Kota2 besar seperti Jakarta ini yang namanya macet udah terjadi dimana2. Kemacetan membuat kendaraan bekerja ekstra salah satunya adalah oli mesin. Pada umumnya batas interval penggantian oli mesin pada mobil adalah setiap 5.000 km. Namun perlu diperhatikan bahwa angka 5.000 km adalah kondisi lalu lintas normal. Bagaimana kalo sering kena macet ???Nah kalo sering terjebak macet dianjurkan untuk mengganti oli mesin lebih awal misalnya tiap 4.000 km meski di buku manual tertulis 5.000 km. Oli tidak hanya berpatokan pada jarak yang ditempuh suatu kendaraan tetapi juga jam kerja mesin (engine hour). Misalnya anda terkena macet selama 30 menit & tunggangan tidak bergerak sama sekali artinya bahwa oli mesin bekerja terus2an tapi laju mobil tidak ada alias diam di tempat. Padahal jika tidak kena macet mungkin mas bro sudah menempuh perjalanan sejauh 20 ato 30 km !!! Jika menunggu hingga mencapai 5.000 km dikhawatirkan kinerja oli sudah turun drastis karena sering macet tadi.
Bagaimana dengan motor yang relatif jarang terjebak macet kayak mobil ??? sah2 saja koq mengikuti cara di atas. Saya pun rutin ganti oli mesin Vixion tiap 1.500 km. Jadi ganti oli lebih cepat lebih baik 🙂
Demikian tips dari saya, oh ya ini bonusnya 🙂
Saya per 2000 km Pak MIt, wis ireng tenan..
Saya pernah nyoba ampe 2000 km, betul oli ireng tenan, trus mesin rasane wis ora penak, kasar, oper gigi alot….akhirnya paling pas tiap 1500 km
Petromaxxx tho…
Yowes premium sisan lah..
waduhhh…mas triayanto embat juara terus hehe…
wah untungnya jarang mengalaminya.
bonusnya mobil langka………..
beeetuuuullll masbro…..
http://dewataspeedblog.wordpress.com/2010/12/28/nyawanya-f1-ada-di-setir-kemudi/
pak de, request bonus boleh tho? aq pesen holden kingswood 😀
Waduh, aku ora duwe iklan Holden 🙂
sering ganti oli makin baik, citroen cx shock belakangnya unik hehe
bonusnya suka aku… mobil eropa mantaf…. saya termasuk penggemar mobil eropa.. suspensi & safety OK…
Sudah pasti itu, utk kenyamanan mobil eropa emang topnya dah…
untuk kota-kota yang lancar saya ganti oli tiap 1500km gmn om? itu motor tapi
No problem, malahan lebih bagus, mesin lebih awet 🙂
waduh, aku belum ganti oli ki mas. . . . udah 3000 an km
pake yang sintetik sih, kalau di manual booknya oli sintetik tertulis aman s/d 7500 km.
gimana tuh mas?
mohon pencerahan
keep brotherhood,
salam,
Oli mobil yah ??? Nah sayangnya yg tertulis di manual book itu dalam kondisi lalu lintas normal sedangkan lalu lintas Jakarta dimana2 macet & panas iklim tropis (oli bener2 disiksa). Kalo oli sintetik tertulis aman sampe 7500 km, saran saya sih gantinya di KM 6000. Salam brotherhood juga…
lha ya kuwe, kadang kita cuman make tapi nggak teliti kpn oli (idealnya) diganti, kpn aki diisi dll..soale nek wis nunggangi..eh..numpaki (kendaraan bermotor, mangsude!) njur lali sakabehane..Then we forget everything..My God..
sy tiap 2500km pak. tiap bulan dah tercapai itu.. tapi kalau habis sering dipakai touring paling banter 1000km diganti.
wah sebulan bisa ampe 2500 km ??? 🙂 motor saya aja klo udah di KM 2000, mesinnya gak enak, kasar, berisik…