27
Des
10

Waspadai Engine Hour…!!!

Kota2 besar seperti Jakarta ini yang namanya macet udah terjadi dimana2. Kemacetan membuat kendaraan bekerja ekstra salah satunya adalah oli mesin. Pada umumnya batas interval penggantian oli mesin pada mobil adalah setiap 5.000 km. Namun perlu diperhatikan bahwa angka 5.000 km adalah kondisi lalu lintas normal. Bagaimana kalo sering kena macet ???Nah kalo sering terjebak macet dianjurkan untuk mengganti oli mesin lebih awal misalnya tiap 4.000 km meski di buku manual tertulis 5.000 km. Oli tidak hanya berpatokan pada jarak yang ditempuh suatu kendaraan tetapi juga jam kerja mesin (engine hour). Misalnya anda terkena macet selama 30 menit & tunggangan tidak bergerak sama sekali artinya bahwa oli mesin bekerja terus2an tapi laju mobil tidak ada alias diam di tempat. Padahal jika tidak kena macet mungkin mas bro sudah menempuh perjalanan sejauh 20 ato 30 km !!! Jika menunggu hingga mencapai 5.000 km dikhawatirkan kinerja oli sudah turun drastis karena sering macet tadi.

Bagaimana dengan motor yang relatif jarang terjebak macet kayak mobil ??? sah2 saja koq mengikuti cara di atas. Saya pun rutin ganti oli mesin Vixion tiap 1.500 km. Jadi ganti oli lebih cepat lebih baik 🙂

Demikian tips dari saya, oh ya ini bonusnya 🙂

Iklan

19 Tanggapan to “Waspadai Engine Hour…!!!”


  1. 27 Desember 2010 pukul 12:53 pm

    Saya per 2000 km Pak MIt, wis ireng tenan..

  2. 27 Desember 2010 pukul 2:38 pm

    waduhhh…mas triayanto embat juara terus hehe…

  3. 27 Desember 2010 pukul 11:34 pm

    wah untungnya jarang mengalaminya.
    bonusnya mobil langka………..

  4. 8 dnugros
    28 Desember 2010 pukul 2:09 am

    pak de, request bonus boleh tho? aq pesen holden kingswood 😀

  5. 28 Desember 2010 pukul 4:38 am

    sering ganti oli makin baik, citroen cx shock belakangnya unik hehe

  6. 28 Desember 2010 pukul 5:34 am

    bonusnya suka aku… mobil eropa mantaf…. saya termasuk penggemar mobil eropa.. suspensi & safety OK…

  7. 13 tafri
    28 Desember 2010 pukul 6:46 am

    untuk kota-kota yang lancar saya ganti oli tiap 1500km gmn om? itu motor tapi

  8. 15 sabdho guparman
    28 Desember 2010 pukul 7:20 am

    waduh, aku belum ganti oli ki mas. . . . udah 3000 an km
    pake yang sintetik sih, kalau di manual booknya oli sintetik tertulis aman s/d 7500 km.

    gimana tuh mas?

    mohon pencerahan

    keep brotherhood,

    salam,

    • 28 Desember 2010 pukul 7:33 am

      Oli mobil yah ??? Nah sayangnya yg tertulis di manual book itu dalam kondisi lalu lintas normal sedangkan lalu lintas Jakarta dimana2 macet & panas iklim tropis (oli bener2 disiksa). Kalo oli sintetik tertulis aman sampe 7500 km, saran saya sih gantinya di KM 6000. Salam brotherhood juga…

  9. 30 Desember 2010 pukul 7:57 am

    lha ya kuwe, kadang kita cuman make tapi nggak teliti kpn oli (idealnya) diganti, kpn aki diisi dll..soale nek wis nunggangi..eh..numpaki (kendaraan bermotor, mangsude!) njur lali sakabehane..Then we forget everything..My God..

  10. 30 Desember 2010 pukul 3:06 pm

    sy tiap 2500km pak. tiap bulan dah tercapai itu.. tapi kalau habis sering dipakai touring paling banter 1000km diganti.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Desember 2010
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 8.499.912 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabung dengan 391 pelanggan lain

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: