02
Des
10

Metromini, Kopaja & sebangsanya…

Naik angkutan umum seperti Metromini & Kopaja di Jakarta ??? ogah ahhh… Hampir semua orang lebih milih pake kendaraan pribadi entah itu mobil atopun motor (termasuk yang punya blog). Gak heran kalo jumlah kendaraan pribadi disini luar biasa banyaknya !!! Mengapa sih banyak orang menghindari moda transportasi ini ??? 

gambar beritajakarta.com

  1. Lama : Gimana gak lama kalo tiap 20 meter berhenti untuk naikin / nurunin penumpang. Belom lagi ngetemnya yang cukup menyita waktu. Bisa telat masuk sekolah ato tempat kerja.   
  2. Gak Nyaman Panas, sumpek, bau asap knalpot/rokok, desak2an adalah hal yang sering ditemui di angkutan umum ibukota. Mau masuk ke dalam susah, mo keluar juga susah.
  3. Rawan Kejahatan : Maling, copet, penodongan, pemalakan dsb… adalah hal yang paling mengerikan ketika naik metromini/kopaja. Tambah runyam kalo rutenya mengarah ke daerah2 rawan macam Kampung Melayu, Kampung Rambutan, Pulo Gadung dsb. Belum lagi kalo berjumpa dengan gerombolan preman bertampang sangar & bertato sambil membawa pesan yang intinya seperti ini “Selamat pagi/siang/sore bapak2, ibu2, mas2, mbak2, seminggu yang lalu kami baru keluar dari penjara. Saat ini kami tidak punya pekerjaan. Terus terang kami butuh uang. Daripada kami merampok lebih baik kami minta keikhlasannya yang ada disini untuk menyumbangkan sebagian kepada kami. Uang yang diberikan tidak akan membuat bapak2, ibu2 jatuh miskin“. Yang pernah naik Metromini/Kopaja jurusan daerah2 lampu merah pasti pernah deh nemuin gerombolan kayak gini.
  4. Sak Karepe Dewe alias Semaunya Sendiri : kalo kendaraan udah jalan tapi penumpang gak banyak ato terjebak macet, kemudian apa yang terjadi ??? putar balik & penumpang disuruh turun untuk naik ke angkutan yang lain !!! Sinting…!!!
  5. Rawan Kecelakaan : Kalo nyetir ugal2an apalagi kalo bukan demi ngejar setoran !!! Gak heran yang namanya nabrak pembatas jalan, naik trotoar hingga nyemplung ke parit ato sungai adalah hal yang lazim disini. 
  6. Dst…monggo ditambahin…

gambar : Vivanews

Waspadalah…buat yang pertama kali naik angkutan kayak gini, kalo turun dari kendaraan, dahulukanlah kaki kiri, jangan sampe keliru kalo gak ingin ndlosor ato kakinya keseleo…!!!


18 Responses to “Metromini, Kopaja & sebangsanya…”


  1. 2 Desember 2010 pukul 1:17 am

    yang no3 wah2 dimana rasa aman & nyaman…. geram juga dibuatnya…

  2. 2 Desember 2010 pukul 2:38 am

    sekalinya nyobain naek mayasaari malah hape n dompet amblaz..di todong rampok pake piso..ironisnya gak ada satupun penumpang sebelah ane yang nolongin..parahnya lagi tepat di belakang bangku ane duduk seorang berseragam yang ane sinyalir anggota satpolPP..kalo lagi bareng2 aje rajin nggasakin lapak PKL..

  3. 2 Desember 2010 pukul 3:13 am

    kalo aku naik kayak gitu aku merasa diguncang-guncang juga….

    sopirnya udah kayak pembalap aja

  4. 2 Desember 2010 pukul 3:56 am

    angkutan umum DIMUSNAHKAN saja laah…toh sekarang orang sudah cukup mampu beli motor sendiri2..!!!

    SELAMAT MEMACETKAN KOTA…!!!

  5. 6 theoxcool
    2 Desember 2010 pukul 4:16 am

    beli motor secara kredit lebih baik, karena investasi motor pula, ketimbang tiap hari duit dibuang ke metromini kopaja dan semacamnya, ga nduwe motor, duti entek! sering telat, panas, mambu

  6. 2 Desember 2010 pukul 4:43 am

    jiahhhh…musuh utama itu:mrgreen:

  7. 2 Desember 2010 pukul 5:05 am

    tahun 2006 sampai 2007. Aku adalah pelanggan Metromini n kopaja yang lewat Mampang-JMC. 2 tahun, udah biasa aja.

    Yang aku heran, mereka laku, selalu penuh. kenapa ga berusaha memperbaiki servis

    • 2 Desember 2010 pukul 8:54 am

      Kalo Metro/Kopaja yg lewat Mampang gak terlalu serem pakde. Lain cerita kalo ke daerah2 rawan misalnya ke Kampung Melayu, gerombolan preman kalo naik bis jumlahnya bisa lebih dari 5 orang. Seremmmm….

  8. 10 GusPur
    2 Desember 2010 pukul 6:21 am

    Biarpun aku blum pernah naik tp dr cerita td, nggak dech naik tuh angkutan!

  9. 2 Desember 2010 pukul 3:25 pm

    gimana kalau dihapuskan dari jalanan Ibukota. dibuang ke laut jakarta.. trus diganti bus AC.. ademmmm

  10. 2 Desember 2010 pukul 4:08 pm

    paling ngeri jurusan pulo gadung deh..anak kecil sepinggang aja berani nodong kok..anehnya yang ditodong mas2 pake tato…weleh ngasih duit pula!!tobat…tobat….

  11. 3 Desember 2010 pukul 10:52 am

    hayoo siapa yang berani naek metro 07 dari arah Senen ke semper?
    kalo rush hour desek2an tukeran bau badan dan was2 liatin tas n curiga kanan kiri.
    kalo ngga rush hour..tempat duduk kosong.. sering ngetem dimana pun.. berdoa lah.. karena setiap ngetem pasti ada beberapa orang yg naik yg lagi2 kita pasti curiga ngeliat gelagatnya… amit2 sebisa mungkin ga naik yg kayak gitu..

    Metro & kopaja bukan hanya gak nyaman buat penumpang tapi buat biker yg ada dibelakangnya..

  12. 14 meet_hana
    5 Desember 2010 pukul 4:13 am

    heheh.. kalo gini caranya, mana bisa jumlah kendaraan motor dibatasi.. jauh-jauh lebih mending pake sepeda motor.. tinggal masalah safety riding, mengingat angkutan2 jakarta ini unpedictable banget..

  13. 15 Lee
    9 Desember 2010 pukul 4:55 am

    klo ngeliat kondisi mobilnya pd parah semua, byngin aj aku klo naek kopaja selalu duduk depan deket sopir, remnya aj mesti diinjak dalem-dalem kt tetangga saya di toko bilang mesti diinjak 7 kali baru mau berhenti, klo ngeliat seperti itu kan tinggal nunggu waktu aj buat remnya blong, trus untuk sparepartnya aj kadang kanibalan. pokoknya yang penting bisa jalan

  14. 17 glewehwonogiri
    9 Desember 2010 pukul 7:56 pm

    aku juga pernah dipalak mas preman dibekasi.tapi diangkot.kalo pas naik tiger( bus tiga perempat=nama lain metromini dibekasi)temenku yg kecopetan.padahal temenku itu ngingetin aku.awas copetnya banyak.
    ogah ah naik angkutan umum

  15. 6 April 2014 pukul 5:36 pm

    saya juga ogah naik metromini ataupun kopaja..alasan yang paling utama adalah sering terjadinya kejahatan. walo pun di dalam banyak penumpang. tp mereka pada cuek ketika ada salah satu penumpang yang ditodong, kenapa mereka cuek?. karena mereka juga takut dan tau kalo kawanan penjahatnya banyak


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Disclaimer

Blog ini tergabung dalam komunitas OBI (Oto Blogger Indonesia). Tulisan di blog ini merupakan opini pribadi & tidak serta merta mencerminkan sikap OBI. Sikap OBI akan terpampang di agregator OBI. Masukan, saran & kritik bisa dialamatkan ke mitra5708@gmail.com
Desember 2010
S S R K J S M
« Nov   Jan »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Arsip

Pengunjung yang mampir ke blog ini sejak 26 Januari 2010

  • 6,475,018 hits

Masukkan alamat email Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 376 pengikut lainnya

Suka Blognyamitra ???

Blog ini mendukung


%d blogger menyukai ini: