkel resmi mobil...tinggal kapan nih hadir di bengkel resmi motor ???
Sesuai dengan namanya, alat ini berfungsi untuk mengkalibrasi kinerja injektor yang bertugas menyemprotkan debit bensin ke ruang bakar agar mencapai standar pengukuran yang telah ditentukan oleh pabrik. Seiring dengan bertambahnya usia motor maka lama kelamaan kemampuan semprot injektor akan menurun. Mengapa terjadi penurunan ??? hal ini disebabkan oleh timbunan kerak yang menumpuk di injektor sehingga nosel yang terdapat di dalamnya tidak bisa bekerja secara maksimal. Kerak makin bertambah banyak jika motor mengkonsumsi BBM yang kualitasnya kurang bagus. Nah agar kinerja injektor bisa seperti semula (seperti motor baru) maka diperlukan ritual kalibrasi injektor.
Gimana cara kerja alatĀ iniĀ ???Ā injektorĀ akan dilepas kemudian ditaruh di alat itu. Pada kalibrasi injektor terdapat bensin plus cairan kimia yang berguna untuk merontokkan kerak. Tahap awal nosel injektor dicelupin ke dalam campuran bensin & cairan kimia.Ā SelanjutnyaĀ injektor digetarin lewat getaranĀ ultrasonic agar kerak yang membandel pada rontok semua. Setelah itu kinerja injektor dites dengan cara injektor menyemprotkan semburan bensin ke dalamĀ tabung gelas ukur. Pada tahap ini pengetesan dimulai dari beberapa mode penyemprotan mulai dari debit semburan hingga pengabutan.Ā Nah setelahĀ tabung gelasĀ ukur terisi bensin dilakukan pengukuranĀ volume bensinĀ dilihat dengan cara melihatĀ volume mililiter (ml)Ā yang ada dalam tabung gelas ukur. Kalo sudah sesuai dengan standar pabrikan berarti injektor sudah OK…!!!
Mengingat betapa pentingnya alat ini, disarankan pihak ATPM menyediakan alat ini di tiap bengkel.Ā Nosel yang tersumbat oleh kerak berakibat pada penurunan performa motor. Kerak yang dibiarkan berlarut2 bisa bikin injektor rusak. Kalo sudah rusak berarti konsumen kudu ngerogoh duit yang gak sedikit buat menebus injektor baru…!!! Gimana wahai para ATPM2 ???
PERTAMAXXX
SALAM KARET BUNDARā¢
Injeksi disarankan pertamax š
setuju dan betul sekali Pak Mit, jng cuma lisensi doang, tp harus memnuhi standard bengkel resmi yg peralatannya lengkap, moso ndadani motor pakai kira kira. Remuk iyo š
Yup betul bro, masih banyak bengkel yang belum lengkap peralatannya.
apalagi kualitas bbm disini banyak kotorannya š
Semoga Pertamina mendengar keluhan mas bro…
setuju…… hidup injeksi
http://extraordinaryperson.wordpress.com/
Kalo sudah rusak berarti konsumen kudu ngerogoh duit yang gak sedikit buat menebus injektor baru
setuju bro… konsumen jangan slalu di rugikan karena payah ny SDM dan kelengkapan alat di BeRes
klo ga bisa memenuhi itu semua tutup aza ga usah jualan di sini šæ
nice info pak de š
http://yayang125.wordpress.com/2011/03/10/angel-eyes-for-cs1/
intinya setuju Banget, walao motor saya gada yang injeksi..
Yang penting pelayanan terhadap konsumen harus diperhatikan ATPM, jangan jadikan konsumen sapi perahan..
PISS..
lanjutkan!!!!!!!!!!!!!!!
belum punya motor injeki sihh
kalo menurut saya ga perlu… tapi yang diperluakan injector cleaner…
soalnya motor disini walaupun injeksi masih satu silinder, jadi nossel yang mengabutkan bensin cuma satu.. jd buat apa di kalibarsi..
kalibrasi dilakukan pada mesin yang memiliki silinder lebih dari satu sehingga masing2 silinder bisa dapet jatah bensin yang sama…
kecuali atpm motor sini masukin motor injeksi 2 silinder ato lebih (contoh: ninja250 injeksi)
Injector cleaner yang saya temui jadi satu dengan alat kalibrasi. Injector cleaner prosesnya dengan getaran ultrasonic. Yup… kalibrasi lebih terasa hasilnya jika mesinnya lebih dari 1 silinder. Akan tetapi meski injektornya cuman 1 setelah proses cleaning dengan,injektor akan di tes kemampuan semprotnya lewat beberapa metode seperti berapa cc bensin yang dikucurkan dalam waktu misalnya 30 detik. Apakah takarannya sudah pas ato belum. Kalo belum pas, biasanya injektor akan dibersihkan ulang. Kurang lebih seperti itu, monggo dikoreksi jika ada yang kurang tepat.
oooo…baru ngehhh..
nais inpoh bro
setuju mas.. itu kan bagian dari layanan aftersales..
http://manadobiker.wordpress.com/2011/03/11/harga-minyak-dunia-naik-sepeda-motor-alternatifnya/
ATPM tentunya akan lebih untung jika injektor rusak masbro…
Setuju, pelayanan Prima Bengkel resmi tetap di nanti. Untuk BBM Pertamax, mikir dulu lah. lha wong harganya aja hampir 9000 rupiah. bangkrut to gan.
semua tergantung perawatn n pemakaian
di zemarang dah da gk ya tmpt tuk kalibrazi injekzi….??
mumet.com