03
Mar
11

Merawat Radiator Agar Selalu Dalam Keadaan Prima…

Salah satu komponen penting yang terdapat pada mobil & motor yang bertujuan menjaga agar suhu mesin dalam keadaan normal adalah radiator. Mengingat begitu pentingnya komponen ini, sudah sewajarnya kita untuk merawatnya agar terhindar dari malapetaka misalnya overheat (panas berlebih) akibat kebocoran radiator.

Radiator pertama kali ditemukan oleh Franz Sangalli pada tahun 1885. Bahan logam radiator terbuat dari kuningan, tembaga & aluminium. Dari ketiganya aluminium adalah bahan terbaik dibandingkan dengan kuningan & tembaga karena lebih tahan terhadap korosi. Kekurangannya hanya satu yakni harganya mahal😀

Salah satu musuh utama radiator adalah kerak. Yup, seiring dengan berjalannya waktu, lama kelamaan kerak akan muncul di jalur2 air radiator. Kerak2 ini kalo dibiarkan saja dapat menimbulkan korosi, nah kalo sudah timbul karat lama kelamaan radiator bisa bocor. Akibatnya bisa ditebak, mesin kegerahan alias overheat. Kalo overheat-nya parah kepala silinder bisa melengkung. Siap2 aja deh biaya perbaikannya kudu merogoh kocek yang cukup dalam.  

Salah satu tips agar radiator awet & selalu dalam kondisi prima adalah melakukan pengurasan air radiator secara berkala. Disarankan setahun sekali tunggangan melakukan ritual kuras radiator. Penggunaan cairan radiator flush sangat disarankan khususnya untuk kendaraan2 lawas agar kerak2 yang sudah mengeras bisa ikut terbuang keluar lewat lubang pembuangan.

Nguras radiator bisa koq dikerjakan sendiri di rumah. Satu hal penting yang perlu diperhatikan sebelum kuras radiator adalah kondisi mesin dalam kondisi dingin. Kalo ingin menggunakan cairan radiator flush caranya masukkan cairan itu ke dalam radiator kemudian nyalakan mesin sekitar 5 menit agar cairan tersebut bersirkulasi di sistem pendingin mesin. Matikan mesin & tunggu beberapa saat agar mesin adem. Selanjutnya buka tutup radiator & keran pembuangan. Setelah air di dalam radiator habis kemudian tutup keran pembuangan. Tahap berikutnya isi radiator tersebut. Pake air ledeng ato radiator coolant ??? radiator dianjurkan untuk diisi dengan cairan radiator coolant. Dibandingkan dengan air, radiator coolant mempunyai kelebihan seperti titik didihnya lebih tinggi & telah diberi aditif untuk mencegah karat & kerak. Setelah air radiator penuh, tutup kembali radiator. Nyalakan mesin sesaat agar cairan bersirkulasi. Tambahkan volume cairan supaya cairan radiator penuh.

Pastikan air di tabung reservoir takarannya pas (tidak berlebihan & tidak kurang)


51 Responses to “Merawat Radiator Agar Selalu Dalam Keadaan Prima…”


  1. 3 Maret 2011 pukul 8:09 am

    siap Pak Mit, mobile tonggoku ngko ta kandani… * aku ga nduwe je🙂

  2. 3 Maret 2011 pukul 9:53 am

    gledekan ane ngk ada radiatornya om:mrgreen:

  3. 8 Edwin
    3 Maret 2011 pukul 9:58 am

    Sepanjang yg saya tahu, untuk radiator yg umurnya udah lama, memakai radiator coolant malah gak disarankan bos.. kerak-kerak malah rontok dan radiator malah bocor. Mohon maaf kalo salah. Ada yg mau nambahin?

  4. 3 Maret 2011 pukul 12:17 pm

    vespa dikasih radiator bisa ngga ya?

  5. 15 raya
    3 Maret 2011 pukul 1:11 pm

    motor saya gak pake radiator.. yang ada radiatornya malah komputer..

  6. 3 Maret 2011 pukul 2:37 pm

    info yang sangat berguna….

  7. 3 Maret 2011 pukul 4:16 pm

    wah motorku radiator-e urung tak cek

  8. 3 Maret 2011 pukul 5:03 pm

    blom pernah merasakan motor ber radiator:mrgreen:

  9. 19 Pino Kio
    3 Maret 2011 pukul 7:00 pm

    nais inpoh kang.

  10. 3 Maret 2011 pukul 10:12 pm

    punya saya radiatornya anti rusak (lawong nggak ada, hehe)

  11. 4 Maret 2011 pukul 7:21 am

    o iya.saya beli cs1 seken.gak ada manual booknya.
    baiknya coolant diganti kapan ya?
    trus apa memang kipas radiatornya bekerja hanya saat indikator suhu menunjukkan 4strip.kalo 3 strip enggak muter
    mohon dibantu ya.baru sekalinya pake motor berradiator

  12. 8 Maret 2011 pukul 8:29 am

    kalo air kullennya kelebihan/ melebihi batas hig dikit apa pengaruhnya Pak Mit..

  13. 26 Hari
    8 Maret 2011 pukul 2:28 pm

    Mas, kalo indikator yg bener utk panas mesin dulu pake carry jarum penujuk selalu di bawah separo
    tp utk toyota jarum nunjuk di tengah-tengah gimana wajar nggak dan kenapa?

    • 8 Maret 2011 pukul 2:43 pm

      Wajarnya di bawah separo, tiap kendaraan berbeda2 ada yang di posisi 1/4 ato di bawah dikit 1/2. Yang penting jarumnya gak kebablasan hingga lewat dari 1/2🙂 kalo itu artinya mesin udah mulai demam…

  14. 28 wawan
    15 Agustus 2011 pukul 2:49 pm

    bos, boil ane genio MT 1995. ane baca di manual book, klo mau kasih pendingin buat radiator dianjurkan campuran 50% coolant + 50% air biasa. klo saat ini aq pake 100% coolant, kbetulan baru bulan ini aj, sebelum2nya pke air biasa.
    Kira2 baiknya gmn y bos?

    Thx

  15. 30 rahman
    15 Agustus 2011 pukul 7:05 pm

    Bos, untuk radiator diesel (isuzu panther) tahun lawas (94), perawatannya yg betul gimana? Trims ya…

  16. 32 wawan
    18 Agustus 2011 pukul 2:07 pm

    Nanya lagi pak, sya perhatikan air coolant di tabung cadangan geni saya klo sebelum panas itu ada dititk batas max, tp setelah boil saya bawa muter2 (coolant panas) air coolantnya malah berada diatas batas titik max, tp akan berada di titik max lagi setelah mesin dingin. Apakah koondisi normalnya mmg demikian pak?
    Kebetulan ada kebocoran di tutup tabung cadangan, apa dikarenakan kebocoran ini ya pak?

    Makasih

    • 18 Agustus 2011 pukul 7:15 pm

      Wah sepertinya radiator cap (tutup radiator) sudah waktunya ganti. Mekanisme pernya sudah kurang bagus. Tidak ada kaitannya dengan kebocoran tutup tabung cadangan.

      • 34 wawan
        19 Agustus 2011 pukul 8:37 am

        Apa baiknya saya ganti ke dua-duanya pak, baik tutup tabung cadangan maupun tutup radiotarnya?
        Saya baru servis radiator sekaligus mengganti coolant dari yg sbelumnya pake air biasa.

      • 20 Agustus 2011 pukul 11:45 am

        Saran saya dibawa dulu ke bengkel ahli radiator pak karena saya baru meraba / memperkirakan saja, tidak bisa melihat wujud langsung apakah perlu diganti ato tidak. Kalo bapak tinggal di Jakarta saya ada bengkel radiator rekomen namanya Sudiono. Letaknya di Jl. Fatmawati no.5 telpon 7504096, 7669458.

  17. 36 wawan
    22 Agustus 2011 pukul 8:40 am

    Thx sarannya pak, kmren saya bawa ke bengkel, tp katanya rembesan di tutup tabung cadangan itu semacam lubang sirkulasi saja. jadi kata orang bengkel itu normal saja..
    Saya jadi bingung ..😦
    di Jkrt ya pak?sya tinggal di wonosobo😦

  18. 37 aris
    27 Januari 2012 pukul 2:09 pm

    pak.manu nanya rata2 rdator cs 1 terjadi kbcran…
    dmana posi2 kbcrannya pk ya…
    sy bingung

    • 27 Januari 2012 pukul 2:28 pm

      Mas bro Aris,letak kebocoran bisa terjadi di radiator ato slang2 karet2.Apakah cairan radiator menggunakan air biasa ato coolant ??? jika coolant lebih mudah mendeteksinya karena cairannya yang berwarna memudahkan qta untuk mengetahui letak kebocoran.

  19. 39 yahya
    12 April 2012 pukul 1:00 pm

    bos jenio ane th95 mau tanya ni solusi ngatasin brebet kalo di setater meskipun mesin udah panas, opanya bos…? makasih

  20. 10 Mei 2012 pukul 1:55 pm

    Pak? punya pin bb gak? minta donk klo2 gw ada mau tanya2

  21. 41 wiwaha
    30 September 2012 pukul 11:13 am

    volume air pada radiator umumnya brp liter? klu mazda MR brp liter ya??

  22. 42 bucenk
    18 Juli 2013 pukul 10:32 am

    kalau coolant untuk motor (kayak buat vario) bisa dipakai untuk radiator mobil?

  23. 44 danna nezo
    19 Oktober 2013 pukul 8:16 am

    gan.. ada info nggak, saya mencari RADIATOR ALUMINIUM untuk GREAT COROLLA ’92?
    (081236113322) TERIMAKASIH

  24. 45 bramasta
    14 Desember 2013 pukul 11:58 am

    utk air radiator ada yg bilang bagusan jangan dari aIr Pam ttp dari Air buangan AC rumah …lebih bersih ….benerkah itu ???

  25. 46 tyan
    10 Januari 2014 pukul 1:50 pm

    mau tanya mas bro? apakah semua air radiator bisa di isi disemua motor.. contoh merk honda diisi di yamaha ato sebaliknya makasih…

  26. 24 Februari 2014 pukul 10:59 pm

    tanya pak brow,,saya bru bli boil panther 1995,,trus tdi dah kuras2 gt air radiator nya kotor gt,trus ganti ma collant,,itu kira2 malah bisa jdi bocor atau kropos g pak brow..mkasih impo nya.

    • 7 Maret 2014 pukul 5:54 pm

      Radiator coolant gak bakalan biqin keropos mas bro (asalkan produknya asli yah bukan aspal hehehe…). Contohnya mobil baru yang baru keluar dari pabrik dari sononya udah dikasih coolant. Jadi gak perlu khawatir pake coolant.

  27. 8 Oktober 2014 pukul 9:23 am

    om nanya dong om. kalo nguras radiator, kan air sudah terkuras semua. mau ngisi RF nya itu buka cap radiatornya dan isi dari radiator atau hanya isi di tabung reservoir nya aja. makasih.

  28. 51 ilhamtjaja
    13 Agustus 2015 pukul 3:03 pm

    Mobil saya great corolla
    Kemarin saya mudik mobil saya tnggl 1minggu lebih . Trs radiator saya berkurang .
    Faktor nya apa itu gan ?
    Sblm ny radiator saya aman aman saja saya sllu pakai mobil tiap hari .ga berkurang engga.
    Faktorny apa ya thanks gan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Maret 2011
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,475,018 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 376 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: