10
Mar
11

Masukan Buat Semua ATPM Motor, Wajib Menyediakan Kalibrasi Injektor…!!!

Masukan nih buat semua ATPM motor…mudah2an di dengar oleh mereka🙂 Yup… ATPM2 motor yang ngejual kuda besi berfitur injeksi jangan lupa untuk menyediakan alat kalibrasi injektor di jaringan bengkel resminya. Wah apa lagi tuh kalibrasi injektor ???

Kalibrasi injektor, sudah tersedia di hampir semua bengkel resmi mobil...tinggal kapan nih hadir di bengkel resmi motor ???

Sesuai dengan namanya, alat ini berfungsi untuk mengkalibrasi kinerja injektor yang bertugas menyemprotkan debit bensin ke ruang bakar agar mencapai standar pengukuran yang telah ditentukan oleh pabrik. Seiring dengan bertambahnya usia motor maka lama kelamaan kemampuan semprot injektor akan menurun. Mengapa terjadi penurunan ??? hal ini disebabkan oleh timbunan kerak yang menumpuk di injektor sehingga nosel yang terdapat di dalamnya tidak bisa bekerja secara maksimal. Kerak makin bertambah banyak jika motor mengkonsumsi BBM yang kualitasnya kurang bagus. Nah agar kinerja injektor bisa seperti semula (seperti motor baru) maka diperlukan ritual kalibrasi injektor.

Gimana cara kerja alat ini ??? injektor akan dilepas kemudian ditaruh di alat itu. Pada kalibrasi injektor terdapat bensin plus cairan kimia yang berguna untuk merontokkan kerak. Tahap awal nosel injektor dicelupin ke dalam campuran bensin & cairan kimia. Selanjutnya injektor digetarin lewat getaran ultrasonic agar kerak yang membandel pada rontok semua. Setelah itu kinerja injektor dites dengan cara injektor menyemprotkan semburan bensin ke dalam tabung gelas ukur. Pada tahap ini pengetesan dimulai dari beberapa mode penyemprotan mulai dari debit semburan hingga pengabutan. Nah setelah tabung gelas ukur terisi bensin dilakukan pengukuran volume bensin dilihat dengan cara melihat volume mililiter (ml) yang ada dalam tabung gelas ukur. Kalo sudah sesuai dengan standar pabrikan berarti injektor sudah OK…!!!

Mengingat betapa pentingnya alat ini, disarankan pihak ATPM menyediakan alat ini di tiap bengkel. Nosel yang tersumbat oleh kerak berakibat pada penurunan performa motor. Kerak yang dibiarkan berlarut2 bisa bikin injektor rusak. Kalo sudah rusak berarti konsumen kudu ngerogoh duit yang gak sedikit buat menebus injektor baru…!!! Gimana wahai para ATPM2 ???


20 Responses to “Masukan Buat Semua ATPM Motor, Wajib Menyediakan Kalibrasi Injektor…!!!”


  1. 1 NanaRedPro
    10 Maret 2011 pukul 8:32 am

    PERTAMAXXX
    SALAM KARET BUNDAR™

  2. 10 Maret 2011 pukul 8:42 am

    setuju dan betul sekali Pak Mit, jng cuma lisensi doang, tp harus memnuhi standard bengkel resmi yg peralatannya lengkap, moso ndadani motor pakai kira kira. Remuk iyo🙂

  3. 5 si oom as varioputiih
    10 Maret 2011 pukul 10:28 am

    apalagi kualitas bbm disini banyak kotorannya🙂

  4. 10 Maret 2011 pukul 12:49 pm

    Kalo sudah rusak berarti konsumen kudu ngerogoh duit yang gak sedikit buat menebus injektor baru

    setuju bro… konsumen jangan slalu di rugikan karena payah ny SDM dan kelengkapan alat di BeRes
    klo ga bisa memenuhi itu semua tutup aza ga usah jualan di sini👿

  5. 10 Maret 2011 pukul 12:50 pm

    nice info pak de😀

  6. 10 Maret 2011 pukul 3:26 pm

    intinya setuju Banget, walao motor saya gada yang injeksi..
    Yang penting pelayanan terhadap konsumen harus diperhatikan ATPM, jangan jadikan konsumen sapi perahan..

    PISS..

  7. 10 Maret 2011 pukul 7:14 pm

    lanjutkan!!!!!!!!!!!!!!!
    belum punya motor injeki sihh

  8. 13 IAn
    10 Maret 2011 pukul 9:10 pm

    kalo menurut saya ga perlu… tapi yang diperluakan injector cleaner…

    soalnya motor disini walaupun injeksi masih satu silinder, jadi nossel yang mengabutkan bensin cuma satu.. jd buat apa di kalibarsi..

    kalibrasi dilakukan pada mesin yang memiliki silinder lebih dari satu sehingga masing2 silinder bisa dapet jatah bensin yang sama…

    kecuali atpm motor sini masukin motor injeksi 2 silinder ato lebih (contoh: ninja250 injeksi)

    • 10 Maret 2011 pukul 10:04 pm

      Injector cleaner yang saya temui jadi satu dengan alat kalibrasi. Injector cleaner prosesnya dengan getaran ultrasonic. Yup… kalibrasi lebih terasa hasilnya jika mesinnya lebih dari 1 silinder. Akan tetapi meski injektornya cuman 1 setelah proses cleaning dengan,injektor akan di tes kemampuan semprotnya lewat beberapa metode seperti berapa cc bensin yang dikucurkan dalam waktu misalnya 30 detik. Apakah takarannya sudah pas ato belum. Kalo belum pas, biasanya injektor akan dibersihkan ulang. Kurang lebih seperti itu, monggo dikoreksi jika ada yang kurang tepat.

  9. 11 Maret 2011 pukul 6:17 am

    oooo…baru ngehhh..
    nais inpoh bro

  10. 12 Maret 2011 pukul 8:57 pm

    ATPM tentunya akan lebih untung jika injektor rusak masbro…

  11. 18 gugun
    16 Maret 2011 pukul 7:36 pm

    Setuju, pelayanan Prima Bengkel resmi tetap di nanti. Untuk BBM Pertamax, mikir dulu lah. lha wong harganya aja hampir 9000 rupiah. bangkrut to gan.

  12. 19 yogi
    31 Juli 2011 pukul 1:53 am

    semua tergantung perawatn n pemakaian

  13. 20 tri
    5 Oktober 2011 pukul 11:26 am

    di zemarang dah da gk ya tmpt tuk kalibrazi injekzi….??
    mumet.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Maret 2011
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,484,629 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 378 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: