11
Feb
11

Motor Menyalakan Lampu Di Siang Hari Sangat Membantu Pengendara Mobil

Pabrikan motor saat ini perlahan tapi pasti mulai menerapkan fitur Automatic Headlight On (AHO) ato Daytime Running Light (DRL) seperti pada bebek Suzuki Shogun Axelo dan Yamaha New Jupiter Z. Hadirnya fitur AHO/DRL tentu saja menciptakan kondisi aman bagi biker itu sendiri dan lingkungan di sekitarnya.

Mengapa AHO/DRL itu wajib & penting ??? disini saya mencoba berbagi pengalaman ketika mengendarai mobil. Ukuran sepeda motor relatif kecil. Mata kita kurang respon terhadap benda2 kecil apalagi jika benda tersebut bergerak. Ambil contoh ketika kita berpas2an dengan motor dari arah berlawanan. Motor dengan lampu utama menyala lebih jelas terlihat meskipun jaraknya masih jauh dibandingkan dengan motor tidak menyalakan lampu. Disini mata manusia lebih peka terhadap hal2 yang terlihat mencolok. Hal ini juga diamini oleh teman saya. Dia juga mengatakan bahwa lampu motor yang menyala di siang hari sangat membantu kewaspadaan.

Coba kita bandingkan gambar2 di bawah ini

Motor tanpa menyalakan lampu (udah gitu gak pake helm lagi)

Motor dengan menyalakan lampu, lebih mudah terlihat oleh pengemudi mobil.

Kalo nyalain lampu (kalo kuda besi blom ada AHO/DRL) ntar akinya cepet soak…begitulah anggapan yang muncul di banyak orang. Nggaklah, selama spul / alternator masih bagus aki gak bakalan soak, kan fungsi spul / alternator buat ngisi strum aki & prosesnya terjadi ketika mesin dalam keadaan nyala.

Ntar bohlamnya cepet putus dunk ??? yang jelas umur bohlam akan berkurang. Sekarang tinggal pilih mana, sayang bohlam ato sayang nyawa ???🙂 Oleh karena itu, mari yuk kita nyalain lampu biar kita selamat sampai tujuan. Safety First…!!!


30 Responses to “Motor Menyalakan Lampu Di Siang Hari Sangat Membantu Pengendara Mobil”


  1. 11 Februari 2011 pukul 7:40 am

    hmmmmmmm……setelah liat foto diatas ada benernya juga…… marilah kita jaga keselamatan berkendara mulai dr diri kita sendiri sob ya ga?

    salam persahabatan dr Menone

  2. 4 zaqlutv
    11 Februari 2011 pukul 8:40 am

    udah berhasil ngasi pengertian ke istri untuk selalu menyalakan lampu utama kalo naek motor sejak belum ada peraturan DRL/AHO..🙂
    di Surabaya sudah berlaku DRL sejak 2005 silam walo belum seketat sekarang peraturannya. memang sangat membantu pengendara mobil berdasarkan pengalaman pribadi..
    itu gambar paling atas yang sambil bawa anaknya kok kayaknya lagi nampang di jalan yach?:mrgreen: terlihat dari posisi ridingnya..

  3. 6 sabdho guparman
    11 Februari 2011 pukul 8:42 am

    iya mas, aku juga dah nyalain lampu siang hari dari dulu

    keep brotherhood,

    salam,

  4. 11 Februari 2011 pukul 10:57 am

    intinya agar pengendara motor itu exist.

  5. 11 Februari 2011 pukul 11:12 am

    kalau saya lampu ya saya nyalakan pas riding, tp saya nggak terlalu suka misalnya dibuat otomatis.. kadang kala sekali waktu perlu dimatikan / pakai lampu kota saja, misal pas masuk gang kecil dan banyak orang duduk2.. sungkan.. apalagi motor sport kaya byson nyalanya lumayan terang/ menyilaukan

  6. 11 Februari 2011 pukul 1:10 pm

    itulah pemikiran masyarakat kita pak de, belum dicoba udah paranoid gitu, lha wong beli motor harga puluhan juta aja kuat koq, masalah aki soak jadi khawatir. Bukankah pabrikan memberi fasilitas DLR pada tiap produknya pastilah membuat perhitungan durabilty terhadap kompenen yang terpakai, ya tho?😀

  7. 17 varioputiih
    11 Februari 2011 pukul 7:09 pm

    setujuh🙂
    ada yang bisa modif saklar standar ke ALO ga yakh🙂

  8. 20 kang_ulid
    11 Februari 2011 pukul 8:05 pm

    gmn dg global warming, 1 kendraan nyalain lampu dsiang bolong ga maslh, tp kalo 1jt kndaraan akankah berpengaruh thdp global warming???
    *save our earth!

    • 12 Februari 2011 pukul 12:16 pm

      Ada efeknya gak yah ama global warming ??? Mungkin ada kali yah – cmiiw …. Global warming saat ini tidak bisa qta hindari, tapi bisa qta minimalkan efeknya supaya tidak semakin parah…misalnya rajin ngerawat kendaraan secara tidak langsung kendaraan terawat emisinya rendah.

  9. 22 Basho
    11 Februari 2011 pukul 11:56 pm

    Nyalain lampu waktu riding siang ataupun malam…….YES!!!

    AHO or DRL……..NO!!!
    (kecuali buat moge atau untuk mendidik bikers yg kesadaran lalulintasnya masih rendah).

    Tujuan diterapkannya AHO or DRL sebenernya bagus. Tujuannya buat ngedidik dan maksa bikers yang masih pada suka ngeyel ngga mau nyalain lampu. Tapi buat saya pribadi ngga perlu lah. Tanpa dipaksa pun saya selalu nyalain lampu kok. Jadi kalo bisa jangan semua motor bebek dikasih fitur AHO or DRL lah.

  10. 12 Februari 2011 pukul 12:10 am

    selalu on.. kecuali kalau masuk Gang yang banyak orangnya.. soale lampu punya saya terang benderang. *takut menyilaukan.

  11. 24 tiyo 2010
    12 Februari 2011 pukul 10:30 am

    Kalo kasus menyilaukan kendaraan lain didepan kita, terus dia karena silau ga liat ada lubang menganga lebar didepannya dan ga sempet menghindar terus jatuh celaka bahkan sampe meningga gimana bro…… gimana juga kalo kita masuk gang yang sempit dan banyak pemuda pada nongkrong, pas kita lewat dengan lampu menyala terus ( karena ga ada saklar offnya ) para pemuda itu maaarah karena kena sinar dari lampu utama kita…. suasana pannaaas karena siang ..ini gimana juga…..tanpa mengurangi rasa hormat…saya termasuk orang yang ga setujju dengan aturan ini. pemerintah harusnya lebih konsen ke infrastruktur jalan dulu, supaya pengendara motor merasa aman dan nyaman ketika ia melintas dijalan raya. jangan buat peraturan asal yang mencomot mentah2 dari luar negeri..tanpa melihat aspek norma2 yang ada dimarih……ini Indonesia.. bukan Thailand, atau negara Eropa yang secara infrastruktur jalan sudah maju dan sadar para penguna jalan yang ada disana tentang pentingya safety dalam berkendara… CMIIW

    • 12 Februari 2011 pukul 12:11 pm

      Untuk kasus lampu menyilaukan (berarti malem hari yah bro) ??? Kalo sampe terjadi kecelakaan yang berakibat fatal akibat jeleknya infrastruktur yang patut disalahkan adalah Pemerintah. Selain itu penggunaan lampu yang silau sudah saatnya ditindak tegas seperti Singapore, kendaraan tidak bisa seenaknya ganti lampu terang menyilaukan,kalo ketahuan akan ditilang.
      Kemudian yang masuk gang, saran saya matikan mesin&dorong motor. Sebaiknya sih begitu apalagi kalo kita datang sebagai tamu. Pengalaman saya ketika masuk gang & ketemu sekumpulan pemuda seperti itu & tak lupa beri salam permisi. Pernah dulu saya lupa permisi (padahal mesin sudah dimatikan), yang ada diteriakin…”Woi…belagu bener, lewat di depan orang kagak permisi…”

  12. 12 Februari 2011 pukul 11:58 am

    Yup kalo masuk gang lampu harus dimatikan biar etis, apalagi kalo ngelewati kerumunan ada orang meninggal

  13. 12 Februari 2011 pukul 12:09 pm

    sippp on terusss… boros bolam nyawa selamat… pilih mana hayo….

  14. 28 Dismas
    12 Februari 2011 pukul 6:07 pm

    gak pake lampu, gak pake helm, naiknya ugal – ugalan. Ini baru ancaman bagi pengemudi mobil. Apalagi bis ato truk. Kan susah tu para sopir bis ato truk buat liat ke bawah. Apa ada motor sedang nyelip atau enggak.

    Gambar I : “biar ga pake helm, yang penting pake kacamata & parahnya, anaknya dipake buat tameng angin… weleh – weleh:mrgreen:

  15. 12 Februari 2011 pukul 8:01 pm

    setuju mas! benar-benar membantu pengendara lain!😉

  16. 9 Februari 2012 pukul 6:34 pm

    wah yang di gambar 1 itu benar2 bapak yang tidak memikirkan keselamatan…salam🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Februari 2011
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,475,018 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 376 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: