Pas libur panjang seorang rekan datang ke rumah saya bawa tunggangan anyar, Honda New Megapro. Seperti biasa…tangan terasa gatal untuk ngejajal 😀 tanpa ba bi bu lagi…langsung aja saya permisi untuk pinjam. Kunci kontak beserta STNK pun diserahkan kepada saya.
Begitu kunci kontak di-ON kan, pencet tombol starter, bruuummm… wah suaranya cukup gagah. Posisi berkendara agak berbeda dengan tunggangan sehari2 saya, Vixion. Badan terasa lebih tegak & stang terasa lebih lebar dibandingkan dengan Vixion.
Performa
Masuk gigi 1, kuda besi langsung meluncur. Sedikit betot gas, New Megapro cukup responsif. Situasi lalu lintas di seputaran Jaksel yang agak lenggang membuat saya bisa sedikit bebas untuk mengeksplorasi New Megapro. Perpindahan antar gigi cukup lancar & halus. Dari kecepatan 20 km/h hingga sekitar 70 km/h tarikan mesin cukup baik. Tenaga ngisi di tiap putaran mesin. Jalanan menanjak agak panjang yang saya lalui di daerah Lebak Bulus bisa dilalui New Megapro dengan mudah. Nafas tidak kedodoran…!!! Secara keseluruhan performa New Megapro cukup bagus meski tidak segalak Vixion yang menganut 4 katup (New Megapro 2 katup).
Manuver / Kenyamanan
Setelah puas ngejajal kemampuan mesin, giliran kemampuan menari New Megapro saya uji. Akhirnya ketemu di daerah Pondok Labu, sebuah kawasan yang terkenal cukup padat lalu lintasnya meski di hari libur. Manuver melewati kendaraan sambil berzig zag namun tidak ugal2an bisa dilalui dengan lancar. Namun perlu diingat bahwa jangan asal selap selip tanpa perhitungan soalnya kaca spion New Megapro agak lebih lebar dibandingkan dengan stang. Kalo tidak hati2 bisa nyenggol kendaraan lain. Angkot / metromini yang berhenti mendadak tidak ada masalah karena cakram depan & belakang siap melaksanakan tugasnya. Namun ada sedikit ganjalan, cakram depan koq kurang pakem yah ??? ato mungkin ini cuman ada di New Megapro yang saya uji. Kemudian cakram belakang cukup pakem. Setelah mengetahui kemampuan manuver, saatnya New Megapro saya uji melewatin jalan rusak. Kali ini giliran kawasan Cinere yang kondang dengan jalan rusaknya. Kemampuan shockbreaker meredam guncangan mulai dari jalanan rusak hingga polisi tidur cukup baik. Apalagi shockbreaker belakang bisa disetel tingkat kekerasannya.
Desain
Gak kerasa saya sudah ngejajal New Megapro hampir 1 jam 😀 Minjemnya gak naggung2 hehehe… Desain bodi motor berkapasitas 150 cc cukup bagus apalagi dengan hadirnya rem cakram belakang. Ban depan belakang sudah tubeless, mantafff deh rasanya, memberi rasa aman berkendara di ibukota yang banyak ranjau pakunya. Namun sedikit disayangkan, tutup tangki bensin model konvensional agak mengganggu penampilan. Kemudian bunyi klakson kurang keras, kurang gagah gitu dehhh…Masukan nih buat AHM.
Panel speedometer canggih yang mengusung perpaduan analog (RPM) & digital (kecepatan, indikator bensin, odometer, petunjuk waktu / jam) menambah nilai plus motor ini. Belum lagi fitur keamanan kunci magnet yang memberi rasa keamanan.
Demikianlah penilaian saya…
Pertamax
NMP Pakai Pertamaxxxx
Cukup pake premium pak 🙂
ntar klo ada rezeki
..dah njajal tp cuma 2 menit… Suaranya alus.
wis tau njajal.
menurut saya…tarikannya terlalu smothhhhhh
tutup tangkinya memang menjadi nilai minus 😥
suaranya itu lo..motor lanang tenan..xixixix..ngk kayak kompetitornya yg ngk ada suaranya…aihiihihiihih
cinere mana Bro? kalo ngetest kenyamanan tuh di jalanan villa cinere mas, ancur ..tapi masih bisa ngebut…hehhe…sebulan dijamin pada longgar baut…
Sepanjang cinere raya ampe karang tengah
Gua pribadi belum sempet jajal tapi next patut dicoba, hehe. Tapi menurut bengkel langganan gua, NMP jauh lebih ok tarikan dan mesinnya dibanding byson, coba donk bro jajal byson, gua tunggu ulasannya…
Nunggu kalo ada temen yang pake Byson, pasti akan saya test ride 🙂
Mantab mit? Tuku!!!
Kalo udah injeksi, boleh deh hehehe
Setiap motor ada plus minusnya…tapi ane yakin klo NMP ini lebih banyak plusnya lagh…
minimal dari mesin yang jauh lebih matang dibanding kompetitornya…
yang punya motor nunggu ampe 1 jam ya? wah, kasian bro, hehehe 😀
Hehehe…gpp, kalo nyobainnya cuman bentar, reviewnya kurang mantappp
@tokek belang
jgnkan dibanding byson bro dibanding kakaknya bang tigor aja katanya masih enakan nmp.
ini kata temen gw pemakai tiger lho…
New Mega Pro memang mantap.
topspeednya udah dicoba lom bos….???
http://dewataspeedblog.wordpress.com/2010/12/28/nyawanya-f1-ada-di-setir-kemudi/
Gak bisa nyobain bro, test ridenya di dalam kota, gak bisa ngebut, namanya aja ibukota hehehe…
Riding position sama kan kaya megapro lama hehe
pas nyobain suarane knalpot itu yg mbremm ngebas.. Wes jan manteb
saya sebagai pemilik NMP protes nih kikikikiki… lah rem depan ku maknyuss kok… trus klakson wuih double bro bawaan pabrik… masak sih coba kalau gak percaya… datang ketempatku xixixixixixi… 😆
btw kok gak pinjem sekalian BPKBnya… beli maksudnya….
Sip, ntar aq dateng kesana 😀
monggo ditunggu
dalam waktu dekat bro WSP,touringrider,darmawan mau main ke rumah,kuras kolam ikan gurami… tentunya bakar ikan dong…
Woowww ikan gurame, dibakar mak nyusss tenan :D….
suaranya knalpotnya NMP sampeyan mantab pak Ridertua..
top speed dapat 115 versi aku… yang sering nyangkut limitter pas touring kemarin…
mungkin bro lain yang lebih tau feeling oper gigi paling bisa lebih…
NMP memang oye.
jujur.. pas liat di gambar2 internet gw gk ada niatan beli new megapro.. gw kepincut bgt sama tampilan byson.. walaupun dari review byson kalah irit, gk ada rem ckram belakang, posisi berkendara kalah nyaman, sampe kalah responsif tarikan krna ada catalyc converternyalah.. ane gk peduli.. abis model byson mantap punya bin kekar.. apalagi di otak gw terset klo megapro motor bapak2 n cupu modelnya.. paling2 yg agak bikin mikir beli byson indennya doank..
krn gw butuh motor cepet tp kepengennya byson.. maka gw mantepin ati gw buat bersabar inden.. trus gw tanya ke pacar gw tentang byson.. tp kata dia bentuknya aneh coz tangkinya kegedean.. yah semangat inden gw drop tp di hati gw tetep kepengen byson.. trus gw tanya lg sama 4 cewek laen di kantor gw.. kali ini gw kasih gambar internet kualiatas bagus byson merah yg lagi nangkring gagah dgn standar tengah n di sisi lainnya gambar NMP biru yg lg diparkir kepanasan dengan standar nyamping.. (gw sengaja buat pembenaran atas pilihan gw..he,..he….).. hasilnya..?? di luar dugaan.. 4 cewek temen kantor gw pada bilang masih bagusan NMP..gw jd semakin bingung nih.. apa pd gk tau model tuh cew2..??udh gitu gara2 survey td pacar gw semakin ngedesak gw jgn beli byson n beli NMP aja..huu.. semakin drop deh niatan inden byson gw.. akhirnya buat mantepin ati .. gw harus mantengin langsung tuh motor.. ternyata oh ternyata waktu gw liat byson aslinya koq jd ilfeel.. krn ternyata byson bukannya kekar.. tp gendut bin bantet..hiks.. tp NMP agak susah ditemuin di jakarta jd gw jg gk lgsung mantep beli NMP.. tp.. suatu hari gw liat NMPdi kantor gw.. dan wow.. ternyata aslinya jauh lebih keren daripada fotonya.. modelnya macho abiss..!!! cocok buat anak muda.. gk kyk yg megapro primus yg bwt bapak2… asli pas bgt buat karyawan muda berbakat berumur 25 thn kyk gw..(he..piss).. asli NMP ganteng bgt.. gw jatuh cinta akhirnya sm nih motor.. n Insya Allah dlm beberapa hari ke depan gw mau angkut ke kosan gw.. kuda besiku.. tunggulah.. penunggangmu sebentar lg datang walau nyicil…
wah panjang banget ceritanya 🙂 sip deh…kalo sudah jodoh, tidak akan lari kemana2 koq 🙂
gue punya supra fit 2005 gue jual buat dp motor baru … pengennya yamaha abis banyak orang bilang yamaha kenceng maklum gue anak muda..tapi anehnya kalo liat di parkiran mall atau toko besar atau kantor banyakan honda. pengalaman nyari yamaha kiri kaanan..sama kaya the pancoran man..haahhaa suka yamaha malah dapet honda…skarang motor gue ****NEW MEGALOMAN..EHH MAGAPRO**
asli enak respon banget mesinnya…mau byson cuma satu keraguan gue..**gak ada kick staternya**
denger2x lebih kenceng vixi..aduuuhh..menang gede doang. PUAS HATIKU NAIK NMP.AMIINN
bagusan mana bison ama NMP mohon peencerahan nya
dari mulai mesin, kerangka, terus borosan mana?……………………………
Wah agak susah ngejawabnya nih mas bro secara keduanya punya kelebihan & kelemahan masing2. Kalo untuk konsumsi bensin banyak yang mengatakan lebih boros Byson karena penggunaan telapak ban belakang yang cukup lebar.
THANK YOU,,,,,,
kalau touring juga ga pegel gan, ane uda pernah ngebandingin sm vixion, much better NMP kemana2