03
Jan
11

Memperlakukan Tunggangan Yang Jarang Dipake…

Masih dalam suasana tahun baru…Met Tahun Baru 2011 , semoga tahun ini lebih baik dari tahun2 sebelumnya. Amien3x… Oke deh, kali ini saya akan membahas tunggangan yang jarang dipake entah itu mobil ato motor. Jarang dipake bukan berarti bebas perawatan. Pada umumnya orang cukup manasin mesin aja paling nggak seminggu sekali supaya aki gak tekor. Namun itu belumlah cukup. Masih ada beberapa ritual yang perlu disimak agar tunggangan selalu dalam keadaan sehat. Ritual apakah itu ???

  • Jalankan kendaraan khususnya buat mobil, dengan menjalankan walaupun cuman sebatas jarak dekat gak nyampe 1 km setidaknya membuat ban tidak lekas mengeras & peyang. Loh peyang ??? menurut mekanik ban yang saya temui, ban agak peyang karena permukaan ban bertumpu pada 1 titik. Gaya gravitasi yang terus menerus menekan ban menyebabkan permukaan ban menjadi tidak rata. Hhhmmm…bener juga yah, soalnya pas proses balancing gerobak saya, terdeteksi permukaan ban tidak rata, maklum tunggangan jarang dipake.
  • Wajib ganti oli tiap 6 bulan, mentang2 tunggangan jarak banget dipake bukan berarti mengabaikan ganti oli mesin meski dalam setahun jarak tempuhnya sedikit. Oli wajib diganti tiap 6 bulan sekali walaupun kendaraan baru jalan 1000 km. Oli mesin yang dibiarkan lama ngendon di dalam mesin lama kelamaan terjadi perubahaan struktur. Nah kalo terjadi hal seperti ini, kemampuan oli untuk melindungi mesin menjadi berkurang.
  • Kuda besi yang gak punya standar tengah macam Ninja150, Ninja250, CBR150 sebaiknya menggunakan standar paddock. Membiarkan motor menggunakan standar samping dalam jangka waktu lama disinyalir dapat menyebabkan per di satu sisi dalam shockbreaker mendapat beban berlebih sehingga nantinya tingkat elastisitas pegas kedua batang shockbreaker menjadi tidak seimbang.  
  • Hhhmmm…apalagi yah ??? monggo ditambahin kalo ada saran…

Dan bonus di awal tahun 2011….🙂


19 Responses to “Memperlakukan Tunggangan Yang Jarang Dipake…”


  1. 3 Januari 2011 pukul 10:02 am

    yang pakai radiator dengan air biasa hati2 bisa korosi..!!!

  2. 3 Januari 2011 pukul 11:43 am

    wah motor ngendon sampe 6 bulan? dipaskan 9 bulan dah mau brojol deh hehehe

  3. 3 Januari 2011 pukul 1:01 pm

    Berarti perlu standar Paddock neh, secara modif monoshock unitrack ngilangin standard tengah… Std.Paddok regone piro Pak Mit ?

  4. 3 Januari 2011 pukul 2:58 pm

    wahhhh…bonus pesananku belum ada ya pak de, honda life ato Honda N360, micro car ajib dari jepang?

  5. 4 Januari 2011 pukul 4:01 am

    nais info…..btw bonusnya gak ada yang motor nih pak

  6. 4 Januari 2011 pukul 10:13 am

    dibawa kedukun juga..kali2 ada setan yg make tuh kendaraan buat tidur..xixixixiixix:mrgreen:

  7. 18 sabdho guparman
    5 Januari 2011 pukul 1:20 pm

    nice tips . . . .
    I like it. . . .

    keep brotherhood,

    salam,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Januari 2011
S S R K J S M
« Des   Feb »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,481,406 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 378 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: