Dahulu motor bebek menjadi primadona konsumen roda dua. Namun lain dulu lain sekarang. Keperkasaan bebek makin memudar. Hadirnya motor2 skutik semakin menggerogoti pangsa pasar bebek. Lima tahun yang lalu pangsa pasar motor bebek mencapai 92,7% namun di tahun 2010 ini tinggal 48,1% !!! Sedangkan skutik 5 tahun yang lalu cuman mencatat 0,2% langsung melejit hingga 45% di tahun 2010 !!! Tak mustahil tahun depan bakal melampaui 50%. Sebuah pencapaian fantastis !!!Strategi pabrikan Yamaha yang memperkenalkan Mio di tahun 2004 sangatlah tepat. Promosi & sosialisasi gencar YMKI produk motor tanpa oper gigi membuahkan hasil. Secara perlahan konsumen mulai menyukai kenyamanan yang ditawarkan oleh skutik. Awalnya kaum hawa banyak yang pakai, namun sekarang laki2 pun tak mau ketinggalan. Lezatnya kue skutik yang dinikmati oleh kubu garpu tala membuat pabrikan lain seperti Honda & Suzuki ngiler.
Hadirnya motor2 baru di tahun 2010 seperti Yamaha Xeon, Honda Scoopy & Honda PCX turut menggairahkan pasar skutik. Hasilnya total penjualan skutik selama Januari s.d. November 2010 tercatat 3.097.459 unit ato naik 65% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2009 yang mencetak 2.021.728 unit. Sedangkan bebek untuk periode Januari s.d. November 2010 menuai 3.312.958 unit. Wowww…beda tipis bro !!!
Saat ini kepraktisan si bebek secara perlahan sudah mulai diambil alih oleh skutik. Product life cycle alias siklus produk bebek sudah mencapai titik jenuh & menuju grafik menurun. Jadi sudah saatnya pabrikan melakukan inovasi agar si bebek bisa kwek kwek kwek lagi 🙂
sumber data : otomotif
bebek…? Misal vega ma mio, kalo harga sama ya milih mio, soale kalo pakai bebek..bakal dianggap sruntulan sama Om Ben…ik…ik… *mlayu ah…wek…wek…
hare gene masih pake bebek…?
Apa kata cak girii…
betul mas mitra. . .
istriku aja udah minta pario tekno. . .
bebek belur kalau harus melawan jaman. . .
keep brotherhood,
salam,
mo pake bebek? hadapi dulu pak Benny The Great 😀
jiakakkaka…bebek masih bernyawa dengan bebek supernya om
bebek 150 dan 135 cc masih bernafas
CS1, New Jupi MX ama FU150 menurut saya itu ayam jago, bukan bebek 😀
karena matic mudah bawa air galon dan barang
, trus sepatu ga kotor bila waktu hujan
Kalo dulu banyak bebek buat angkut barang, skrg matik bisa buat angkut beras, tabung LPG, air galon dsb 😀
bojoku juga minta matic 😀
Langsung aja menuju dealer 🙂
Menurut pengamatan saya kok belakangan ini banyak artikel yg membahas kepunahan bebek ya? Secara pribadi sih saya mah bodo amat, karena gak doyan bebek soalnya dagingnya rada alot 😉
Lha, kok mirip ama keadaan di jalan ya, emang rada alot ngadepin bebek2, hihihi…
Saya juga lbh milih skutik ketimbang bebek, skutik jauh lbh praktis. Bebek itu serba nanggung, apalagi bebek matic kyk Revo AT, makin gak jelas lagi positioning produknya. Idealnya sih emang cuma dua jenis, kalo gak skutik ya sport. Saya yakin ke depannya nanti market bebek akan lbh condong ke daerah2 pedesaan atau kota kecil, karena di sana masih bisa berguna dan lagi masyarakat di sana gak banyak neko2, yg penting punya motor.
kita tunggu selanjutnya