Bis Trans Jakarta ato lebih familiar menyebutnya dengan busway merupakan salah satu transportasi umum favorit warga ibu kota. Tiap pagi hari & pulang kerja, busway selalu penuh. Namun sayangnya, busway ini rutenya sangat terbatas. Jalur2 yang dilewatin pun pada umumnya daerah2 perkantoran ato pusat perbelanjaan. Belum banyak yang melewati daerah pemukiman termasuk tempat tinggal saya.
Sebenarnya kalo Pemerintah DKI Jakarta berpikir kreatif, seharusnya mereka bisa meniru apa yang dilakukan oleh Pemerintah DIY dalam menyediakan transportasi publik yang nyaman. Yup, Trans Jogja namanya. Kalo mas bro pernah maen ke Jogja pasti pernah deh nemuin mini busway ini. Moda transportasi ini tidak hanya ada di Jogja tapi juga ada di kota2 lain seperti Bogor yang bernama Trans Pakuan & kota Paris van Java alias Bandung yang dinamakan Trans Metro Bandung.
Ukuran bis yang kecil saya rasa cocok banget dah buat ngegantiin Metro Mini & Kopaja yang udah waktunya dimusnahkan. Rute2 yang jalannya gak terlalu lebar & gak mungkin dibiqin jalur busway relatif lebih mudah dilalui oleh bis ini. Di samping itu yang perlu dicatat adalah sarana pendukungnya berupa halte sudah banyak tersedia, tinggal dimodif dikit untuk masuk keluar penumpang bis seperti pada halte2 Trans Jogja. Beres kan 🙂
Andaikan moda transportasi mini busway diterapkan disini & jumlahnya armadanya banyak, setidaknya kemacetan akan berkurang. Selain itu juga bisa dimanfaatkan sebagai bis pengumpan/feeder busway yang selama ini masih dikeluhkan masyarakat. Kalo ada yang model ginian kan enak, gak ada lagi yang namanya desak2an, gak ada lagi yang namanya basah karena keringat ngucur, gak ada lagi yang nyetirnya ugal2an ngejar setoran dsb, tul gak ??? 🙂

Moda transportasi umum kayak gini sudah seharusnya dilenyapkan dari muka bumi !!! (gambar vivanews.com)
Apakah hal ini bisa diwujudkan ??? Harusnya bisa dunk…!!!
Sempat terkejut juga dengan pernyataan dari pihak Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor) yang menyatakan bahwa penjualan mobil di tahun 2010 menyumbang pajak yang disetorkan ke negara hampir mencapai Rp80 triliun…!!! (sumber : Bataviase.co.id) yang berasal dari Bea Balik Nama (BBN), Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM), Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dsb. Sebuah angka yang fantastis…!!! Betapa besar sumbangsih dari sektor otomotif, itu baru mobil loh, belom termasuk motor. Besarnya kontribusi tersebut seharusnya bisa dunk biqin transportasi masal yang bagus guna mengurangi kemacetan. Gimana menurut pendapat mas bro & sis semua ???
gede jg tuh pajak, kmanain ya ? Jd Gayus phobia neh
ngomong2 minitrans Jkt mesti pakai Pertamax dunk… Biar nyoss…
pajakx buat naikin gaji ‘mereka2 ‘itu lo…
sebaiknya sih angkutan berbasis rel yang sip di kota besar… ntar di stasiun nya disediakan penitipan sepeda.. dari rumah bisa mancal pake sepeda…
Sya setuju dngan adanya bus mini di DKI skrng ini soalnya bus mini di DKI ini sudah tidak layak pakai dan menyebabkan polusi udara.
trans Jogja itu lezat di kantong, cm 3rb bisa keliling jogja sepuasnya
Betul pak, saya dulu pas ke Jogja sempet merasakan Trans Jogja.
bener tuh.musnhkan metromini .kopaja .yg suka ngetem sembarangan.minggir gk ngesein.dan ngebut saling berebut sewa
Sip dah.. Klo dmi jakarta yg ngga macet. O y klo pergi sndiri ato brdua mndingan pake motor ato angkutan umum dri pada pake mobil pribadi kan cuma nysekin volume jalan doang. Add fb w di denisuhendi23@yahoo.com ok…!! W calon pembalap masa depan he_he…