23
Feb
11

Antara Doohan, Rainey & Schwantz…

Di era 90-an tentu mas bro semua familiar dengan para dewa GP500 saat itu yakni Michael Doohan (Honda NSR500), Wayne Rainey (Yamaha YZR500) & Kevin Schwantz (Suzuki RGV500). Pada kelas puncak 500 cc ketiganya berjibaku guna meraih podium terhormat mulai dari tahun 1989 s.d. 1993. Sayang sekali Wayne Rainey mengalami cedera permanen setelah terjatuh di GP Misano, Itali pada tahun 1993. Setelah Rainey, naas pun menimpa Scwantz. Cedera serius yang menimpanya di musim 1994 membuat sang juara dunia GP500 1993 Schwantz undur diri dari kelas para raja di tahun 1995 atas saran Rainey. Yup, saat itu mantan jawara 1990 s.d. 1992 Rainey memberi masukan ke Schwantz agar tidak usah berkarir di balap lagi, khawatir akan terjadi seperti yang dialaminya.  

Tanpa kehadiran 2 pembalap Amrik, praktis membuat Mick Doohan melenggang sendirian tanpa perlawanan berarti dari lawan2nya. Bersama Honda NSR500 berteknologi Big Bang, pembalap asal negeri Kangguru sukses meraih titel juara GP500 berturut2 dari 1994 s.d. 1998.

Musim GP Inggris tahun 1991

Sejarah mencatat bahwa ketiganya tak bisa dipungkiri lagi merupakan legenda balap GP500 era 90-an. Selama ketiganya bertarung memperebutkan posisi terhormat tercatat Rainey menang sebanyak 22 kali kemudian diikuti oleh Schwantz 21 kali & terakhir Doohan 10 kali. Paling seru adalah di musim GP500 tahun 1991, dari 15 seri GP yang diselenggarakan ketiga pembalap wahid tersebut bersama2 naik podium sebanyak 7 kali.  

YZR500 berkode OWC1 tahun 1990, mengantarkan Wayne Rainey menjadi juara dunia GP500

Berikut rangkuman pertarungan ketiganya dari seri ke seri serta posisi yang diraih di tiap gelaran GP500.

Iklan

39 Tanggapan to “Antara Doohan, Rainey & Schwantz…”


  1. 1 risang
    23 Februari 2011 pukul 7:48 am

    #42..
    My Hero !!

  2. 2 dnugros
    23 Februari 2011 pukul 8:46 am

    Balap MotoGP era 90’an memang top, kita selalu disuguhi keganasan mesin 2 stroke, mangtabs pak de

  3. 4 uikjoss
    23 Februari 2011 pukul 9:06 am

    mesin ganas…

  4. 23 Februari 2011 pukul 9:48 am

    Schwantz ternyata adalah idolanya Rossi..mantapp dah :mrgreen:

  5. 8 sobek2
    23 Februari 2011 pukul 3:57 pm

    kalo jaman dulu liat balapan moto gp di tipi, bisa si pastikan kelas 125 dan kelas 250 awal2 start pasti terjadi crash.. Yg melibatkan bnyk rider hehehehe
    dan itu yg asik *maklum masih kecil* ga ngerti seni balapan nonton cuman ikut2an kakak.. Yg plg di nanti adalah detik2 dimana crash tingkah polah rider terlempar dari tunggangan nya, serta saat2 perbutan podium / victory lap salip menyalipnya tooop abis di posisi 5 ke atas pun last lap bisa meraksek ke depan seolah2 memakai turbo.. Mengerahkan kekuatan yg ada sampai lebih dari 100 persen..
    Tapi sampai kini ga tau juga apa sebabnya, awal2 start itu pasti crash banyak mungkin dulu yg start terlalu bnyk peserta ya?
    betul tidak kisanak?

  6. 23 Februari 2011 pukul 4:46 pm

    jaman Doohan itu liatnya cuma cuplikannya di Dunia Dalam berita. tapi kayaknya membosankan, soalnya terlalu mendonminsai

  7. 23 Februari 2011 pukul 5:18 pm

    ndisit rung kenal Doohan, nontone yo podo karo Maskur, nyambi ngenteni aneka ria safari atau selektapop nan TVRI, kebanggaan bangsa milik negara 🙂

  8. 24 Februari 2011 pukul 8:08 am

    vote for kevin schwants om, doi sering ndlosor sih, makanya cuma 1 kali juara, kalo ngnggak 5 kali berturut-turut tuh wakakaa

    Nitip lapak om : Suzuki akan Memboyong dan Memproduksi GW-250 (Mini B-King)

    http://motorkencang.wordpress.com/2011/02/24/breaking-newssuzuki-indonesia-berminat-memboyong-sekaligus-memproduksi-gw250-mini-b-king/

  9. 17 Kutu kupret
    24 Februari 2011 pukul 8:21 am

    Baru tau ane, ternyata Doohan gak sekuat yg saya kira. Ternyata dulu pernah ada dua lawan tangguh, dan dia gak pernah juara dunia. Baru deh setelah dua pembalap tangguh cedera & pensiun, doohan gak ada lawan.

    Nais inpoh gan \m/.

  10. 19 Widnug
    24 Februari 2011 pukul 11:41 am

    Wehh…ga bener neh…Masa gambar Motornya Cuma YZR500…tongolin juga dong RGV500 ma NSR500 nya

  11. 24 Februari 2011 pukul 12:20 pm

    pokoknya lebih mantap balapan tempo doeloe dibanding balapan sekarang…
    no traction.C no limit… more action….

  12. 23 sobek2
    24 Februari 2011 pukul 5:10 pm

    bentoel… dan gak jor2an spongsor 😀
    Lucky strike suzuky..
    Marlboro yamaha..
    Rothman honda..

    Bakul rokok semua xixixixix
    eh dulu chesterfield apa motornya? aprilia pernah jg ya kisanak kok lupa saya

  13. 24 Februari 2011 pukul 7:01 pm

    bukannya dulu doohan aja yg make screamer?klo bigbang itu yg dipake criville,okada,…hhmmm siapa lg ya lupa?

  14. 24 Februari 2011 pukul 7:03 pm

    itu zaman keemasan honda,kayaknya akan terulang musim ini..hehehehee..

  15. 24 Februari 2011 pukul 9:06 pm

    nggak sempat mencicipi nonton gp500….. kayaknya dulu persaingan jadi tontonan apik ya pak bro?

  16. 32 ɐɯәႨ!p !ƃɐႨ ɔ uoɔɹәɯ
    24 Februari 2011 pukul 10:45 pm

    gak pernah nonton, ada yang punya linknya gak ya?

  17. 13 September 2011 pukul 10:37 pm

    ternyata suzuki pnya pembalap hebat juga ya…thanks banget infonya.

  18. 38 iman
    3 Juli 2015 pukul 11:13 pm

    dulu seing nonton tiap hari minggu jam 12 siang di rcti walau pun siarang ulang selang seling saling f1… seru banget jagoan ane wayne rainey… sayang jatoh pas di misano.. mic dohan mah ga ada tai2 nya…! musuh nya wayne rainey adalah si lucky strike.. si kevin schwantz… ada juga eddie lowwsorn klo ga salah.. klo f1 aryton senna.. jos lah

    • 39 Darmadragan
      17 Juli 2015 pukul 10:00 pm

      Setuju doohan gak ada tai2 nya, duel maut rainey sama schwantz paling gila! Ane juga fans nya rainey
      Jaman ini ane masih sd dan pertama kali ntn gp500 langsung jatoh cinta sama tim marlboro yamaha dengan pembalap nya wayne rainey sayang doi harus crash parah di misano yg bikin dia lumpuh


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Februari 2011
S S R K J S M
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 8.499.916 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabung dengan 391 pelanggan lain

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: