Penjualan motor 2010 telah kita ketahui yakni mencapai 7.396.061 unit (baca artikelnya disini), terus bagaimana dengan mobil ??? tercatat sukses menjual 744.895 unit. Jauh melebihi penjualan di tahun 2009 yang hanya menuai angka 483.548 unit !!!
Sang penguasa masih tetap gak berubah yaitu Toyota. Selisih dengan peringkat kedua Daihatsu sangat jauh. Beda dengan motor, cukup seru persaingan antara Honda dengan Yamaha. Tahun 2010 pabrikan Toyota sukses menjual 280.704 unit, meningkat dibandingkan di tahun 2009 yang tercatat 186.687 unit.
Sama halnya dengan motor yang di tahun 2011 diprediksi pangsa pasar bebek akan disalip oleh skutik (baca artikelnya disini). Pangsa pasar mobil di tahun 2011 akan bergeser. Pembatasan BBM yang mewajibkan pemilik kendaraan pribadi menggunakan Pertamax di bulan Maret 2011 membuat konsumen akan meminang mobil2 ber-cc kecil, irit & harga terjangkau. Mobil2 berkapasitas 1.200 cc seperti Nissan March yang baru diluncurkan beberapa waktu yang lalu & Suzuki Splash akan menjadi incaran konsumen. Peluang gurihnya segmen 1.200 cc ini juga dilirik oleh produsen lain macam Honda & Toyota. Kabar yang berhembus Honda akan mengeluarkan varian Brio sedangkan Toyota akan melansir Etios. Yang cukup unik Brio & Etios lahir di India, mirip dengan Yamaha Byson & Honda New Megapro 🙂
Bagaimana peluang penjualan di tahun 2011 ??? Baik produsen mobil maupun motor menunjukkan sikap optimis !!! Menurut perkiraan saya akan mengalami penurunan karena adanya kenaikan BBN (Bea Balik Nama), pengenaan pajak progresif & pemberlakuan wajib Pertamax buat mobil pribadi, namun penjualannya masih di atas 2009 yang babak belur gara2 kena imbas krisis global. Yah semoga saja hal ini diimbangi oleh perbaikan infrastruktur serta terciptanya transportasi publik sesuai harapan masyarakat. Kalo gak, siap2 aja ibukota makin macet 😦
Pertamax ah
Wajib itu di bulan Maret 2011 😀
wah Indonesia tambah banyak orang kayanya dong??
yang kaya makin kaya.. yang miskin semakin miskin 😥
yang gemuk makin kurus..
yang kurus malah jadi gemuk..
eh.. salah yach.. 😀
@ bang one
Inget lagu dangdut Rhoma Irama hehehe
daihatsu unggul dengan xenia dan terios karena teknologi sama dengan toyota avanza dan rush tapi harga lebih murah.. lagipula orang lebih seneng ambil terios karena lebih muat banyak orang.. ambil rush hanya dapat 5 bangku sedang kalo ambil terios dapat 7 bangku..
bangku belakang lsg dapat tanpa biaya tambahan macam di rush..
tapi Om, itu kan data 2010. gimana di 2011 ini dengan adanya penghapusan bbm subsidi pertengahan 2011 nanti? anjlok ga yach? lom lagi pajak progresif? 🙄
Prediksi saya pasar mobil akan terpengaruh. Mungkin penjualan di tahun 2011 menurun tapi masih lebih baik dibandingkan dengan tahun 2009 yang bener2 anjlok karena imbas krisis global.
yaaaaaaah tapi nomor satu ama nomor du masih sodara…..
nomor 1, 2, 3, 5, 6, dan 7 itu sodara semua Pakdhe..
dan ternyata 16 juga masi sodaranya juga.. 😯
http://www.astra.co.id/article.asp?id=1000135
tapi om Mitra, chevy emang masi ada pabriknya di Indonesia? setau saya pabriknya yang di kawasan Pulogadung yang setelah Aqua itu udah bangkrut dan sekarang jadi Isuzu..
berarti import yach?
Nomor 3 ama 5 bukan pak, Mitsubishi (Krama Yudha) kalo Honda mobil (Honda Prospect Motor) beda dengan Honda motor (Astra Honda Motor). Chevy impor mobil lewat ATPM. Oh ya, data di atas itu belum termasuk mobil yang dijual lewat importir umum lohhh…
oh honda r2 ama honda r4 beda toh? tak kira sama2 astra..
kalo mitsubishi yang astra itu yang mana yach?
kalo chevy iya sih, kan PT. GMI (ATPM chevy) masi ada di Indonsia, yang bangkrut kan pabriknya yach..
Mitsubishi yang astra ??? nggak ada deh pak. Sejak pertama kali hadir disini tahun 1970-an Krama Yudha Tiga Berlian sudah mengusung brand Mitsubishi.
wah iya aye kurang teliti baca di http://www.astra.co.id/article.asp?id=1000135
kayaknya asik nih ngobrol ato diskusi ma Pak Om Mitra, sayang jauh..
padahal kampung aye di pisangan belakang rumah sakit persahabatan tuh.. bener2 masi kampung di situ
Selama masih ada koneksi internet, jarak bukan menjadi masalah 🙂
Lihat suzuki splash rada aneh bentuknya, top dah buat toyota
Pergerakan mobil 2nd ke luar daerah bisa jadi artikel menarik Bro..ada info2 ngggak? thx
Ada info sih tapi gak banyak seperti banyak pemilik minibus yang tinggal di jawa lebih milih ngejual mobilnya keluar jawa karena pasarannya tinggi.
katnya indonesia krisis, boongan doang ya
Krisis kepercayaan pada Pemerintah, krisis kepercayaan pada penegak hukum, merajalelanya korupsi, gak tau deh ntar Indonesia nantinya kayak apa, quo vadis…
Menunggu Brio mas…… 🙂
indonesia makin banyak mobil makin banyak kemacetan dan jakarta makin lumpuh
terimakasih